Beranda Surat Contoh Surat Pribadi untuk Sahabat, Guru, Teman, dan Keluarga

Contoh Surat Pribadi untuk Sahabat, Guru, Teman, dan Keluarga

Contoh Surat Pribadi
Ilustrasi Surat Pribadi

Apakah kamu sedang mencari contoh surat pribadi untuk sahabat, guru, teman, dan keluarga? Sebelum kamu membuatnya, ada baiknya mengetahui apa itu surat pribadi dan bagaimana cara membuatnya.

Secara singkat, surat pribadi adalah surat yang dibuat seseorang untuk menyampaikan informasi/ berita kepada orang lain secara pribadi/ personal. Biasanya surat pribadi dibuat dengan bahasa sehari-hari dengan cara yang bebas, tapi tetap sopan dalam menyampaikan maksud dan tujuan.

Surat pribadi mengandung beberapa unsur, yaitu bagian pendahuluan, isi surat, dan penutup. Berikut ini adalah beberapa unsur dan sistematika di dalam surat pribadi:

  • Tempat/ tanggal pembuatan surat, misalnya Tangerang, 4 Mei 2018
  • Tujuan/ alamat pengiriman surat, misalnya “Sahabatku Prabowo, di Jakarta”
  • Salam pembuka, misalnya “Salam Sejahtera”, “Assalamu’alaikum Wr. Wb”
  • Kata pembuka/ paragraf pembuka, misalnya “Hai Agung, apa kabar di sana?”
  • Isi surat, misalnya “Setahun setelah kepergian mu, Saya dan teman yang lain…”
  • Penutup/ paragraf penutup, misalnya “Surat ku sampai di sini dulu ya Wo”
  • Salam penutup, misalnya “Salam sejahtera” “Assalamu’alaikum Wr. Wb”
  • Nama dan tanda tangan pengirim, misalnya “Sahabatmu, Joko Widodo”

Baca juga: Pengertian Surat Pribadi

1. Contoh Surat Pribadi untuk Sahabat / Teman

Contoh Surat Pribadi untuk Sahabat
Ilustrasi Surat Pribadi untuk Sahabat

Membuat surat pribadi untuk sahabat atau teman memang sesuatu yang menyenangkan. Walaupun kita bisa menghubungi mereka melalui alat telekomunikasi dan email, mengirimkan surat kepada sahabat/ teman merupkan sebuah pengalaman yang unik dan lebih berkesan.

Berikut contoh surat pribadi untuk sahabat/ teman:

Solo, 4 Juni 2018
Untuk Sahabatku, Prabowo
Di Jakarta

Assalamualaikum Wr. Wb.

Halo Wo, bagaimana kabar kamu di sana? Sudah lama ya kita ngga ketemu. Sejak lulus SMP, kita belum ada kesempatan lagi untuk ketemuan karena kesibukan masing-masing.

Wo, aku dengar-dengar katanya kamu sekarang jadi pengusaha di Jakarta ya? Wah, aku senang sekali punya sahabat yang sukses. Semoga bisnis kamu lancar terus ya wo, dan jangan lupa bayar pajak lho hahaha.

Kabar ku di Solo baik-baik saja. Sekarang aku juga mencoba jadi pengusaha kecil-kecilan, meneruskan usaha bapak ku. Dan syukur alhamdulilah, usaha ku sudah punya banyak pelanggan, bahkan aku cukup sering eskpor ke luar negeri.

Aku juga baru tahu lho kalau teman kita si Fadli dan Fahri juga sudah sukses di Jakarta. Aku dengar mereka punya bisnis barang pecah-belah, pelanggannya sampai ke luar negeri. Ternyata keahlian mereka dalam berbicara dan negosiasi tidak sia-sia ya.

Oh ya Wo, tahun 2019 nanti sekolah kita ada rencana mau ngadain reunian lho. Kamu harus ikut ya, ngga ada kamu ngga rame. Kabarnya si Mega dan Bambang yang jadi panitia penyelenggara reuninya. Pasti seru deh, kamu harus ikut ya.

OK, suratku sampai di sini dulu ya Wo. Lain waktu kita bisa ketemuan untuk ngobrol-ngobrol. Jangan lupa balas surat ku ini ya.

Sahabatmu,

Joko Widodo

Baca juga: Pengertian Surat Menurut Para Ahli

2. Contoh Surat Pribadi untuk Guru

Contoh Surat Pribadi untuk Guru
Ilustrasi Surat Pribadi untuk Guru

Guru adalah orang tua kita di sekolah. Ada banyak sekali murid yang punya pengalaman berkesan dengan guru mereka di sekolah. Bahkan ketika kita sudah lulus sekolah dan sudah bekerja, kita tetap mengingat guru tersebut dan ingin mengirim surat kepadanya.

Berikut ini adalah contoh surat pribadi untuk guru:

Jakarta, 4 Juni 2018
Kepada Bapak Yohanes
Di Papua

Assalamu’alaikum warrahmatullahi wabarakatuh

Apa kabar Pak Yohanes? Saya Fadli, salah satu murid Bapak yang paling nakal dan dulu suka mengadukan murid lainnya kepada Bapak. Mungkin Pak Yohanes lupa dengan Saya, tapi saya tidak bisa lupa dengan Pak Yohanes yang telah banyak memberikan pelajaran untuk Saya.

Pak Yohanes adalah satu-satunya guru yang bisa menginspirasi saya selama sekolah dulu. Semua orang tahu, saya paling tidak suka pelajaran Matematika karena sulit saya pahami. Tapi, sejak Pak Yohanes mengajar pelajaran Matematika, saya menjadi suka pelajaran itu. Yah, walaupun saya tetap tidak mengerti Matematika.

Oh ya pak, saya ingin membuat pengakuan yang sangat terlambat. Dulu pak Yohanes pernah menghukum Joko, Fahri, dan Prabowo karena saya melaporkan bahwa mereka merusak kursi Bapak sampai pak Yohanes jatuh terjengkang. Sebenarnya, yang merusak kursi Bapak waktu itu bukan mereka, tapi Saya pak. Mohon maaf ya pak.

Pak Yohanes yang baik, sekarang saya sudah menjadi orang yang berhasil. Setidaknya menurut saya pribadi. Semua yang saya raih sekarang ini tidak lepas dari peran Bapak yang telah menjadi guru sekaligus orang tua bagi saya.

Semua inspirasi yang Bapak berikan selama saya belajar telah mengubah saya menjadi orang yang punya motivasi hidup. Salah satu kata-kata Pak Yohanes yang membuat saya bersemangat adalah “Carikan Saya anak yang paling Bodoh, akan Saya latih“. Ternyata anak yang paling bodoh seperti saya tetap bisa belajar menjadi orang yang berhasil.

Terimakasih Pak Yohanes, jasa-jasa mu tidak akan dapat saya balas dengan apapun. Saya hanya bisa berusaha untuk menjadi orang baik dan bermanfaat bagi orang lain.

Cukup sampai di sini surat saya pak. Saya senang bila Bapak bisa membaca surat saya ini, dan sangat bahagia bila bisa bertemu dengan Pak Yohanes di suatu waktu nanti.

Semoga Pak Yohanes dan keluarga selalu sehat dan bisa terus menginspirasi banyak siswa lainnya.

Salam hormat,

Fadli

3. Contoh Surat Pribadi untuk Orang Tua

Contoh Surat Pribadi untuk Orang Tua
Ilustrasi Surat Pribadi untuk Orang Tua

Mengirim surat kepada orang tua biasanya dilakukan oleh mereka yang sedang merantau ke luar kota, baik itu untuk urusan pendidikan ataupun pekerjaan. Apalagi bila kedua orang tua tidak memiliki perangkat telekomunikasi, mengirimkan kabar melalui surat menjadi sangat penting sebagai sarana komunikasi.

Berikut ini adalah contoh surat pribadi kepada orang tua:

Jakarta, 4 Juni 2018

Kepada Ibu dan Bapak
Di Purbalingga

Assalamualaikum wr. wb.

Apa kabar Ibu dan Bapak di sana? Semoga sehat dan tetap bugar ya bu, pak. Alhamdulilah, Mega baik-baik saja di sini.

Bu, Pak, sepertinya liburan semester kali ini Aku ngga bisa pulang ke Purbalingga. Soalnya, sekarang aku sedang Kerja Praktik (KP) selama kurang lebih 3 bulan kedepan di perusahaan asing di Jakarta.

Syukur Alhamdulilah, kerja praktik Mega di sini diberikan gaji dan makan siang. Dan nilai gaji ku cukup untuk biaya hidup dan ditabung sedikit. Jadi, selama 3 bulan kedepan Ibu dan Bapak tidak perlu kirim uang ya.

Untuk urusan perkuliahaan, Aku sudah hampir selesai Bu, Pak. Tahun ini mungkin aku bisa sidang akhir, dan bisa wisuda di tahun depan. Aku minta doanya ya Bu, Pak, supaya kegiatan ku di sini lancar semua dan sehat selalu.

Ibu dan Bapak jangan terlalu khawatir dengan keadaan saya ya. Aku punya banyak teman yang baik di Jakarta. Liburan tahun depan aku mau mengajak mereka ke kampung kita untuk wisata di sana.

Ibu dan Bapak jaga kesehatan ya. Bapak jangan keseringan keluar malam, ngga bagus untuk kesehatan.

Surat ku sampai di sini dulu ya Bu, Pak. Aku akan kirim surat lagi di lain kesempatan. Assalamualaikum wr. wb.

Anakmu,

Megawati

Baca juga: Pengertian Surat Resmi

4. Contoh Surat Pribadi untuk Saudara

Contoh Surat Pribadi untuk Saudara
Ilustrasi Surat Pribadi untuk Saudara

Hubungan saudara dapat membuat seseorang merasa dekat dan selalu ingin berkomunikasi satu sama lain. Komunikasi antar saudara (adik, kakak) yang terpisah oleh jarak dapat dilakukan melalui surat tertulis.

Berikut ini adalah contoh surat pribadi untuk Saudara:

Kudus, 4 Agustus 2018

Untuk Adikku tersayang
Di Jakarta

Assalamualaikum wr. wb.

Hai adikku Nisa, apa kabar mu di sana? Syukur Alhamdulillah kabar aku disini baik-baik saja.

Sudah satu tahun kita tidak bertemu, kakak udah kangen sama kamu. Rasanya sudah tidak sabar ingin bertemu dengan adikku yang lucu dan cerewet.

Kakak masih seperti dulu, dan masih betah kerja di Kudus karena cukup menyenangkan. Walaupun terkadang kakak sulit beradaptasi dengan cuaca di sini.

Aneh, rasanya kakak kangen dengan kemacetan di Jakarta. Mungkin karena Nisa dan semua keluarga di sana semua. Kadang kakak mimpi kita ngumpul-ngumpul dan liburan ke Bali, tapi sayangnya cuma mimpi.

Oh iya, kakak baru naik gaji minggu lalu. Rencananya mau beliin kamu baju baru, minggu depan kakak kirim ya bajunya. Kamu yang rajin belajar ya biar bisa masuk universitas yang kamu inginkan.

Jangan lupa berdoa kepada Allah supaya diberi kemudahan dalam menggapai impianmu.

Surat kakak sampai di sini dulu ya, semoga kita selalu dalam lindungan-Nya Amiin.

Wassalamualaikum wr. wb.

Kakak cantik

Yulia Rachma

5. Contoh Surat Pribadi dalam Bahasa Sunda

Contoh Surat Pribadi Bahasa Sunda
Ilustrasi Surat Pribadi dalam Bahasa Sunda

Orang Sunda termasuk yang paling sering mengirim surat pribadi untuk berkomunikasi dengan teman atau keluarganya. Berikut ini adalah contoh surat pribadi dalam Bahasa Sunda:

Papua, 4 Juni 2018

Kahatur
Gungun Guntara
Di Saguling

Assalamualaikum Gun, kumaha kabar anjeun ayena, damang? Mugi wae damang salawasna, sareng keluargi oge mugia dina kaayaan sehat walafiat, sarta dilindungan ku allah SWT. Amin.

Kumaha ayena Gun sakola di Saguling teh pikabeutaheun teu? Pasti tos seueur rerencangan anu anyar yeh, tapi kahade ulah hilap ari ka abdi mah Gun.

Ayena abdi alhamdullilah sakola di SMPN Papua, nu caket sareng bumi, nu penting mah dimana wae sakolana urang teh kudu rajin diajar, beh teu katinggaleun ku jaman modern sapertos ayena.

Gun, kadang mah abdi teh sok emut euy basa harita urang osok sasarengan di sakola SDN. Urang harita mah sakelas bari jeung sok ocon bareng di kelas. Mani sono, abdi janten hoyong kapendak pisan sareng Gun.

Iraha Gun, anjeun bade ameng deui ka Bandung? Supados urang tiasa papendak paampok jonghok deui sasarengan. Gun, sakitu wae surat ti abdi, ulah hilap lamun aya waktos dibales suratna nya? Wassalamualaikum wr. wb.

Salam sono,

Aceng Fikri

6. Contoh Surat Pribadi dalam Bahasa Inggris

Contoh Surat Pribadi Bahasa Inggris
Ilustrasi Surat Pribadi dalam Bahasa Inggris

Buat kamu yang punya sahabat atau pacar orang bule, pasti ingin saling berkirim surat dengan mereka. Walaupun menggunakan Bahasa Inggris, pada dasarnya cara membuat surat pribadi dalam bahasa Inggris sama saja dengan surat pribadi dalam bahasa Indonesia.

Berikut ini adalah contoh surat pribadi dalam Bahasa Inggris:

Papua, June 4th 2018

To Alexander Haniel
Brooklyn NY United States

Hi there, how are you? I hope you are healthy and happy like the last time I saw you.

And thank you for your last letter. Nice to hear from you after months. You seem to have fun in Papua. Thanks also for the photos.

It’s been a while since you back to your country. And it seems I’m starting to miss you. When you are on vacation, please come to my city, I will take you to some beautiful places here.

Hopefully we can meet as soon as possible, my dear friend.

Your friend,

Romauli Simarmata

Terjemahan:

7. Contoh Surat Pribadi Bahasa Jawa

Contoh Surat Pribadi Bahasa Jawa
Ilustrasi Surat Pribadi Bahasa Jawa
Salam Kanggo Joko Sampurno
Kelas VI MI Nurul Huda Semarum
Trenggalek

Kanthi lumantaran layang iki, aku aweh kabar kanggo awakmu yen kahananku alhamdulillah apik lan sehat, semono ugo mugo-mugo kahananmu tansah sehat lan rahayu wilujeng.Oh iyo, apa dik acaramu pas dino libur 1 Muharom wingi?

Acaraku wingi mlaku-mlaku menyang alun-alun karo ayah lam ibu. Neng kono akeh papan mainan anak-anak sing iso atiku seneng. Enek bandulan, enek jungkitan, enek air mancur, enek dolanan pasir puteh lan sak panunggalane. Kabeh iku biso mau gratis lho dik.

Dak kiro cukup semono wae surat soko aku, liyo wektu disambung maneh. Tak enteni balesan suratmu yo dik.

Semarum, 4 Juni 2018
Mitramu

Prabowo

Terjemahan:

Baca juga: Pengertian Surat Kuasa

Di atas tadi adalah beberapa contoh surat pribadi untuk sahabat, guru, teman, dan keluarga, yang bisa kamu jadikan bahan referensi untuk membuat surat pribadi. Semoga bermanfaat.