Beranda Sosial Pengertian Empati: Arti, Manfaat, Jenis, dan Bentuk Empati

Pengertian Empati: Arti, Manfaat, Jenis, dan Bentuk Empati

Pengertian Empati Adalah

Pengertian Empati Adalah

Apa yang dimaksud dengan empati (empathy)? Secara umum, pengertian empati adalah suatu kemampuan untuk merasakan keadaan emosional atau pikiran orang lain yang menciptakan keinginan untuk menyelesaikan masalah dan menolong sesama.

Pendapat lain mengatakan arti empati adalah suatu kemampuan seseorang untuk memahami dan berbagi perasaan, mengambil perspektif orang lain, dan mencoba menyelesaikan masalah orang lain. Empati merupakan kondisi mental seseorang yang cukup mendalam sehingga mampu mengetahui dan merasakan perasaan atau pikiran orang lain.

Kata “empati” diadaptasi dari bahasa Inggris “empathy” yang ditemukan oleh E. B. Titchener pada tahun 1909. Kata empathy sendiri merupakan terjemahan bahasa Jerman, yaitu “Einfühlungsvermögen” yang secara harfiah artinya “memasuki perasaan orang lain”.

Baca juga: Pengertian Simpati

Pengertian Empati Menurut Para Ahli

Agar lebih memahami apa itu empati, maka kita dapat merujuk pada pendapat para ahli berikut ini:

1. Alfred Adler

Menurut Alfred Adler, pengertian empati adalah suatu penerimaan terhadap perasaan orang lain dan dapat meletakkan diri kita pada tempat orang tersebut. Empati berarti to feel in, atau proses ketika kita berdiri sejenak pada ‘sepatu orang lain’ agar dapat merasakan bagaimana dalamnya perasaan orang tersebut.

2. Thomas F. Mader dan Diane C Mader

Menurut Thomas F. Mader dan Diane C Mader, arti empati adalah kemampuan seseorang untuk berbagi perasaan yang dilandasi oleh rasa kepedulian, dan ada berbagai tingkatan dari kepedulian tersebut.

3. George Herbert Mead

Menurut George Herbert Mead, pengertian empati adalah suatu bentuk kapasitas mengambil peran orang lain dan mengadopsi perspektif yang dimiliki orang lain lalu menghubungkannya dengan diri sendiri. Masih menurut Mead, kemampuan untuk memahami dalam definisi empati, dengan penekanan pada kepasitas individu untuk memahami bagaimana seseorang memandang dunia melalui peran orang lain.

4. Daniel Goleman

Menurut Daniel Goleman, arti empati adalah suatu kemampuan untuk mengerti emosi-emosi yang dirasakan oleh orang lain.

5. Nancy Eisenberg

Menurut Nancy Eisenberg, pengertian empati adalah sebuah respons afektif yang asalnya dari penangkapan atau pemahaman akan keadaan emosi atau juga akan kondisi lainnya, yang mirip dengan perasaan orang lain. Masih menurut Nancy Eisenberg, empati merupakan kemampuan untuk menempatkan diri sendiri dalam posisi orang lain dan mampu merasakan penghayatan terhadap perasaan orang lain, namun tetap dapat mempertahankan jati dirinya sendiri.

Baca juga: Pengertian Apatis

Jenis-Jenis Empati

Jenis-Jenis Empati
Jenis-jenis empati via Unsplash.com/ Madi Robson

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, orang yang memiliki empati adalah seseorang dengan kondisi mental yang dapat mengetahui perasaan dan pikiran orang lain dan ingin membantu mereka.

Secara umum ada 4 tipe empat yang dimiliki manusia, diantaranya adalah:

1. Affective Empathy

Jenis empati ini disebut juga dengan empati emosional, yaitu empati yang membuat seseorang dapat merasakan dan menanggapi emosi orang lain. Seseorang yang memiliki empati jenis ini akan sangat sensitif dengan sekitarnya dan sulit membatasi diri untuk tidak terlibat dengan orang lain.

2. Cognitive Empathy

Jenis empati ini disebut juga dengan empati intelektual, yaitu empati yang membuat seseorang dapat menempatkan dirinya dalam posisi orang lain. Seseorang yang memiliki empati jenis ini biasanya dapat memahami sesuatu atau orang lain dari berbagai sudut pandang sehingga dapat menyelesaikan masalah pada sebuah kelompok.

3. Somatic Empathy

Jenis empati ini merupakan hal-hal yang di luar tubuh, yaitu empati yang membuat seseorang merasakan empati ketika melihat sesuatu terjadi di luar tubuhnya. Seseorang yang memiliki empati jenis ini biasanya adalah orang yang cuek tapi berhati lembut karena harus benar-benar melihat kesulitan orang lain secara langsung baru merasakan empati.

4. Spiritual Empathy

Jenis empati ini merupakan tentang pencerahan yang didapatkan seseorang setelah melihat sesuatu. Empati spiritual membuat atau mendorong seseorang bertindak secara spontan. Misalnya ketika melihat seseorang kesulitan, orang yang memiliki empati spiritual akan langsung menolong orang tersebut secara spontan.

Baca juga: Pengertian Jujur

Manfaat Empati

Manfaat Empati
Manfaat Empati via Unsplash.com/Ben White

Manusia merupakan mahluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lain. Dalam hal ini, empati menjadi sangat penting sebagai jembatan dalam menjalin hubungan yang baik antar sesama manusia.

Mengacu pada pengertian empati, adapun beberapa manfaat empati adalah sebagai berikut:

  • Empati dapat membuat manusia lebih bahagia karena telah membantu orang lain.
  • Empati dapat membuat manusia memiliki kehidupan sosial yang lebih baik.
  • Empati dapat menumbuhkan dan meningkatkan perasaan cinta terhadap diri sendiri dan orang lain.
  • Empati dapat membuat seseorang menjadi pribadi yang bermanfaat bagi orang lain dan lingkungannya.
  • Empati akan menjauhkan seseorang dari sikap egois dan sombong.
  • Empati akan membuat seseorang menjadi disukai oleh orang-orang di sekitarnya.
  • Empati akan membuat seseorang lebih bersyukur dan hidup lebih bahagia.
  • Empati dapat mengembalikan kemampuan evaluasi dan kontrol diri seseorang.

Baca juga: Pengertian Afirmasi

Contoh Bentuk Empati

Contoh Bentuk Empati
Contoh bentuk empati via nesaba.com

Interaksi sosial yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari sering terjadi contoh bentuk empati seseorang terhadap orang lain. Adapun beberapa contoh betuk empati adalah sebagai berikut:

  1. Ketika seseorang mengalami kesulitan ekonomi, kemudian tetangganya membantunya dengan memberikan uang atau bahan makanan.
  2. Memberikan pertolongan pertama ketika seseorang mengalami kecelakaan.
  3. Berinisiatif mengumpulkan uang sumbangan sukarela untuk diberikan kepada keluarga tidak mampu.
  4. Tidak merokok di sembarang tempat merupakan bentuk empati karena perduli kepada orang lain.
  5. Mendengarkan keluh kesah orang lain ketika orang tersebut mendapatkan masalah atau kemalangan.
  6. Menghormati pendapat orang lain ketika berdiskusi atau bermusyawarah.
  7. Menjenguk kerabat atau teman yang sedang sakit untuk memberikan semangat dan dorongan agar lekas sembuh.
  8. Turut membantu menyelesaikan masalah orang lain dengan cara yang baik.

Baca juga: Pengertian Kompetensi

Demikianlah penjelasan ringkas mengenai pengertian empati, jenis, manfaat, dan contoh bentuk empati. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kamu.