Beranda Sosial Pengertian Diskusi: Fungsi, Tujuan, Unsur, dan Jenis Diskusi

Pengertian Diskusi: Fungsi, Tujuan, Unsur, dan Jenis Diskusi

Pengertian Diskusi Adalah

Pengertian Diskusi Adalah

Apa yang dimaksud dengan diskusi (discussion)? Secara umum, pengertian diskusi adalah suatu interaksi komunikasi yang terjadi antara dua orang atau secara berkelompok dimana tujuannya untuk membahas suatu tema atau topik tertentu sehingga menghasilkan suatu kesepakatan pendapat.

Pendapat lain mengatakan pengertian diskusi adalah proses pertukaran pikiran, gagasan, dan pendapat, yang dilakukan oleh dua orang atau lebih, untuk mendapatkan suatu kesimpulan atau kesepakatan bersama.

Diskusi merupakan salah satu cara untuk mendorong kebiasaan demokratis dan juga dapat meningkatkan intelektual seseorang. Diskusi bisa dilakukan dimana saja, namun pada umumnya kegiatan ini biasanya dilakukan di suatu organisasi atau komunitas maupun lembaga pendidikan.

Baca juga: Pengertian Debat

Pengertian Diskusi Menurut Para Ahli

Agar lebih memahami apa itu diskusi, maka kita dapat merujuk pada pendapat para ahli berikut ini:

1. Malayu S. P. Hasibuan

Menurut Malayu S. P. Hasibuan (1985), pengertian diskusi adalah pertukaran visi dari dua atau lebih individu yang berinteraksi secara verbal dan dengan saling bertatap muka tentang tujuan atau target yang telah diberikan dengan cara pertukarann informasi atau mempertahankan.

2. Mohammad Uzer Usman

Menurut Mohammad Uzer Usman (2005:94), arti diskusi adalah suatu proses komunikasi yang teratur dengan melibatkan sekelompok orang dalam interaksi tatap muka yang informal dengan berbagi pengalaman atau informasi, pengambilan kesimpulan, dan solusi/ pemecahan masalah.

3. Mohammad Surya

Menurut Mohammad Surya (1975:107), pengertian diskusi adalah suatu proses komunikasi dimana para siswa akan mendapatkan kesempatan untuk berinteraksi dan berkontribusi dari pengalaman mereka sendiri dalam memecahkan berbagai masalah secara umum.

Baca juga: Pengertian Argumentasi

Ciri-Ciri Kegiatan Diskusi

Diskusi memiliki ciri tertentu yang membedakannya dengan aktivitas komunikasi yang lain. Berikut ini beberapa ciri-ciri kegiatan diskusi:

  • Diskusi berlangsung antara dua orang atau lebih.
  • Diskusi berlangsung dengan cara interaksi tatap muka dalam mendengarkan dan menyampaikan pendapat anggota diskusi.
  • Diskusi dilakukan untuk membahas suatu topik atau tema tertentu.
  • Sasaran yang ingin dicapai dalam diskusi adalah mendapatkan kesepakatan bersama mengenai topik yang dibahas.
  • Diskusi berlangsung dalam suasasn bebas, teratur, dan sistematis dengan aturan yang telah disepakatai bersama.

Unsur-Unsur Diskusi

Dalam kegiatan diskusi terdapat beberapa unsur penting. Mengacu pada pengertian diskusi, adapun beberapa unsur diskusi adalah sebagai berikut:

  1. Unsur Manusia; yaitu pihak-pihak yang melaksanakan kegiatan diskusi, seperti moderator, penyaji/ narasumber, pembicara, notulen, dan peserta diskusi.
  2. Unsur Materi Diskusi; yaitu hal-hal yang berhubungan dengan topik atau tema diskusi, serta tujuan dan sasaran yang ingin dicapai dalam kegiatan diskusi tersebut.
  3. Unsur Fasilitas Diskusi; yaitu semua hal yang dapat membantu kegiatan diskusi, seperti tempat/ ruangan, meja, kursi, kertas, dan lain sebagainya.

Baca juga: Pengertian Opini

Tujuan Diskusi

Kegiatan diskusi tentunya dilakukan untuk tujuan tertentu yang ingin dicapai. Adapun beberapa tujuan diskusi adalah sebagai berikut:

  • Untuk saling bertukar pikiran dan ide antar sesama peserta diskusi.
  • Melatih kemampuan berbicara di depan umum dengan cara menyampaikan dan menanggapi pendapat orang lain dengan keterangan yang relevan.
  • Melatih kemampuan berpikir para peserta diskusi sehingga memiliki wawasan yang lebih luas.
  • Menanamkan dan melatih sikap demokratis pada peserta diskusi karena terbiasa dalam menyampaikan dan mendengarkan pendapat orang lain.
  • Melatih sikap toleransi dan menghargai pendapat orang lain serta dapat memberikan tanggapan yang relevan.

Baca juga: Pengertian Negosiasi

Fungsi dan Manfaat Diskusi

Kegiatan diskusi dapat memberikan banyak manfaat bagi para peserta. Secara umum, berikut ini adalah beberapa fungsi dan manfaat diskusi:

  • Sebagai wadah yang dapat membantu pemecahan masalah secara bersama-sama.
  • Sebagai wadah untuk mengembangkan diri dengan meningkatkan kemampuan berpikir, menambah wawasan dan ilmu pengetahuan.
  • Sebagai wadah untuk melatih kemampuan daya berpikir dan berbicara di depan umum.
  • Membantu dalam mewujudkan proses kreatif dan analitis para peserta diskusi.
  • Sebagai wadah untuk mengembangkan pengetahuan dan pengalaman para peserta diskusi.

Baca juga: Arti Intervensi

Jenis-Jenis Diskusi

Kegiatan diskusi dapat dibedakan menjadi beberapa jenis. Sesuai dengan definisi diskusi, adapun beberapa jenis diskusi adalah sebagai berikut:

  1. Diskusi Kelompok; yaitu bentuk diskusi yang paling sederhanya dimana hanya diperlukan ketua/ moderator, notuler, dan beberapa peserta yang sekaligus sebagai penyaji dan penyanggah.
  2. Seminar; yaitu bentuk disuksi formal yang dilakukan untuk menemukan kesepakatan pandangan atau langkah dalam menghadapi suatu masalah.
  3. Diskusi Panel; yaitu bentuk diskusi formal yang biasanya dilakukan untuk meningkatkan pemahaman tentang suatu masalah yang sedang banyak dibicarakan. Umumnya diskusi ini melibatkan para pakar sebagai pembicara atau panelis.
  4. Simposium; yaitu bentuk diskusi yang dilaksanakan untuk memberikan pengarahan singkat sebelum pelaksanaan suatu kegiatan.
  5. Lokakarya; yaitu bentuk diskusi yang diselenggarakan dengan mempertemuka para ahli untuk membahas suatu permasalahan di bidang tertentu.
  6. Kongres; yaitu bentuk diskusi atau pertemuan para wakil organisasi (politik, sosial, profesi) untuk membahas dan mengambil keputusan mengenai suatu masalah.
  7. Konferensi; yaitu rapat atau pertemuan untuk berunding atau bertukar pendapat mengenai suatu masalah yang dihadapi bersama.
  8. Sarasehan; yaitu bentuk pertemuan yang dihadiri oleh sekelompok undangan tertentu untuk membicarakan suatu permasalahan dengan cara yang tidak resmi dan suasana yang rileks.
  9. Muktamar; yaitu pertemuan para wakil organisasi untuk membahas dan mengambil keputusan mengenai suatu masalah yang dihadapi bersama.
  10. Munas; atau musyawarah nasional, merupakan pertemuan para wakil nasional untuk membahas suatu masalah yang berskala nasional.
  11. Training; atau pelatihan, merupakan bentuk diskusi yang fokus pada praktik dari suatu teori dengan panduan dari panelis.

Baca juga: Interaksi Sosial

Demikianlah penjelasan ringkas mengenai pengertian komunikasi, unsur-unsur, fungsi, tujuan, serta beberapa jenis diskusi. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kamu.