Beranda Sosial Pengertian Dialog: Definisi, Syarat, Manfaat, dan Jenis Dialog

Pengertian Dialog: Definisi, Syarat, Manfaat, dan Jenis Dialog

Pengertian Dialog Adalah

Pengertian Dialog Adalah

Apa yang dimaksud dengan dialog? Secara umum, pengertian dialog adalah suatu percakapan yang dilakukan antara dua orang atau lebih dengan maksud dan tujuan tertentu.

Pendapat lain mengatakan, pengertian dialog adalah suatu proses komunikasi antara dua orang atau lebih dengan tingkat kualitas yang tinggi dan mencangkup kemampuan untuk mendengarkan serta saling berbagi pandangan satu sama lain. Sederhananya, dialog adalah salah satu bentuk komunikasi interpersonal.

Secara etimologis, kata “dialog”berasal dari bahasa Yunani, yaitu kata “dia” yang artinya antara, diantara, dan kata “legein” yang artinya berbicara, bertukar pikiran, dan gagasan. Sehingga secara harfiah dialog adalah percakapan, bercakap-cakap, berbicara, bertukar pikiran dan gagasan bersama.

Berdasarkan pengertian dialog tersebut, beradu pendapat atau argumentasi untuk mencari keunggulan pendapat sendiri serta mengalahkan pendapat yang lain juga tidak termasuk dalam definisi dialog. Karena dialog adalah jenis percakapan yang bertujuan untuk saling mengerti, memahami dan menerima serta bekerja sama dalam mencapai kesejahteraan bersama.

Baca juga: Pengertian Diskusi

Syarat-Syarat Dialog

Dalam suatu dialog, diperlukan beberapa syarat agar aktivitas tersebut menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi masing-masing pihak. Mengacu pada pengertian dialog, adapun beberapa syarat dialog adalah sebagai berikut:

  • Mengetahui maksud dan tujuan dari dialog dan memiliki kecakapan dalam melaksanakannya.
  • Memiliki pengetahuan dan pendidikan yang setaraf terkait topik yang dijadikan bahan untuk dialog
  • Memiliki kehendak baik dalam mencari kebenaran sehingga dalam mendengarkan sebaiknya bersikap terbuka, tidak memihak serta tidak berprasangka
  • Harus menciptakan suasana tenang dan damai serta jauh dari emosi maupun rasa superior
  • Menyampaikan gagasan dengan jelas serta Dlfengan semangat tetapi tidak boleh dengan nada yang tidak enak atau tidak bijak

Dalam dialog hendaknya masing-masing pihak saling bersikap jujur, tulus, tidak manipulatif, dan tidak mencari-cari kelemahan rekan berdialog. Harus memiliki keyakinan bahwa hal-hal yang dibahas dalam dialog tidak dimanfaatkan untuk tujuan-tujuan lain di luar dialog demi keuntungan sendiri.

Suatu dialog bisa digunakan sebagai cara untuk membahas secara langsung suatu hal atau sebagai pendahuluan jika ingin membahas materi yang berat. Beberapa hal yang bisa dijadikan sebagai topik dialog meliputi segala bidang kehidupan seperti politik, ekonomi, sosial, budaya, agama etika, dan moral. Selain itu juga dapat menggunakan dialog sebagai komunikasi interpersonal.

Baca juga: Pengertian Argumentasi

Unsur-Unsur Dialog

Kegiatan berdialog memiliki beberapa unsur pembangun, terutama dialog interaktif. Adapun beberapa unsur dialog interaktif adalah sebagai berikut:

  • What: Apa tema yang akan atau sedang dibicarakan?
  • Who: Siapa orang yang terlibat dalam dialog tersebut?
  • When: Kapan dialog tersebut dilakukan?
  • Where: Di mana dialog tersebut dilaksanakan?
  • Why: Mengapa dialog tersebut dilaksanakan?
  • How: Bagaimana jalan dan hasil dialog tersebut?

Selain itu, ada beberapa hal penting lainnya yang harus diperhatikan ketika melakukan dialog interaktif, diantaranya:

  • Tema Dialog; topik utama yang akan dibahasa dalam dialog atau percakapan.
  • Narasumber; pihak yang memahami topik yang akan dibahas dalam dialog.
  • Pendapat Narasumber; informasi dan opini yang disampaikan oleh narasumber terkait dengan topik yang dibahas dalam percakapan.
  • Kesimpulan Dialog; hasil akhir dari suatu percakapan yang diambil dari ide-ide penting yang terdapat dalam dialog.

Baca juga: Interaksi Sosial

Manfaat Dialog Secara Umum

Suatu aktivitas dialog yang dilakukan semua pihak dengan cara yang baik tentunya akan membuahkan hasil yang bermanfaat. Adapun beberapa manfaat dialog adalah sebagai berikut ini:

  • Dalam tingkat pribadi, dialog dapat menumbuhkan sikap untuk saling memahami serta menerima. Selain itu juga untuk mengembangkan kebersamaan dalam hidup untuk saling menghormati dan saling percaya dengan rekan berdialog.
  • Pada lingkungan kerja berdialog membantu kelancaran perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi kerja.
  • Pada lingkungan masyarakat berdialog bisa menjadi sarana untuk saling memahami menerima sekaligus bekerjasama antar berbagai kelompok masyarakat yang memiliki latar belakang yang berbeda, baik berbeda dalam budaya tingkat ekonomi, pendidikan, ideologi, kepercayaan maupun agama.
  • Pada lingkungan keseluruhan hidup berbangsa maka dialog dapat memecahkan masalah nasional serta merencanakan dan melaksanakan pembangunan bangsa. Dalam hal ini dialog sangat berpengaruh dalam mengambil arah hidup bangsa menuju ke masa depan.

Baca juga: Pengertian Komunikasi

Demikianlah penjelasan ringkas mengenai pengertian dialog, syarat-syarat, serta beberapa manfaat dialog. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kamu.