Beranda Sosial Pengertian ASEAN: Arti, Negara Anggota, dan Tujuan ASEAN

Pengertian ASEAN: Arti, Negara Anggota, dan Tujuan ASEAN

Pengertian ASEAN Adalah

Pengertian ASEAN Adalah

Kepanjangan ASEAN adalah Association of South East Asian Nations. Pada dasarnya pengertian ASEAN adalah Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara yang merupakan suatu organisasi geo-politik dan ekonomi negara-negara di kawasan Asia Tenggara.

Pendapat lain mengatakan bahwa arti ASEAN adalah suatu organisasi yang dibentuk oleh negara-negara di wilayah Asia Tenggara dimana Indonesia merupakan salah satu anggotanya.

Menurut Wikipedia, kawasan Asia Tenggara ini meliputi wilayah daratan seluas 4,46 juta kilometer persegi dan wilayah lautnya seluas 13,4 juta kilometer persegi. Populasi manusia di Asia Tenggara mencapai 600 juta jiwa atau setara dengan 8,8% total populasi di dunia.

Baca juga: Organisasi Internasional

Sejarah ASEAN

Pada awalnya, tidak semua negara di wilayah Asia Tenggara tergabung di dalam organisasi ini. Sejarah pembentukan ASEAN sendiri dilakukan melalui deklarasi Bangkok pada tanggal 8 Agustus 1967, tepatnya di Bangkok Thailand.

Perwakilan menteri luar negari dari 5 negara telah menandatangani deklarasi Bangkok yang berisi seputar kerjasama dalam mempercepat pertumbuhan ekonomi, sosial, politik serta pendidikan di Asia Tenggara.

Adapun lima tokoh perwakilan negara pemrakarsa ASEAN tersebut yaitu;

  1. Adam Malik (Indonesia)
  2. Thanat Khoman (Thailand)
  3. Narsisco Ramos (Filipina)
  4. S Rajaratnam (Singapura)
  5. Abdul Razak (Malaysia)

Setelahnya, beberapa negara lain di Asia Tenggara pun mulai bergabung di ASEAN. Saat ini, posisi Sekretaris Jendral ASEAN dipegang oleh H E Lim Jock Hoi yang berasal dari Brunei Darussalam hingga tahun 2022.

Baca juga: Pengertian Organisasi

Negara-Negara Anggota ASEAN

Hingga saat ini ada 10 negara yang telah bergabung di dalam ASEAN. Berikut ini adalah beberapa negara-negara anggota ASEAN dan tahun bergabungnya:

No.Nama NegaraTahun Bergabung ASEAN
1Indonesia8 Agustus 1967
2Thailand8 Agustus 1967
3Filipina8 Agustus 1967
4Singapura8 Agustus 1967
5Malaysia8 Agustus 1967
6Brunei Darussalam7 Januari 1984
7Vietnam28 Juli 1995
8Laos23 Juli 1997
9Myanmar23 Juli 1997
10Kamboja30 April 1999

Selain beberapa negara di atas, Timor Leste juga sudah mengajukan proposal untuk menjadi anggota ASEAN. Akan tetapi proposal tersebut masih menunggu keputusan dari seluruh anggota ASEAN.

Baca juga: Pengertian Globalisasi

Prinsip Utama ASEAN

Berdasarkan informasi dari Sekretariat Nasional ASEAN – Indonesia, bahwasannya dalam menjalankan fungsinya terdapat 4 prinsip utama yang dipegang teguh oleh ASEAN yaitu:

  1. Menghormati kemerdekaan, kesetaraan, kedaulatan identitas nasional serta integritas wilayah negara anggota.
  2. Bersama-sama bertanggunghawab dan berkomitmen dalam meningkatkan keamanan, kemakmuran dan perdamaian di wilayah ASEAN.
  3. Menolak adanya agresi, penggunaan kekuatan maupun ancaman yang menentang hukum internasional.
  4. Lebih mengutamakan penyelesaian sengketa dengan cara damai dan tidak mencampuri urusan dalam negeri setiap anggota.

Baca juga: Pengertian Masyarakat

Tujuan ASEAN

Pada dasarnya organisasi ini adalah bentuk perserikatan negara yang berada di Asia Tenggara dengan tugas utama untuk saling bekerjasama menciptakan kedamaian dan keamanan bagi masyarakatnya. Mengacu pada pengertian ASEAN, adapun beberapa tujuan ASEAN adalah sebagai berikut:

  1. Sebagai wadah untuk bekerjasama dalam meningkatkan pertumbuhan perekonomian, kemajuan sosial serta perkembangan budaya negara-negara ASEAN.
  2. Untuk memperkuat pondasi perdamaian negara-negara ASEAN sehingga tercipta kesejahteraan untuk semua anggota negara tanpa mengesampingkan kehormatan, keadilan serta hukum yang berlaku.
  3. Secara aktif meningkatkan kerjasama dan saling membantu dalam mengatasi segala bentuk permasalahan di berbagai bidang untuk kepentingan bersama.
  4. Bekerjasama dalam meningkatkan sektor pertanian, perikanan maupun industri guna meningkatkan taraf hidup rakyatnya.
  5. Memelihara dan meningkatkan kerja sama dalam organisasi-organisasi berskala regional maupun internasional.
  6. Untuk meningkatkan kualitas ilmu pengetahuan bagi negara-negara di Asia Tenggara.
  7. Saling membantu antar negara Asia Tenggara, baik di bidang sarana-sarana latihan dan juga penelitian di bidang pendidikan, profesional, administrasi, dan teknik.
  8. Untuk memperbaiki berbagai sarana komunikasi dan pengangkutan, serta meningkatkan taraf hidup mereka.
  9. Memajukan pengkajian tentang Asia Tenggara.

Baca juga: Pengertian Komunitas

Itulah penjelasan ringkas mengenai pengertian ASEAN, sejarah, negara-negara anggota ASEAN, prinsip utama, dan tujuan ASEAN. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kamu.

Loading...