Beranda Ekbis Pengertian Marketplace: Jenis-Jenis, dan Contoh Marketplace

Pengertian Marketplace: Jenis-Jenis, dan Contoh Marketplace

Pengertian Marketplace Adalah

Pengertian Marketplace Adalah

Sebenarnya, apa itu marketplace? Secara umum, arti marketplace adalah suatu tempat tertentu dimana pasar atau kegiatan jual-beli antara pemilik toko dan konsumen berlangsung secara publik.

Saat ini, istilah marketplace sangat erat hubungannya dengan kegiatan e-commerce. Dalam hal ini, pengertian marketplace adalah suatu jenis website atau aplikasi e-commerce yang memfasilitasi kegiatan jual-beli antara para pemilik toko dengan pembeli secara online.

Pada praktiknya, pihak marketplace menyediakan ruang untuk melakukan kegiatan jual-beli secara online, namun tidak bertanggungjawab atas barang-barang yang dijual di masing-masing toko yang ada di marketplace tersebut.

Meskipun tidak bertanggungjawab atas barang-barang yang dijual oleh setiap toko, pihak marketplace bertanggungjawab atas keamanan proses transaksi antara penjual dan pembeli. Dengan kata lain, kegiatan transaksi keuangan diatur oleh marketplace untuk kemudahan, kenyamanan, dan keamanan para penggunanya.

Baca juga: Pengertian E-Commerce

Jenis-Jenis Marketplace

Setelah mengetahui arti marketplace, mungkin akan timbul pertanyaan; apa saja jenis marketplace yang ada saat ini? Secara garis besar, marketplace dapat dikelompokkan menjadi tiga jenis, yaitu:

1. Marketplace Vertikal

Jenis marketplace ini adalah sebuah marketplace yang memperjual-belikan satu jenis produk yang didapatkan dari berbagai sumber. Dengan kata lain, produk yang dijual berasal dari banyak supplier namun jenis produknya harus satu jenis.

Contoh; situs Mobil.123.com, marketplace yang hanya menjual produk mobil, baik itu mobil bekas maupun mobil baru.

2. Marketplace Horizontal

Jenis marketplace ini adalah marketplace yang memperjual-belikan beberapa jenis produk yang masih berhubungan satu dengan yang lainnya.

Contoh; situs Zalora.co.id, marketplace yang menjual produk-produk yang berhubungan dengan fashion, mulai dari baju, celana, sepatu, tas, aksesoris, dan lain-lain.

3. Marketplace Global

Jenis marketplace ini adalah marketplace yang memperjual-belikan beragam jenis produk yang berbeda dan didapatkan dari banyak sumber. Barang yang dijual tidak harus berhubungan satu dengan lainnya.

Contoh; situs Tokopedia.com, marketplace yang menjual berbagai jenis produk, mulai dari produk rumah tangga, otomotif, komputer, kesehatan, hobi, dan lain sebagainya.

Baca juga: Pengertian Dropship

Manfaat Marketplace

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan oleh penjual dan pembeli dari marketplace. Selain kemudahan bertransaksi, kenyamanan, dan keamanan yang ditawarkan oleh marketplace membuat industri ini semakin berkembang.

Mengacu pada arti marketplace, adapun beberapa manfaat marketplace adalah sebagai berikut:

1. Kemudahan Mendapatkan Pembeli

Marketplace adalah tempat dimana para calon pembeli melakukan pencarian produk-produk (window shopping) yang mereka butuhkan. Dengan begitu, marketplace merupakan tempat dimana para calon pembeli berkerumun dan siap membeli apapun.

Ini merupakan manfaat yang bisa didapatkan oleh para pemilik toko di marketplace. Mereka tidak harus bersusah payah mencari pengunjung, karena pada dasarnya sebuah marketplace akan selalu ramai dikunjungi oleh banyak orang.

2. Kemudahan Mendapatkan Produk 

Saat ini kegiatan belanja online bukan hal baru lagi di Indonesia karena sudah dilakukan oleh masyarakat Indonesia dari berbagai kalangan. Dengan adanya marketplace, masyarakat yang ingin mencari produk tertentu tidak harus datang ke toko yang lokasinya jauh, tapi cukup dengan membelinya secara online.

3. Membangun Relasi Antar Pedagang

Para pemilik toko di marketplace dapat saling membantu satu sama lainnya, baik dalam hal penjualan produk maupun kerjasama lainnya. Dengan relasi yang baik antar pedagang tentunya akan semakin memperkuat kegiatan bisnis setiap pemilik toko di marketplace.

4. Keamanan dan Kenyamanan Transaksi

Umumnya pihak marketplace mengatur aktivitas transaksi keuangan di dalam marketplace tersebut. Pihak marketplace memberikan jaminan keamanan dalam proses pembayaran sehingga penjual dan pembeli merasa nyaman dan tidak khawatir terjadi penipuan.

5. Jangkauan yang Luas

Manfaat marketplace yang satu ini dapat dirasakan oleh penjualan maupun pembeli. Situs marketplace dapat diakses dari manapun di seluruh pelosok Indonesia. Meskipun penjual atau pembeli berada di pulau yang berbeda di Indonesia, proses jual beli online dapat berlangsung secara daring.

Baca juga: Strategi Pemasaran

Beberapa Contoh Marketplace

Di Indonesia sendiri industri marketplace sudah termasuk salah satu industri yang paling besar saat ini. Adapun beberapa contoh marketplace adalah sebagai berikut:

  1. Tokopedia.com; e-commerce asli karya anak bangsa yang mengusung konsep mall online berupa marketplace yang inovatif. Sejak tahun 2009 hingga saat ini, Tokopedia berhasil merebut sebagian besar market virtual di Indonesia.
  2. Elevania.com; marketplace yang mengusung konsep open marketplace sehingga setiap orang bisa berbelanja dengan jaminan keamanan dan kemudahan transaksi.
  3. Blibli.com; marketplace yang satu ini merupakan pelopor e-commerce dengan konsep mall online di Indonesia. Dengan slogan “anytime, anywhere, shopping” para pengguna bisa melakukan transaksi belanja online di situs ini kapan saja dan dari mana saja.
  4. Zalora.co.id; marketplace ini fokus menjual beragam produk fashion dari berbagai merek dimana konsumen dapat melakukan refund bila barang tidak sesuai spesifikasi di websitenya.
  5. Bukalapak.com; marketplace yang mirip Tokopedia dengan konsep C2C (customer to customer) yang memfasilitasi kegiatan usaha para UMKM di Indonesia.
  6. Rajamobil.com; marketplace yang fokus menjual mobil, baik mobil baru maupun mobil bekas yang dilengkapi dengan simulasi kredit dan asuransi kepada calon pembeli.
  7. Ratakan.com; marketplace yang fokus menjual produk digital dari berbagai vendor di Indonesia. Produk digital tersebut berupa; ebook tutorial, software, membership, dan lain-lain.

Selain marketplace online yang disebutkan di atas, masih ada banyak sekali marketplace yang populer di Indonesia. Artikel ini hanya menyebutkan beberapa marketplace saja.

Baca juga: 10+ Situs Belanja Online Terbaik di Indonesia

Demikianlah penjelasan ringkas mengenai arti marketplace, jenis-jenisnya, manfaat, serta beberapa contoh marketplace di Indonesia. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kamu.