Beranda Ekbis Komunikasi Bisnis: Pengertian, Tujuan, Fungsi, Unsur, dan Bentuknya

Komunikasi Bisnis: Pengertian, Tujuan, Fungsi, Unsur, dan Bentuknya

Komunikasi Bisnis

Pengertian Komunikasi Bisnis

Apa yang dimaksud dengan komunikasi bisnis? Pengertian komunikasi bisnis adalah suatu aktivitas pertukaran informasi, gagasan, pendapat, dan instruksi yang disampaikan secara personal atau impersonal melalui simbol-simbol atau sinyal tertentu sehingga didapatkan pemahaman yang sama antar pihak-pihak yang berkomunikasi.

Di dalam aktivitas komunikasi bisnis terjadi pertukaran informasi secara terus menerus. Komunikasi ini dilakukan secara verbal ataupun non verbal dengan tujuan untuk membantu proses pengambilan keputusan pada suatu bisnis.

Baca juga:

Pengertian Komunikasi Bisnis Menurut Para Ahli

Agar lebih memahami apa itu komunikasi bisnis, maka kita dapat merujuk pada pendapat beberapa ahli berikut ini;

1. Philip Kolter

Menurut Philip Philip Kolter, pengertian komunikasi bisnis adalah suatu kegiatan manusia yang ditujukan untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan melalui peroses pertukaran.

2. William Albig

Menurut William Albig, pengertian komunikasi Bisnis adalah pertukaran informasi, gagasan, pendapat, intruksi yang punya target tertentu yang dihidangkan secara personal maupun impersional melalui lambang atau sinyal.

3. Djoko Purwanto

Menurut Djoko Purwanto, arti komunikasi bisnis adalah komunikasi yang dipakai di dalam dunia bisnis yang termasuk berbagai macam bentuk komunikasi, baik itu verbal maupun non-verbal untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

4. Rosenbalt

Menurut Rosenbalt, definisi komunikasi bisnis adalah suatu tindakan pertukaran informasi, ide/ opini, intruksi, dan sebagainya, yang disampaikan secara personal maupun non-personal melalui lambang dan sinyal untuk mencapai target perusahaan.

5. Katz

Menurut Katz, pengertian komunikasi bisnis adalah aktivitas pertukaran ide, pesan, dan konsep yang berhubungan dengan pencapaian sejumlah target komersil.

Baca juga: Pengertian Etika Bisnis

Unsur-Unsur Komunikasi Bisnis

Unsur-Unsur Komunikasi Bisnis

Setiap aktivitas komunikasi di dalam kegiatan bisnis harus terdapat unsur-unsur tertentu. Adapun unsur-unsur komunikasi bisnis adalah sebagai berikut:

  • Terdapat tujuan, maksudnya adalah komunikasi tersebut memiliki tujuan yang telah ditentukan dan sejalan dengan tujuan organisasi.
  • Ada pertukaran, maksudnya adalah komunikasi melibatkan setidaknya dua orang atau lebih (komunikator dan komunikan).
  • Berisi informasi, gagasan, opini, instruksi, ini adalah isi dari pesan yang terdapat dalam komunikasi dimana bentuknya bisa beragam tergantung situasi, kondisi, dan tujuannya.
  • Memanfaatkan saluran personal atau impersonal, maksudnya adalah komunikasi dapat dilakukan dengan bertatap muka, memanfaatkan media khusus, atau media massa jika ingin menjangkau banyak orang.
  • Memakai simbol atau sinyal, maksudnya adalah metode atau alat yang digunakan untuk berkomunikasi sehingga dapat dimengerti oleh penerima pesan.
  • Pencapaian target atau tujuan organisasi, dimana tujuan tersebut telah ditetapkan sebelumnya oleh manajemen.

Baca juga: Manajemen Komunikasi

Tujuan Komunikasi Bisnis

Tujuan Komunikasi Bisnis

Secara garis besar, ada tiga tujuan utama dilakukannya komunikasi di dalam bisnis, yaitu Memberi Informasi (Informing), Persuasi (Persuading), dan Melakukan Kolaborasi (Collaborating) dengan pelanggan. Berikut ini penjelasan selengkapnya;

1. Memberi Informasi (Informing)

Dalam hal ini, informasi yang dimaksud adalah hal-hal yang berkaitan dengan aktivitas bisnis dengan berbagai pihak. Misalnya, seorang manajer marketing ingin meningkatkan penjualan produk baru, maka ia akan mencoba memasang iklan di berbagai media.

Masing-masing media pun memiliki kelebihan dan kekurangan, baik dari sisi biayanya maupun dari sisi impact yang didapatkan. Cara penyampaian informasi di setiap media juga menjadi faktor penentu keberhasilan iklan tersebut.

2. Melakukan Persuasi (Persuading)

Persuasi adalah cara berkomunikasi yang digunakan untuk mempengaruhi dan meyakinkan orang lain. Persuasi sering dilakukan dalam aktivitas pemasaran agar orang lain terpengaruh dan membeli suatu produk, dan juga dalam penegasan konfirmasi pesanan konsumen agar tidak terjadi kesalahan pemesanan.

3. Melakukan Kolaborasi (Collaborating)

Kolaborasi adalah bentuk kerjasama, interaksi, kompromi pihak-pihak yang terlibat secara langsung dan tidak langsung yang menerima akibat dan manfaat. Dengan adanya komunikasi yang baik maka kerjasama bisnis dapat dilakukan dengan lebih mudah.

Komunikasi bisnis dapat dilakukan dengan berbagai media. Misalnya via telepon/ Smartphone, Chatting, Email, dan lain-lain.

Baca juga: Pengertian Negosiasi

Fungsi Komunikasi Bisnis

Secara umum, ada empat fungsi dari komunikasi di dalam bisnis, yaitu; Informative, Regulatory, Persuasive, dan Integrative. Berikut penjelasan selengkapanya;

1. Fungsi Informative

Dalam hal ini fungsi informative digunakan oleh para manajer dan karyawan dalam melaksanakan tugas-tugas mereka secara efisien. Beberapa informasi yang dibutuhkan terkait dengan beberapa hal berikut,

  • Hal-hal yang berhubungan dengan pekerjaan (tujuan perusahaan, prosedur, peraturan, dan lainnya).
  • Standar kerja dan laba perusahaan.
  • Sosio emotional perusahaan secara umum.

2. Fungsi Regulatory

Komunikasi memiliki fungsi sebagai alat untuk mengendalikan dan mengatur jalannya suatu organisasi. Bentuk komunikasi ini dapat berupa perintah dan laporan.

3. Fungsi Persuasive

Fungsi persuasive berlangsung saat terjadi komunikasi dan interaksi antar karyawan, dimana tujuan komunikasi tersebut adalah agar orang lain dapat menerima ide seseorang.

4. Fungsi Integrative

Integrasi yang terjadi di dalam perusahaan akan membuat perusahaan tersebut dapat beroperasi secara terpadu dan utuh. Hal tersebut hanya bisa dilakukan bila komunikasi dan koordinasi di perusahaan berjalan dengan baik.

Baca juga: Pengertian Diplomasi

Bentuk Komunikasi Bisnis

Bentuk Komunikasi Bisnis

Komunikasi bisnis umumnya dilakukan dengan dua cara, yaitu secara verbal dan non verbal. Berikut ini penjelasannya;

1. Komunikasi Verbal

Komunikasi verbal adalah bentuk komunikasi yang dilakukan dengan cara lisan maupun tulisan. Bentuk komunikasi ini dibagi menjadi dua, yaitu aktif dan pasif.

  • Berbicara dan menulis (verbal aktif)
  • Mendengarkan dan menulis (verbal pasif)

2. Komunikasi Non Verbal

Dalam dunia bisnis juga terdapat komunikasi non verbal, yaitu komunikasi yang disampaikan tanpa menggunakan kata-kata. Beberapa contoh komunikasi non verbal dalam bisnis diantaranya;

  • Simbol-simbol
  • Sandi
  • Warna
  • Ekspresi wajah
  • Gerakan tubuh

Baca juga: Pengertian Akomodasi

Demikianlah penjelasan ringkas tentang pengertian komunikasi bisnis, tujuan, fungsi, unsur-unsurnya, serta bentuk-bentuknya. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kamu.