Beranda Ekbis Arti Customer: Pengertian, Jenis-Jenis, dan Beberapa Karakteristik Customer

Arti Customer: Pengertian, Jenis-Jenis, dan Beberapa Karakteristik Customer

Arti Customer Adalah

Arti Customer Adalah

Apa yang dimaksud dengan customer (pelanggan)? Secara umum, arti customer adalah seseorang atau organisasi yang membeli suatu barang atau jasa dari sebuah toko atau bisnis tertentu.

Pendapat lain mengatakan pengertian customer adalah pelanggan, yaitu individu, rumah tangga, atau perusahaan, yang membeli suatu produk, baik itu ide, barang, atau jasa, dari penjual atau pemasok tertentu.

Dalam hal ini, customer tidak selalu berarti konsumen karena bisa saja pelanggan tersebut membeli suatu produk bukan untuk digunakan sendiri tapi untuk dijual atau diberikan kepada orang lain.

Baca juga: Pengertian Produk

Arti Customer Menurut Para Ahli

Agar lebih memahami apa itu customer, maka kita dapat merujuk pada pendapat beberapa ahli berikut ini:

1. Jerald Greenberg

Menurut Jerald Greenberg (2010), arti pelanggan adalah seorang individu atau kelompok orang yang membeli suatu produk, baik fisik ataupun jasa, dengan mempertimbangkan berbagai macam faktor seperti; harga, kualitas, tempat, pelayanan, dan lain sebagainya, berdasarkan keputusan mereka sendiri.

2. Vincent Gaspersz

Menurut Vincent Gaspersz, pengertian customer adalah semua orang yang menuntut kita untuk memenuhi suatu standar kualitas tertentu, dan oleh karena itu akan memberikan pengaruh pada kinerja atau performansi (performance) kita.

3. Philip Kotler

Menurut Philip Kotler, arti customer adalah semua individu dan rumah tangga yang membeli atau memperoleh suatu barang atau jasa untuk dikonsumsi pribadi.

Mengacu pada para pendapat para ahli di atas, maka dapat disimpulkan bahwa customer adalah semua pihak, baik individu maupun sekelompok orang yang melakukan transaksi pembelian barang maupun jasa untuk keperluan pribadinya.

Baca juga: Pengertian Konsumen

Jenis-Jenis Customer

Jenis-Jenis Customer
Jenis-Jenis Customer

Pada sebuah bisnis ada beberapa macam pelanggan yang membeli produk dari bisnis tersebut. Menurut Vincent Gaspersz (Dalam Laksana 2004:102), adapun jenis-jenis customer adalah sebagai berikut:

1. Pelanggan Internal

Pelanggan internal atau internal customer adalah seorang individu maupun sekelompok orang yang berada di dalam sebuah perusahaan. Umumnya jenis customer ini memiliki pengaruh yang sangat besar pada operasional perusahaan.

Beberapa contoh yang termasuk dalam internal customer diantaranya; pegawai pemasaran, pegawai operasional, pegawai delivery, bagian HRD, dan lain-lain. Dalam kegiatannya, internal customer sangat memperhatikan kerjasama tim, kualitas kerja, sistem, dan pengiriman yang tepat waktu.

2. Pelanggan Eksternal

Pelanggan eksternal atau eksternal customer adalah seorang individu atau sekelompok orang yang berada di luar perusahaan yang biasa membeli produk dari perusahaan tersebut. Eksternal customer biasanya memperhatikan beberapa hal penting ketika membeli produk dari suatu bisnis, seperti; harga, kesesuaian kebutuhan, kualitas produk dan pelayanan, metode pembayaran, dan proses pengiriman.

3. Pelanggan Antara

Pelanggan antara atau between customer adala seorang individu atau sekelompok orang yang berperan sebagai distributor barang dimana produk yang mereka beli bukan untuk penggunaan pribadi tetapi untuk dijual kembali. Contohnya; agen beras yang berperan sebagai distributor produk beras ke konsumen akhir.

Baca juga: Arti Kartel

Perbedaan Customer dan Consumer

Perbedaan customer dengan klien dan consumer
Perbedaan customer dengan klien dan consumer

Banyak yang menganggap bahwa customer memiliki arti yang sama dengan consumer. Meskipun kedua istilah ini berhubungan, namun pada dasarnya keduanya memiliki pengertian yang berbeda.

Berikut ini adalah penjelasan ringkas perbedaan antara customer dan consumer:

1. Definisi Customer

Dari definisinya dapat dipahami bahwa customer atau pelanggan adalah seseorang atau organisasi yang membeli suatu produk dari sebuah toko atau bisnis.

Dalam hal ini, customer membeli sebuah produk tidak selalu untuk keperluan pribadi. Misalnya, seorang Bapak membeli ikan secara rutin untuk anaknya. Si Bapak merupakan customer, sedangkan anaknya yang mengkonsumsi ikan tersebut disebut sebagai consumer atau konsumen.

2. Definisi Konsumen

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), definisi consumer atau konsumen adalah pengguna barang hasil produksi (bahan, pakaian, makanan, dan lain sebagainya), penerima pesan iklan, pemakai jasa (pelanggan dan sebagainya). Dalam hal ini, konsumen tidak hanya membeli sebuah produk (barang atau jasa) tetapi juga mengonsumsi produk tersebut.

Dari penjelasan tersebut dapat dipahami bahwa jika seseorang hanya membeli sebuah produk namun tidak untuk dikonsumsi sendiri, maka orang tersebut adalah customer. Sebaliknya, jika seseorang membeli suatu produk untuk dikonsumsi atau digunakan sendiri maka orang tersebut adalah konsumen.

Baca juga: Pengertian Demografi

Beberapa Karakteristik Customer

Secara umum, setiap customer memiliki karakter yang berbeda satu dengan lainnya. Hal tersebut disebabkan karena berbagai faktor, misalnya latar belakang keluarga, pendidikan, lingkungan, dan lain sebagainya.

Berikut ini adalah beberapa karakter customer dan cara menghadapinya:

  1. Customer pemarah; pelanggan pemarah harus dihadapi dengan tenang, sabar, dan mendengarkan perkataannya dengan baik. Pahami penyebab kemarahannya dan berikan penjelasan dengan cara seramah mungkin.
  2. Customer pendiam; pelanggan seperti ini membutuhkan cara khusus untuk mendapatkan perhatiannya. Misalnya; mengajak bicara dan membuatnya nyaman, mencoba akrab dengannya dan menanyakan mengenai barang yang dibutuhkannya.
  3. Customer tak sabaran; pelanggan seperti ini membutuhkan penanganan yang cepat dan tepat. Terkadang pelanggan tak sabaran meminta banyak hal dalam waktu singkat sehingga dibutuhkan kesabaran juga untuk menghadapinya.
  4. Customer detail; pelanggan seperti ini harus ditangani oleh seseorang yang memiliki pengetahuan luas tentang suatu produk. Pasalnya, pelanggan tersebut akan banyak bertanya mengenai produk tersebut dan detail.
  5. Customer hemat; pelanggan seperti ini umumnya mencari produk yang sedang diskon atau sedang turun harga. Menjelaskan kelebihan suatu produk dan batas waktu diskon akan membuat pelanggan hemat cenderung akan segera membeli.

Baca juga: Pengertian Komoditas

Demikianlah penjelasan ringkas mengenai arti customer, jenis-jenisnya, karakteristik, serta perbedaan antara customer dengan klien dan consumer. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kamu.