Victor Giovan Raihan: Pengusaha Sukses Kembangkan Bisnis Minuman Sejak Usia Remaja

Victor Giovan Raihan: Pengusaha Sukses Kembangkan Bisnis Minuman Sejak Usia Remaja

Victor Giovan Raihan

Victor Giovan Raihan – Menjadi seorang pengusaha sukses tidak memandang usia seseorang.  Sukses berbisnis adalah milik semua orang yang mempunyai tekad, seberapapun usia mereka. Dan sebagai contoh, berikut ini ialah kisah sukses berwirausaha dari seorang dengan usia yang masih sangat belia.

Victor Giovan Raihan, seorang pengusaha remaja yang berhasil menjalankan sebuah bisnis sejak usia 18 tahun. Potret pengusaha yang patut ditiru dan kita jadikan contoh. Victor Giovan Raihan pemuda asal Malang ini berhasil menjalankan bisnis yang ia mulai sejak ia remaja.

Banyak liku – liku bisnisnya sampai ia berhasil mendapatkan kesuksesan. Simak kisah suksesnya berikut ini.

Victor Giovan Raihan Membangun Bisnis Sejak Usia Remaja

Victor Giovan Raihan yang kala itu masih berusia remaja yaitu 18 tahun iseng membuat racikan minuman dari teh dan susu fermentasi. Siapa sangka racikan minuman yang dibuat Victor Giovan Raihan banyak disukai oleh teman – temannya.

Dengan respon dari pasar yang sangat baik, otak bisnis nya mulai bekerja dari sini. Selang beberapa waktu  kemudian Raihan memutuskan untuk lebih serius dan fokus mengelola teh racikannya. Mulai dari meracik, menata outlet sampai memberi brand pada bisnis minuman cepat sajinya.

Artikel lain: Inspirasi Usaha – Pengusaha Muda Kuliner Unik Yang Mendunia

Melihat Potensi Bisnis Minuman Cepat Saji

Raihan sendiri sebenarnya memiliki beberapa macam bisnis minuman cepat saji. Namun yang menjadi andalannya saat ini adalah paket minuman cepat saji yang ia beri nama “Teh Kempot”. Kenapa ia memutuskan terjun berbisnis dengan mengambil pasar minuman cepat saji, menurutnya prospek bisnis minuman cepat sajai ke depan akan semakin besar.

Hal ini menurutnya karena masyarakat saat ini semakin hari semakin menunjukkan keinginan untuk serba cepat dan instan. Nah, salah satu yang yang bisa mendukung mobilitas masyarakat tersebut adalah minuman cepat saji. Karena minuman model seperti ini selain praktis juga bisa didapatkan di mana saja.

Dalam meracik ramuan teh cepat saji ini, Raihan mengandalkan racikannya sendiri. Ia membeli daun teh setengah matang dari pemasok langganannya, kemudian ia kelola sendiri dan kemudian ia mix dengan yoghurt atau susu fermentasi. Ada banyak pilihan rasa yang ditawarkan dari minuman racikan Raihan, ada rasa strowberi, rasa cokelat, juga ada rasa lemon.

Kesuksesan Bisnis Minuman Victor Giovan Raihan

Dengan modal awal 3 juta rupiah, terhitung saat ini bisnis yang dikelola Victor Giovan sangat sukses dan berkembang dengan pesat. Saat ini menurut Victor, per outlet dari teh cepat sajinya mampu menghasilkan antara 2 juta sampai 3 juta per bulan.

Kini, anak sulung dari dua bersaudara ini mampu mengembangkan bisnis nya dengan mempunyai 10 gerai yang ia tangani secara langsung dan 17 outlet yang dikelola oleh para rekan bisnisnya. Rekan bisnis nya tersebar di berbagai sudut di Kota Malang dan ada beberapa juga di Palembang dan Jakarta. Untuk bisa menjadi rekan bisnisnya, Victor mematok harga 3,5 juta rupiah dengan mendapatkan satu paket gerobak dan 100 cup gelas kemasan beserta alat masaknya sekalian.

Untuk saat ini, kapasitas produksinya bisa menghabiskan 20 kg daun teh kering yang bisa dibuat menjadi 70 gelas dan 4 kg gula per harinya per outlet. Ke depan ia ingin melebarkan sayap bisnis nya dengan membuk mitra baru di kota – kota besar seperti di Surabaya atau juga di Sidoarjo. Segelas teh yang ia jual dihargai 2.000 sampai 2.500 rupiah per kemasan 250 ml.

Baca juga: Harfana Alwi ~ Pengusaha Muda yg Sukses Berbisnis Real Estate

Perkembangan Bisnis Victor Giovan Raihan

Saat ini Victor Raihan berhasil memberi lapangan kerja untuk 50 orang karyawan. Sebenarnya selain teh yoghurt, Victor juga mengelola bisnis bakso. Menurut nya, keuntungan yang berhasil ia dapatkan dari teh kemas ini mencapai 350 persen. Sebuah bisnis yang sangat menjanjikan menurutnya jika dibandingkan dengan bisnis bakso yang “hanya” mendapatkan keuntungan mencapai 100 persen.

Sebuah kisah yang sangat menginspirasi yang patut kita jadikan contoh. Jangan terpaku pada usia untuk memulai sebuah usaha atau bisnis, segera realisasikan rencana dan ide Anda dalam berbisnis. Jangan khawatirkan apapun, yang penting semuanya dikonsepkan dengan baik dan dituangkan dalam master plan bisnis yang sistematis.

5 KOMENTAR

  1. Wah, masih muda namun memiliki semangat yang besar. Usia muda tak menghalangi dirinya untuk berkarir dan menjadi pengusaha sukses.
    Semoga semakin banyak sosok seperti Victor di Indonesia.

    Salam kampusnote.co

  2. Mas giovan kalau maw ikut bermitra guna caranya?

  3. Wah salam pengusaha mz , mantap masih muda dapat ramuan ajaib begitu , Ayo pada semangat seperti Victor Giovan Raihan , salam sukses

    • Tasbihul Mamnun

      memang mantab mas, salam sukses

Tinggalkan Balasan