Versi Terbaru Android M Siap Sematkan 6 Fitur Canggih Ini

Image dari Thehackernews.com

Image dari Thehackernews.com

Pada akhir bulan Mei 2015 kemarin, Google telah resmi memperkenalkan generasi terbaru sistem operasi #Android M. Dalam ajang konferensi I/O 2015, Kamis (28/5/2015) waktu setempat, Vice President of Engineering Google Dave Burke memamerkan preview fitur-fitur yang akan menjadi kelebihan Android M.

Menurut Burke, fitur dan fasilitas yang ada pada Android yang masih berlabel “M” ini diberikan dari hasil pengamatan yang dilakukan #Google terhadap para produsen gadget selama ini. Walhasil lahirlah beberapa fitur terbaru yang akan disematkan pada sistem operasi Android M dan sekaligus memperbarui fitur Android Lollipop sebelumnya. Saya sendiri cukup surprise dengan fitur-fitur yang diperkenalkan Android tersebut, bagaimana dengan Anda? Berikut beberapa fitur yang akan hadir pada  Android M tersebut.

1. ‘App permissions’ yang Terbaru.

Fitur pertama Android M yang diperkenalkan pada ajang Google I/O keynote oleh Dave Burke adalah ‘app permissions’ terbaru. Jika dulu pengguna harus harus memberikan banyak konfirmasi persetujuan perihal izin untuk mengakses kamera, kontak, microphone, dan lainnya ketika mengunduh sebuah aplikasi, maka pada Android M hal ini akan diambil alih langsung oleh Google.

Dengan demikian #aplikasi tidak akan bisa sembarangan membuka lokasi atau kamera pengguna dan pengguna pun tak akan lagi terganggu dengan banyaknya permintaan ijin dari aplikasi. Pada akhirnya fitur yang mirip ‘app permissions’ pada sistem operasi iOS ini akan membuat aplikasi hanya meminta izin sekali saja saat pertama kali aplikasi tersebut diunduh.

Artikel lain: Tidak Sabar Menunggu OS Android M? Google Akan Meluncurkannya Tahun Ini!

2. Google Now yang Semakin Cerdas

Google Now yang merupakan aplikasi digital asisitant, pada Android M akan menjadi semakin pintar. Hal ini dikarenakan pada Google Now terbarunya ini akan ada tambahan fitur yang bernama ‘Now on tap’. Dengan adanya fitur ‘Now on tap’ tersebut, Google Now akan semakin mengerti permintaan penggunanya dan memungkinkan Google Now melakukan beberapa tindakan yang cerdas.

Tindakan dan aksi cerdas dari Google Now ini bisa berwujud sebagai contoh yaitu ketika pengguna mendengarkan lagu dan bertanya tentang artis yang menyanyikan lagu tersebut, Google Now akan tahu siapa yang pengguna maksud tanpa perlu menyebut namanya dan akan menampilkan semua informasi penting tentang penyanyi tersebut.

3. Peramban Chrome Terbaru

#Browser atau peramban Google yaitu Chrome juga akan diperbarui dalam sistem operasi Android M. Menurut dave Burke, Crome pada Android M kan ditambah sebuah fitur bernama Chrome Custom Tabs yang berfungsi membuat pengembang aplikasi dapat menyematkan halaman web di dalam aplikasinya. Dengan adanya fitur ini, semua link nantinya akan dibuka dengan Chrome namun tetap menggunakan desain antar muka yang sesuai dengan aplikasi pihak ketiga itu sendiri.

4. Fitur Doze

Jika selama ini #smartphone Android masih mengharuskan Anda melakukan pemutusan aplikasi yang berjalan dengan manual, maka pada sistem operasi terabru Android M aktivitas tersebut akan dilakukan secara otomatis oleh fitur Doze. Ya, Doze adalah fitur yang berfungsi mengelola daya ponsel saat di mana ponsel tidak bergerak selama beberapa waktu, maka Doze akan langsung memutus aplikasi yang aktif.




Dengan tertutupnya aplikasi secara otomatis dengan fitur Doze, maka daya posnel pun akan selalu terjaga. Doze memang sebuah fitur yang canggih karena ia memiliki kemampuan mendeteksi gerakan. Penamaan Doze (tidur ayam) oleh Google sendiri diberikan dengan alasan karena perangkat yang dalam keadaan tertidur itu masih tetap akan menunjukkan notifikasi jika ada alarm atau pesan penting yang masuk.

Baca juga: Sejarah Perkembangan Smartphone Versi Android

5. Android Pay

Jika #Apple punya Apple Pay sebagai sebuah metode pembayaran dalam transaksi belanja. Maka Google kini memiliki Android Pay yang penggunannya sama dengan Apple Pay yaitu sebagai media pembayaran. Dengan adanya fitur dan layanan ini, maka pengguna akan dimudahkan untuk melakukan pembayaran secara mobile dengan menggunakan konektivitas NFC.

6. Fingerprint Scanner

Terakhir, fitur dari Android M yang juga dianggap meniru #iOS adalah Fingerprint Scanner. Dengan adanya fitur pendeteksi sidik jari yang akan disematkan Google pada sistem operasi Android M ini akhirnya membuat para vendor tak perlu repot lagi untuk menanamkan layanannya sendiri.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud