Beranda Bisnis 15+ Peluang Usaha Rumahan dengan Modal Kecil Untung Besar dan Halal

15+ Peluang Usaha Rumahan dengan Modal Kecil Untung Besar dan Halal

Usaha Rumahan
Ilustrasi menjalankan usaha rumahan

Apakah Anda sedang mencari peluang usaha rumahan yang menjanjikan? Jika ya, maka Anda perlu membaca artikel ini sampai selesai agar memiliki gambaran tentang bisnis yang sesuai dengan Anda.

Ketika kita ingin membangun sebuah bisnis rumahan, biasanya modal adalah salah satu faktor yang sangat penting, baik itu modal materiil maupun modal non materiil. Kebanyakan orang beranggapan bahwa kita membutuhkan modal yang besar agar usaha tersebut bisa berjalan dengan baik. Namun anggapan itu sebenarnya tidak sepenuhnya benar.

Memang untuk beberapa model usaha rumahan, kita membutuhkan modal materiil yang cukup besar agar bisa berjalan dengan baik, namun ada cukup banyak model usaha yang dapat dijalankan dengan modal kecil. Justru biasanya modal yang paling penting itu adalah modal non materiil, seperti; pengetahuan tentang suatu model bisnis, perencanaan bisnis yang matang, keinginan dan keyakinan yang kuat, serta sikap pantang menyerah.

Modal uang yang besar bukanlah sebuah jaminan usaha rumahan yang dijalankan akan berhasil. Akan tetapi dengan keseriusan, ketekunan, kerja keras lah yang menjadi modal utama dalam menjalankan sebuah usaha rumahan yang sukses. Jika kita sudah memiliki modal utama tersebut maka kita bisa memanfaatkan apapun peluang usaha rumahan dengan modal kecil yang ada di sekitar kita.

Berikut ini adalah beberapa ide usaha rumahan dengan modal kecil yang bisa kita pertimbangkan:

Artikel terkait: Peluang Bisnis Modal Kecil

1. Peluang Usaha Rumahan Berjualan Pulsa Elektrik

Usaha rumahan berjualan pulsa
Usaha rumahan berjualan pulsa via atelier.net

Berkomunikasi dengan HandPhone sudah menjadi kebutuhan primer masyarakat saat ini, tidak perduli profesinya apa. Tentunya para pengguna telepon genggam ini akan membutuhkan pulsa agar dapat menggunakan gadget mereka tersebut. Nah, inilah peluang usaha rumahan yang bisa kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya karena memiliki potensi keuntungan yang lumayan besar.

Dalam menjalankan bisnis berjualan pulsa elektrik, kita tidak membutuhkan modal yang besar. Yang perlu dipersiapkan untuk menjalankan usaha ini adalah sebuah perangkat handphone untuk melakukan pengiriman pulsa elektrik.

Selain itu, agar bisa menjalankan bisnis jualan pulsa elektrik ini, Anda harus mendaftarkan diri ke distributor pulsa sebagai agen penjual pulsa elektrik. Beberapa distributor pulsa elektrik yang saya rekomendasikan diantaranya Pulsa-Online.com, Centerpulsa.com, Venuspulsa.com, Istanareload.com. Biasanya masing-masing distributor tersebut akan menjelaskan cara kerjanya.

Namun bila Anda ingin menjalankan usaha tersebut dengan membuka konter karena ingin berjualan hp juga, maka modal yang dibutuhkan tentunya akan lebih besar. Selain biaya menyewa tempat, Anda juga harus mempertimbangkan biaya-biaya lain dalam menjalankan bisnis, misalnya biaya listrik, membuat etalase, dan lainnya.

Bila modal Anda terbatas, saya menyarankan untuk menjalankan bisnis menjual pulsa elektrik saja karena modalnya jauh lebih kecil. Modal kecil bukan berarti untungnya kecil lho. Ada banyak penjual pulsa elektrik yang memiliki penghasilan puluhan juta rupiah hingga ratusan juta rupiah.

2. Peluang Usaha Rumahan Berjualan Makanan/ Camilan

Usaha rumahan berjualan makanan
Usaha rumahan berjualan makanan via Bisnisukm.com

Membuka usaha makanan/ camilan merupakan bisnis yang sangat potensial karena makanan merupakan kebutuhan pokok manusia dan selalu dibutuhkan.

Namun, kita juga perlu mempelajari usaha makanan/ camilan apa yang cocok dikerjakan di rumah dengan modal yang kecil. Inilah beberapa usaha makanan yang cocok dijalankan di rumah:

2.a. Bisnis rumahan berjualan aneka kue

Rata-rata masyarakat Indonesia menyukai kue-kue camilan seperti; brownies kukus, kue bolu, kue lapis, lumpia, donat, risoles, dan kue-kue lainnya. Jika rumah Anda berada di tempat yang cukup strategis, Anda bisa berjualan camilan ini di depan rumah dengan memasang display camilan Anda.

Jangan lupa untuk mempromosikan usaha kue Anda ke teman-teman, tetangga, dan keluarga. Dan manfaatkan momen-momen penting untuk meningkatkan penjualan usaha kue Anda, misalnya acara ulang tahun, lebaran, hari natal.

2.b. Bisnis rumahan berjualan gorengan

Hampir semua orang pasti menyukai gorengan. Hampir semua kalangan di masyarakat kita suka makan gorengan, seperti; pisang goreng, tahu goreng, tempe goreng, mendoan, bakwan, dan lain-lain.

Jika Anda mampu membuat fariasi gorengan yang unik dari gorengan biasa, kemungkinan besar untuk sukses dalam usaha gorengan ini akan semakin besar.

2.c. Bisnis rumahan buka warung makan

Kemampuan Anda dalam memasak makanan enak dapat dimanfaatkan jadi peluang usaha rumahan, tentu saja modal yang diperlukan juga kecil. Anda bisa mendesain ruangan di rumah Anda menjadi tempat usaha warung makanan.

Biasanya orang yang makan di warung makan lebih menyukai masakan-masakan rumahan, dan bila Anda memiliki resep keluarga yang unik dan enak tentu saja ini sebuah nilai tambah yang membuat warung makan Anda unik.

Artikel rekomendasi:

3. Usaha Rumahan Membuka Jasa Pengetikan Naskah

Bisnis rumahan jasa pengetikan
Bisnis rumahan jasa pengetikan naskah via Google.com

Biasanya bisnis ini akan berjalan baik bila berada di dekat kampus. Ada cukup banyak orang yang tidak memiliki waktu untuk mengetik dan mem-print naskah yang sudah mereka buat, mereka inilah calon pelanggan potensial Anda.

Yang perlu dipersiapkan dalam memulai usaha ini adalah perangkat komputer, printer, dan juga scanner. Tentunya Anda juga harus memiliki tempat, kemampuan mengetik cepat, dan waktu yang cukup banyak untuk menjalankan bisnis ini.

Model bisnis ini sebenarnya cukup menguntungkan karena bisa mendapatkan pelanggan secara offline ataupun online. Anda bisa mendapatkan order dari pelanggan di dunia nyata, misalnya dari pelanggan yang datang ke tempat usaha jasa pengetikan milik Anda, dan juga bisa mendapatkan order dari pengguna internet yang membutuhkan jasa Anda.

Oleh karena itu, jika Anda saat ini menjalankan bisnis ini, maka sangat disarankan untuk memiliki website/ blog juga. Hal ini untuk meningkatkan peluang untuk mendapatkan orderan dari pengguna internet yang membutuhkan jasa pengetikan naskah.

4. Menjalankan Bisnis Online dari Rumah

Usaha rumahan jualan online
Usaha rumahan jualan online via Pinterest.com

Bisnis online adalah salah satu bisnis yang sangat booming saat ini. Selain cenderung lebih mudah, lebih banyak jenisnya, biaya menjalankan bisnis online juga cenderung lebih murah dibandingkan dengan bisnis konvensional.

Beberapa jenis bisnis online yang saat ini sedang banyak dijalankan oleh masyarakat Indonesia adalah bisnis dropshipping, bisnis MLM online, menjadi blogger dan publisher, membuat toko online, menjual jasa, bisnis afiliasi, dan masih banyak lagi.

Banyaknya pilihan dalam bisnis online memang tidak otomatis membuat kita lebih mudah untuk menjalankannya karena tidak semua jenis bisnis online bisa cocok dengan masing-masing orang. Sebagian orang mungkin lebih cocok menjalankan bisnis dropshipping, tapi sebagian lainnya lebih nyaman menjalankan bisnis MLM online. Ini tergantung minat dan kemampuan masing-masing orang.

Untuk bisa menjalankan bisnis online, seseorang harus belajar dan praktek dengan serius. Memang bisnis online ini bukanlah bisnis cepat kaya karena memang membutuhkan proses untuk bisa menghasilkan uang secara konsisten dari internet. Namun, bisnis online cenderung lebih cepat menghasilkan ketimbang bisnis konvensional.

Artikel terkait: 10+ Peluang Bisnis Online yang Menjanjikan

5. Usaha Fashion dari Rumah

Bisnis rumahan di bidang fashion
Bisnis rumahan di bidang fashion via startupfashion.com

Bisnis fashion bisa dibilang sebagai bisnis yang sangat potensial setelah bisnis makanan. Bagaimana tidak, perkembangan dunia fashion saat ini mengalami perkembangan yang sangat pesat saat ini, dan mungkin akan terus terjadi di masa-masa yang akan datang.

Beragam jenis fashion punya pangsa pasar masing-masing. Mulai dari fashion anak, fashion untuk orang dewasa, busana muslim, dan lain-lain.

Bagi Anda yang bermodal minim, bisnis fashion sebenarnya bisa dijalankan walaupun modal yang kita miliki sangat terbatas. Ada beberapa suplier pakaian yang menawarkan kerjasama untuk memasarkan produk-produk mereka.

Salah satu suplier pakaian yang menawarkan kerjasama dengan modal kecil adalah DeltaGrosir.com. Dengan modal awal sebesar Rp 3,5 juta, kita bisa langsung mulai berbisnis pakaian dengan potensi keuntungan bisa mencapai Rp 2 juta per bulan.

Selain DeltaGrosir, sebenarnya masih ada banyak sekali supplier pakaian jadi yang bisa Anda temukan via internet. Yang perlu Anda lakukan pertamakali adalah menentukan jenis pakaian apa yang ingin Anda jual.

Anda bisa menemukan supplier untuk bisnis fashion yang ingin Anda jalankan dengan mengetikan kata kunci tertentu di Google. Bila Anda ingin berjualan fashion korea, fashion untuk anak, big size fashion, baju anak, dan jenis fashion lainnya, gunakan kata kunci yang tepat. Berikut ini contoh kata kunci untuk menemukan supplier produk fashion di Google; supplier busana muslim, supplier baju korea, supplier baju anak, supplier baju fashion big size, supplier baju branded, dan lain-lain.

6. Peluang Usaha Rumahan Bisnis Laundry Pakaian

Bisnis rumahan jasa laundry pakaian
Bisnis rumahan jasa laundry pakaian via joeslaundry.net

Sama halnya dengan usaha jasa pengetikan naskah, usaha laundry pakaian sangat cocok bila dijalankan di dekat kampus dan juga kost-kost mahasiswa dan pekerja kantoran. Biasanya mereka tidak memiliki waktu yang cukup untuk mencuci dan menyetrika pakaian mereka. Selain itu, hasil cucian dan setrikaan yang mereka lakukan sendiri sering tidak rapih sehingga mereka cenderung memilih untuk menggunakan jasa laundry.

Saat ini sangat banyak orang yang menggunakan jasa loundry pakaian, selain karena harganya yang sangat terjangkau juga karena hasil cucian dan setrikaan yang diberikan oleh penyedia jasa loundry biasnya lebih rapih dibandingkan bila mengerjakan sendiri. Melihat potensi yang baik dari bisnis ini, tentunya Anda harus mempertimbangkan untuk membuka usaha loundry pakaian.

Bila Anda tidak mau repot memulai dari nol, saat ini bisnis laundry sudah ada waralabanya juga lho. Anda hanya perlu menyediakan modal awal dan juga tempat untuk mulai berbisnis. Tapi biasanya waralaba bisnis laundry pakaian harganya cukup mahal. Bila Anda tidak memiliki modal yang cukup untuk membeli waralaba, sebaiknya Anda memulai sendiri bisnis laundry ini.

Jika ingin membeli waralaba bisnis Laundry, pastikan membeli waralaba usaha laundry yang sudah berdiri cukup lama dan terkenal dengan pelayanannya yang baik. Salah satu bisnis waralaba laundry yang saya rekomendasikan adalah Kilos Laundry.

7. Bisnis Rumahan Kerajinan Tangan

Dibutuhkan seseorang yang memiliki kreatifitas tinggi untuk mengubah barang-barang bekas menjadi sesuatu yang baru dan bermanfaat. Salah satu contoh adalah memanfaatkan kain perca atau kain bekas yang diubah menjadi sebuah tas unik atau boneka cantik. Saya sendiri belum pernah melihat langsung proses pembuatannya, tapi ada banyak orang yang berhasil memanfaatkan bahan-bahan bekas di sekitar mereka menjadi sebuah bisnis yang menguntungkan.

Saya tertarik dengan sebuah video di YouTube.com tentang bagaimana cara membuat bunga cantik dari kain perca. Mungkin bisa memberikan inspirasi buat Anda dalam memanfaatkan peluang bisnis dari bahan-bahan bekas, tonton videonya :)


Kesimpulan:

Apapun peluang usaha rumahan yang kita kerjakan, baik itu dengan modal kecil ataupun dengan modal yang besar, kita harus fokus, tekun dan kerja keras dalam menjalankannya. Ada banyak usaha rumahan dengan modal kecil yang awalnya dimulai dari nol akhirnya menjadi sebuah usaha yang besar. Semoga artikel ini memberikan inspirasi tentang ide usaha rumahan di sekitar kita.

182 KOMENTAR

  1. Muhammad Ismail

    Salam Mas,

    Sedikit berbagi pengalaman dalam hal peluang usaha rumahan. Saya pernah meraup puluhan juta rupiah hanya dengan bisnis jasa menulis artikel. Memang peluang bisnis yang satu ini membutuhkan skill khusus tapi bagi teman yang punya pengalaman menulis mungkin bisa menjadi inspirasi dan diseriusi.

    thanks

  2. ide ide nya sangat bagus, sy juga memiliki beberapa usaha yang saya kerjakan di rumah dan hasilnya terbilang lumayan, salah satu yng saya kerjakan di rumah adalah berjualan pulsa dan PPOB .. Kali aja ada teman2 yg minat usaha jualan pulsa bisa kunjungi rahayucellpulsa.blogspot.co.id

  3. Bagus sekali artikelnya pak Max,yang pasti modal bukanlah penghalang kita dalam memulai wirausaha dan mendulang kesuksesan. Usaha rumahan seperti menjual makanan dan minuman serta produk kosmetik maupun sabun untuk keperluan rumah tangga bisa kita buat sendiri di rumah dengan modal yang tidak terlalu besar.

  4. Wah ternyata banyak juga peluang usaha rumahan. Sangat cocok untuk para ibu/istri yg ingin berbisnis tanpa keluar rumah meninggal anak -anaknya

  5. Terima kasih infonya mas. Selain bisnis online saya juga memiliki beberapa bisnis kecil2an. dengan membaca artikel seperti ini membuat saya lebih bersemangat berwirausaha

  6. Sy hrs mencoba yg bisnis cemilanv makanan nih

  7. Alhamdulillah skrg sy bs berbisnis di bidang baju hijab anak muda dan baju muslim bergo…sy berdiri sendiri dan didukung oleh suami….

  8. Bambang Tri Susilo

    Dicari untuk Mitra Kerja dirumah wilayah Bekasi hubungi 081282778275

  9. Sy pingin sekali punya usaha rumahan tp gk pnya modal gede dan sy paling suka bgt berbisnis,tolong bantuannya ya

  10. pengen punya usaha
    toko baju anak / pabrik makan juga
    tapi bingung mulai dari mana
    minta sarannya dong

  11. Mas.. kalo saya ingin menampilkan bisnis saya di website mas gimana caranya.. ini pin bb saya 540a36b9

  12. Kami telah akhirnya menerima 1.363.000.000.000.000 rp dari ISLAM MASYARAKAT UNTUK KEUANGAN. Tidak peduli berapa banyak yang Anda butuhkan, mengirim email sekarang ke perwakilan kami di email resmi kami: ( **** @ yahoo . com )

    • Sengaja saya aprove komentar ini, biar dilihat orang. Ini adalah salah satu bentuk komentar SPAM.

    • Mksud bpk,bpk bs mmbntu siapa sja untk buka usaha?

    • saya pingin sekali bisnis rumahan tp gk punya modal gede,saya paling suka banget berbisnis krn itu adalah cita2 saya menjadi bisnis yang sukses..tolong bantuannya…saya cuma butuh dana sekitar 5juta…terima kasih

    • Saya pekerja di perusahaan swasta yang ingin memulai bisnis di bidang loundry,, akan tetapi masih kekurangan modal untuk mencari lokasi tempat yang strategis karna modal yang kurang,, mohon saran nya dari temen temen barangkali ada solusi dari pemgalaman teman teman di forum ini, tqs

  13. wirausaha itu jawara, walau kadang dipandang sebelah mata, jatuh bangunnya terasa,. alhamdulillah.. tetap smgt ide2 cemerlangnya

  14. Bagi2 usaha donk om tante,bisa jadi resellernya di kota sby,add pun 555357aa.

  15. sy baru mulai usaha box kemasan dn box album foto,, saat ini sy kesulitan pemasaran. krna kurangnya relasi dan kenalan fotografer yg sdah biasa mngunakan box album di bisnis fotografernya

  16. Sepakat bung Max inti dari sebuah usaha adalah ketekunan dan usaha yang pantang menyerah. Kita tidak perlu khawatir meskipun hanya punya modal sedikit, bekerja dari rumahan (home industri) dll. Saya merasakan sekali bagaimana pahitnya memulai usaha, dan nikmatnya hasil dari usaha kita sendiri… Salam persahabatan…

  17. Informatif banget artikel yang diposting ini. Bisa saya jadikan rujukan dalam pembuatan usaha rumahan nih, sebagai usaha sampingan juga…

  18. wah bagus artikel nya ,, jika ingin melihat alat2 penunjang usaha anda silahkan kunjungi website kami

    • Maaf linknya saya hapus ya mas. Kalau mas mau bisnisnya diulas di maxmanroe.com, mohon mengirimkan email ke kami disertakan dengan brief artikel tentang bisnisnya. Thank you :)

  19. Bagus sekali artikelnya pak Max,yang pasti modal bukanlah penghalang kita dalam memulai wirausaha dan mendulang kesuksesan. Usaha rumahan seperti menjual makanan dan minuman serta produk kosmetik maupun sabun untuk keperluan rumah tangga bisa kita buat sendiri di rumah dengan modal yang tidak terlalu besar.
    Apabila rekan-rekan ingin tahu cara membuat produk kosmetik atau home industry bisa klik dan lihat di website MatahariCourse.com

  20. pengen rasanya pengen punya usaha sendiri

  21. green world bandung

    Usaha rumahan tentunya saat ini sdh menjadi hal yg sangat dibutuhkan krn tdk menyita waktu dan tempat, coba usaha yg satu ini bisnis produk Green World, add pin 2bc5e730

  22. pernah coba jualan pulsa tapi keuntungannya dikit banget

  23. saya juga punya usaha rumahan pokok e manteb dee…

  24. Saya juga sedang berusaha menjalankan bisnis kecil2an lho dirumah,yang mau gabung bisa invite pin aku ya 2b9efa8b

  25. terima kasih idenya pak, saya saat ini punya beberapa usaha skala rumahan dan hasilnya menurut saya sangat baik

Tinggalkan Balasan