Beranda Bisnis 15+ Peluang Usaha Rumahan dengan Modal Kecil Untung Besar dan Halal

15+ Peluang Usaha Rumahan dengan Modal Kecil Untung Besar dan Halal

Usaha Rumahan
Ilustrasi menjalankan usaha rumahan

Apakah Anda sedang mencari peluang usaha rumahan yang menjanjikan? Jika ya, maka Anda perlu membaca artikel ini sampai selesai agar memiliki gambaran tentang bisnis yang sesuai dengan Anda.

Ketika kita ingin membangun sebuah bisnis rumahan, biasanya modal adalah salah satu faktor yang sangat penting, baik itu modal materiil maupun modal non materiil. Kebanyakan orang beranggapan bahwa kita membutuhkan modal yang besar agar usaha tersebut bisa berjalan dengan baik. Namun anggapan itu sebenarnya tidak sepenuhnya benar.

Memang untuk beberapa model usaha rumahan, kita membutuhkan modal materiil yang cukup besar agar bisa berjalan dengan baik, namun ada cukup banyak model usaha yang dapat dijalankan dengan modal kecil. Justru biasanya modal yang paling penting itu adalah modal non materiil, seperti; pengetahuan tentang suatu model bisnis, perencanaan bisnis yang matang, keinginan dan keyakinan yang kuat, serta sikap pantang menyerah.

Modal uang yang besar bukanlah sebuah jaminan usaha rumahan yang dijalankan akan berhasil. Akan tetapi dengan keseriusan, ketekunan, kerja keras lah yang menjadi modal utama dalam menjalankan sebuah usaha rumahan yang sukses. Jika kita sudah memiliki modal utama tersebut maka kita bisa memanfaatkan apapun peluang usaha rumahan dengan modal kecil yang ada di sekitar kita.

Berikut ini adalah beberapa ide usaha rumahan dengan modal kecil yang bisa kita pertimbangkan:

Artikel terkait: Peluang Bisnis Modal Kecil

1. Peluang Usaha Rumahan Berjualan Pulsa Elektrik

Usaha rumahan berjualan pulsa
Usaha rumahan berjualan pulsa via atelier.net

Berkomunikasi dengan HandPhone sudah menjadi kebutuhan primer masyarakat saat ini, tidak perduli profesinya apa. Tentunya para pengguna telepon genggam ini akan membutuhkan pulsa agar dapat menggunakan gadget mereka tersebut. Nah, inilah peluang usaha rumahan yang bisa kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya karena memiliki potensi keuntungan yang lumayan besar.

Dalam menjalankan bisnis berjualan pulsa elektrik, kita tidak membutuhkan modal yang besar. Yang perlu dipersiapkan untuk menjalankan usaha ini adalah sebuah perangkat handphone untuk melakukan pengiriman pulsa elektrik.

Selain itu, agar bisa menjalankan bisnis jualan pulsa elektrik ini, Anda harus mendaftarkan diri ke distributor pulsa sebagai agen penjual pulsa elektrik. Beberapa distributor pulsa elektrik yang saya rekomendasikan diantaranya Pulsa-Online.com, Centerpulsa.com, Venuspulsa.com, Istanareload.com. Biasanya masing-masing distributor tersebut akan menjelaskan cara kerjanya.

Namun bila Anda ingin menjalankan usaha tersebut dengan membuka konter karena ingin berjualan hp juga, maka modal yang dibutuhkan tentunya akan lebih besar. Selain biaya menyewa tempat, Anda juga harus mempertimbangkan biaya-biaya lain dalam menjalankan bisnis, misalnya biaya listrik, membuat etalase, dan lainnya.

Bila modal Anda terbatas, saya menyarankan untuk menjalankan bisnis menjual pulsa elektrik saja karena modalnya jauh lebih kecil. Modal kecil bukan berarti untungnya kecil lho. Ada banyak penjual pulsa elektrik yang memiliki penghasilan puluhan juta rupiah hingga ratusan juta rupiah.

2. Peluang Usaha Rumahan Berjualan Makanan/ Camilan

Usaha rumahan berjualan makanan
Usaha rumahan berjualan makanan via Bisnisukm.com

Membuka usaha makanan/ camilan merupakan bisnis yang sangat potensial karena makanan merupakan kebutuhan pokok manusia dan selalu dibutuhkan.

Namun, kita juga perlu mempelajari usaha makanan/ camilan apa yang cocok dikerjakan di rumah dengan modal yang kecil. Inilah beberapa usaha makanan yang cocok dijalankan di rumah:

2.a. Bisnis rumahan berjualan aneka kue

Rata-rata masyarakat Indonesia menyukai kue-kue camilan seperti; brownies kukus, kue bolu, kue lapis, lumpia, donat, risoles, dan kue-kue lainnya. Jika rumah Anda berada di tempat yang cukup strategis, Anda bisa berjualan camilan ini di depan rumah dengan memasang display camilan Anda.

Jangan lupa untuk mempromosikan usaha kue Anda ke teman-teman, tetangga, dan keluarga. Dan manfaatkan momen-momen penting untuk meningkatkan penjualan usaha kue Anda, misalnya acara ulang tahun, lebaran, hari natal.

2.b. Bisnis rumahan berjualan gorengan

Hampir semua orang pasti menyukai gorengan. Hampir semua kalangan di masyarakat kita suka makan gorengan, seperti; pisang goreng, tahu goreng, tempe goreng, mendoan, bakwan, dan lain-lain.

Jika Anda mampu membuat fariasi gorengan yang unik dari gorengan biasa, kemungkinan besar untuk sukses dalam usaha gorengan ini akan semakin besar.

2.c. Bisnis rumahan buka warung makan

Kemampuan Anda dalam memasak makanan enak dapat dimanfaatkan jadi peluang usaha rumahan, tentu saja modal yang diperlukan juga kecil. Anda bisa mendesain ruangan di rumah Anda menjadi tempat usaha warung makanan.

Biasanya orang yang makan di warung makan lebih menyukai masakan-masakan rumahan, dan bila Anda memiliki resep keluarga yang unik dan enak tentu saja ini sebuah nilai tambah yang membuat warung makan Anda unik.

Artikel rekomendasi:

3. Usaha Rumahan Membuka Jasa Pengetikan Naskah

Bisnis rumahan jasa pengetikan
Bisnis rumahan jasa pengetikan naskah via Google.com

Biasanya bisnis ini akan berjalan baik bila berada di dekat kampus. Ada cukup banyak orang yang tidak memiliki waktu untuk mengetik dan mem-print naskah yang sudah mereka buat, mereka inilah calon pelanggan potensial Anda.

Yang perlu dipersiapkan dalam memulai usaha ini adalah perangkat komputer, printer, dan juga scanner. Tentunya Anda juga harus memiliki tempat, kemampuan mengetik cepat, dan waktu yang cukup banyak untuk menjalankan bisnis ini.

Model bisnis ini sebenarnya cukup menguntungkan karena bisa mendapatkan pelanggan secara offline ataupun online. Anda bisa mendapatkan order dari pelanggan di dunia nyata, misalnya dari pelanggan yang datang ke tempat usaha jasa pengetikan milik Anda, dan juga bisa mendapatkan order dari pengguna internet yang membutuhkan jasa Anda.

Oleh karena itu, jika Anda saat ini menjalankan bisnis ini, maka sangat disarankan untuk memiliki website/ blog juga. Hal ini untuk meningkatkan peluang untuk mendapatkan orderan dari pengguna internet yang membutuhkan jasa pengetikan naskah.

4. Menjalankan Bisnis Online dari Rumah

Usaha rumahan jualan online
Usaha rumahan jualan online via Pinterest.com

Bisnis online adalah salah satu bisnis yang sangat booming saat ini. Selain cenderung lebih mudah, lebih banyak jenisnya, biaya menjalankan bisnis online juga cenderung lebih murah dibandingkan dengan bisnis konvensional.

Beberapa jenis bisnis online yang saat ini sedang banyak dijalankan oleh masyarakat Indonesia adalah bisnis dropshipping, bisnis MLM online, menjadi blogger dan publisher, membuat toko online, menjual jasa, bisnis afiliasi, dan masih banyak lagi.

Banyaknya pilihan dalam bisnis online memang tidak otomatis membuat kita lebih mudah untuk menjalankannya karena tidak semua jenis bisnis online bisa cocok dengan masing-masing orang. Sebagian orang mungkin lebih cocok menjalankan bisnis dropshipping, tapi sebagian lainnya lebih nyaman menjalankan bisnis MLM online. Ini tergantung minat dan kemampuan masing-masing orang.

Untuk bisa menjalankan bisnis online, seseorang harus belajar dan praktek dengan serius. Memang bisnis online ini bukanlah bisnis cepat kaya karena memang membutuhkan proses untuk bisa menghasilkan uang secara konsisten dari internet. Namun, bisnis online cenderung lebih cepat menghasilkan ketimbang bisnis konvensional.

Artikel terkait: 10+ Peluang Bisnis Online yang Menjanjikan

5. Usaha Fashion dari Rumah

Bisnis rumahan di bidang fashion
Bisnis rumahan di bidang fashion via startupfashion.com

Bisnis fashion bisa dibilang sebagai bisnis yang sangat potensial setelah bisnis makanan. Bagaimana tidak, perkembangan dunia fashion saat ini mengalami perkembangan yang sangat pesat saat ini, dan mungkin akan terus terjadi di masa-masa yang akan datang.

Beragam jenis fashion punya pangsa pasar masing-masing. Mulai dari fashion anak, fashion untuk orang dewasa, busana muslim, dan lain-lain.

Bagi Anda yang bermodal minim, bisnis fashion sebenarnya bisa dijalankan walaupun modal yang kita miliki sangat terbatas. Ada beberapa suplier pakaian yang menawarkan kerjasama untuk memasarkan produk-produk mereka.

Salah satu suplier pakaian yang menawarkan kerjasama dengan modal kecil adalah DeltaGrosir.com. Dengan modal awal sebesar Rp 3,5 juta, kita bisa langsung mulai berbisnis pakaian dengan potensi keuntungan bisa mencapai Rp 2 juta per bulan.

Selain DeltaGrosir, sebenarnya masih ada banyak sekali supplier pakaian jadi yang bisa Anda temukan via internet. Yang perlu Anda lakukan pertamakali adalah menentukan jenis pakaian apa yang ingin Anda jual.

Anda bisa menemukan supplier untuk bisnis fashion yang ingin Anda jalankan dengan mengetikan kata kunci tertentu di Google. Bila Anda ingin berjualan fashion korea, fashion untuk anak, big size fashion, baju anak, dan jenis fashion lainnya, gunakan kata kunci yang tepat. Berikut ini contoh kata kunci untuk menemukan supplier produk fashion di Google; supplier busana muslim, supplier baju korea, supplier baju anak, supplier baju fashion big size, supplier baju branded, dan lain-lain.

6. Peluang Usaha Rumahan Bisnis Laundry Pakaian

Bisnis rumahan jasa laundry pakaian
Bisnis rumahan jasa laundry pakaian via joeslaundry.net

Sama halnya dengan usaha jasa pengetikan naskah, usaha laundry pakaian sangat cocok bila dijalankan di dekat kampus dan juga kost-kost mahasiswa dan pekerja kantoran. Biasanya mereka tidak memiliki waktu yang cukup untuk mencuci dan menyetrika pakaian mereka. Selain itu, hasil cucian dan setrikaan yang mereka lakukan sendiri sering tidak rapih sehingga mereka cenderung memilih untuk menggunakan jasa laundry.

Saat ini sangat banyak orang yang menggunakan jasa loundry pakaian, selain karena harganya yang sangat terjangkau juga karena hasil cucian dan setrikaan yang diberikan oleh penyedia jasa loundry biasnya lebih rapih dibandingkan bila mengerjakan sendiri. Melihat potensi yang baik dari bisnis ini, tentunya Anda harus mempertimbangkan untuk membuka usaha loundry pakaian.

Bila Anda tidak mau repot memulai dari nol, saat ini bisnis laundry sudah ada waralabanya juga lho. Anda hanya perlu menyediakan modal awal dan juga tempat untuk mulai berbisnis. Tapi biasanya waralaba bisnis laundry pakaian harganya cukup mahal. Bila Anda tidak memiliki modal yang cukup untuk membeli waralaba, sebaiknya Anda memulai sendiri bisnis laundry ini.

Jika ingin membeli waralaba bisnis Laundry, pastikan membeli waralaba usaha laundry yang sudah berdiri cukup lama dan terkenal dengan pelayanannya yang baik. Salah satu bisnis waralaba laundry yang saya rekomendasikan adalah Kilos Laundry.

7. Bisnis Rumahan Kerajinan Tangan

Dibutuhkan seseorang yang memiliki kreatifitas tinggi untuk mengubah barang-barang bekas menjadi sesuatu yang baru dan bermanfaat. Salah satu contoh adalah memanfaatkan kain perca atau kain bekas yang diubah menjadi sebuah tas unik atau boneka cantik. Saya sendiri belum pernah melihat langsung proses pembuatannya, tapi ada banyak orang yang berhasil memanfaatkan bahan-bahan bekas di sekitar mereka menjadi sebuah bisnis yang menguntungkan.

Saya tertarik dengan sebuah video di YouTube.com tentang bagaimana cara membuat bunga cantik dari kain perca. Mungkin bisa memberikan inspirasi buat Anda dalam memanfaatkan peluang bisnis dari bahan-bahan bekas, tonton videonya :)


Kesimpulan:

Apapun peluang usaha rumahan yang kita kerjakan, baik itu dengan modal kecil ataupun dengan modal yang besar, kita harus fokus, tekun dan kerja keras dalam menjalankannya. Ada banyak usaha rumahan dengan modal kecil yang awalnya dimulai dari nol akhirnya menjadi sebuah usaha yang besar. Semoga artikel ini memberikan inspirasi tentang ide usaha rumahan di sekitar kita.

182 KOMENTAR

  1. saya mau berbisnis ni jualan somai,tpi bingung cari lapaknya di mana…ada saran gak?

  2. Sya mmpunya ide untk membuat mkanan yg unik dngan beraneka rsa ttpi sya bngung bagai mna cra memasrkn atau mnjual nya dngan ke untungn lumyan..
    Dlu sya jga pernah membka usaha pakaian dn kosmetik tp tdak memuaskn pngahasiln nya mlah mdal pn ikut hbis..dn sbenar nya msh bnyak ide lain untk membka usaha lain tp sya tertrik pda ide ini bgai mna cra agar usaha sya lamcar dn sukses??????

  3. Sya pnya ide untuk membuat mkanan yg unik dn beraneka rasa tp sya bingung karna sya blm pernah berbisnis dn belm tau cara memasarkn atau menjualkn dengan ke untungan yg lebih,bagai mna cra mnjual nya???????

  4. thank’s infonya sangat bermanfaat

    saya juga lagi berproses dalam bisnis online

    Salam sukses

  5. pemutih tapioka

    Good info gan,
    Sesuai dengan no 4,
    Kuliah sambil merintis usaha jualan online, modal laptop & modem aja gan
    Keep sharing.

  6. Yah lagi nyari info jualan pulsa malah nyasar kemari mas :)
    mau tanya tau ga cara bikin web buat jualan pulsa online tapi bisa transaksi langsung, setelah sy perhatiin makin banyak aja web yg kaya begini & mereka pakai WP juga, entah pakai plugin apa karena themenya si beda2

    intinya ada form beli /order sendiri

  7. mantap mas max…untuk kata kunci bisnis rumahan modal kecil nongol di no 1…apa rahasianya?….sukses deh

    • Ga ada rahasia… saya aja ga tahu kenapa bisa no. 1, coba tanya Google gan :)

  8. Saya sdh menekuni jual pulsa hampir setahun berjalan sebelumnya saya dan anak istri makan tiwul alhamdullilah skr kita udah makan nasi. semangat terus..

  9. faula rachmania

    hi mas, kalau saya sendiri baru mulai bisnis online. Oriflame bersama d’BC Network.akhirnya jadi pilihan saya. modal cuma 49900. karena banyak bonus, cash award program, car program dan bisa jalan2 gratis ke luar negri pada saat mencapai level tertentu.. akhirnya saya tertarik. doain saya sukses yaa Maxamanroe.. thx buat artikelnya yg dahsyat :))

  10. lagi merintis ni mas,,mudah-mudahan bisa bekerja di rumah lebih cepat dan pensiun dini,

    Salam sukses,,

  11. sejujurnya, meskipun modal kecil dapat menjadi usaha skala besar jika dikelola dengan baik. Bagaimana mambaca kemauan pasar, menganalisis kebutuhan masyarakat akan probudk atau jasa kemudian memberi faktor x kepada mereka yang membutuhkan barang kita.

    nice artikel, selalu jadi rujukan utama saya. salam hangat, semoga terus maju

  12. Andorama Property

    Sudah pernah dapat penghasilan dari kegiatan menabung? Kalau belum segera kunjungi bisnistabunganinvestasi.blogspot.com

  13. mantap infonya kang trims ya selain usaha pulsa ane juga pengen usaha yang lain

  14. jual pulsa hp dan token listrik elektrik dengan harga murah dan modal awal hanya 50 ribu bisa dipakai untuk pribadi, keluarga ataupun dijual lagi. bagi yang berminat harap sms atau telp ke 085860603067

  15. Informasi yang luar biasa. Sebenarnya banyak sekali peluang bisnis yang dapat di eksekusi meskipun kita menghabiskan lebih banyak waktu di rumah. Hanya saja dibutuhkan keseriusan dan komitmen tinggi dalam menjalankannya.
    Terimakasih bung Max!

  16. Sangat inspiratif, dimana ada kemauan pasti ada jalan,asal jangan minder dan gengsi. Sekarang bukan jaman’y gengsi, menurut saya daripada mengharap cari kerja mendingan bikin kerja’an yg kreatif dan inovatif

  17. Saya firman dr kalimantan
    Saya punya kampuan tuk bikin ide cerita anak2 sampai dewasa.bahlan cerita lucu sampai horor.cerita percinta an dan pengalaman hidup seseorang semua itu saya buat secara sepontam di saat saya lg tenang dan tergantung ke ada an.yg saya bingung ap bisa semua cerita ini d jual.dan cerita yg berkualitas tu seperti ap.makasih mas 085249557666

  18. Sangat inspiratif dan bermanfaat,,semoga sukses

  19. salam kenal mba atau mas….mau nanya cara pasang iklan disni gimna ya??

    makasih

  20. Salam kenal…
    Sy pingin punya usaha sampingan yg menjanjikan tp blm tahu darimana mulainya. Tolong dong share ilmunya…jg tentang pembuatan artikel. Kebetulan punya hoby nulis2…tx

  21. Salam Hormat, Saya sudah lama membangun pendidikan di kampung sekali, tepatnya Kmp. Kamalsari RT. 15 RW. 03 Desa Kertajaya Kec. Tambakdahan, Kab. Subang Prop. Jawa Barat. Namun selama ini saya masih terus mensubsidi keuangan untuk opersional sekolah baik untuk membangun sarana pendidikan, pemeliharaan, istrik maupun honor sukarelawan guru-guru pengajar.
    Untuk memenuhi kebutuhan itu saya mencoba membuat usaha kecil-kecilan berupa Isi Ulang Galon dengan teknik filterisasi Reserve Osmosis (RO), sedikit agak terbantu. nah saya pengen membuat Website Yayasan, dan membuka usaha apalagi yang tidak terlalu menyita waktu, karena saya sejak pagi hari pukul 07.00 Mempersiapkan dan Mengawasi Pendidikan PAUD/TK, sampai pukul 11.00 WIB, Pukul 13.30 sudah mempersiapkan lagi Madrasah Diniyyah klas sore, sampai pukul 17.15. dan setelah maghrib mengajar ngaji anak-anak kampung sampai pukul 21.00 WIB. nah waktuku habis untuk mengabdi di masyarakat, sementara semua ppendidikan yang kami kelola belum menghasilkan uang, maklum di kampung. melalui tulisan ini saya mohon saran dan pendapatnya. bagaiamana saya mendapat tambanhan penghasilan agar upaya pendidikan yang kami kelola ini tidak bangkrut.

    Terima kasih.

    • Halo mas Aris, maaf baru balas, komentar yang masuk banyak sekali.

      Pertanyaan saya, apakah mas Aris sudah membuat sebuah website atau blog untuk bisnis mas tersebut? Kalau memang sudah ada, saya mau lihat dong. Desain website sangat berpengaruh pada penjualan, karena visitor lebih suka belanja dari website yang menarik dan memajang produk dengan baik.

      Selain itu, promosi yang kita lakukan juga harus tepat sasaran. Siapa target market untuk produk yang kita jual, media apa yang paling baik untuk memasarkannya. Saya mau bantu mas, silahkan kirim email ke saya, lihat email saya di halaman kontak. Thanks

  22. Mas, aku ada usaha jualan batik. Sdh 3 thn berjalan. Tp kok kayaknya masih jalan ditempat. Gak bisa maju. Udah nyoba iklankan di internet dan bikin website ( tp yg gratisan ) tp kok gak ada yang respon. Trus baru2 ini nyoba iklankan di web jualan yang kondang, juga blm ada respon. Tolong saya mas, biar usaha saya bisa berkembang.
    Makasih mas.

  23. mas.. saya sdh punya usaha rumahan. saya buka loket pembayaran online. dan say deversifikasi dengan jualan pulsa+ kedai jajanan anak2+ kebutuhan sehari2.. yg saya mau pertanyakan gimana cara meningkatkan / mengembangkan usaha saya ini karna kalo mengandalkan diperumahan ya hasilnya segitu2 jg. bahkan persaingan mulai bermunculan mengikuti usaha saya . . .pusiiiing . . .saya kreatif orang meniru . . .ato saya perlu Branded .? mohon pencerahan cara membuat Branded terima kasih sharingnya . . .

    • Ya harus branding dari awal memulai bisnis mas. Biarpun banyak yang niru, tetap saja orang akan lebih ingat brand yang pertama terkenal. Branding bisa dengan berbagai cara, misalnya melalui iklan, program promosi, internet marketing, dan lain-lain.

  24. Aq mau coba usaha tp bingung mau usaha ЎªãªΩƍ bagaimana…..adaa ЎªãªΩƍ mau join Ԍªƙ

Tinggalkan Balasan