6 Prinsip Memulai Usaha Budidaya Ternak Ular Kobra, Wajib Diketahui

6 Prinsip Memulai Usaha Budidaya Ternak Ular Kobra, Wajib Diketahui

Usaha Budidaya Ternak Ular Kobra
Ternak Ular Kobra via Tribunnews.com

Usaha budidaya ternak ular kobra – Ular cobra, ya, ular yang terkenal ganas dan dapat melebarkan kepalanya ini memang banyak ditakuti oleh orang. Tak pernah terpikir mungkin untuk memelihara ular, apalagi yang namanya ular cobra. Namun siapa sangka, berternak ular menjadi salah satu usaha yang menjanjikan, khususnya ular kobra.

Pecinta hewan melata ini mungkin sudah paham betul tentang keuntungan memelihara ular kobra. Di luar negeri, dagingnya dipercaya mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit dan digunakan sebagai penambah stamina.

Tidak heran kalau bisnis ini ditekuni secara serius, karena usaha budidaya ternak ular kobra mampu mendatangkan keuntungan  hingga ratusan juta rupiah.

Cara Memulai Usaha Budidaya Ternak Ular Kobra

1. Kandang yang Baik akan Menghasilkan Kobra yang Sehat

Dalam memelihara hewan yang satu ini, kandang menjadi salah satu hal yang wajib diperhatikan. Bayangkan saja jika kandang yang kita berikan kurang bagus dan ular keluar hingga berkeliaran maka akan membahayakan diri Anda dan orang sekitar.

Dalam membuat kandang kobra sendiri, selain harus kuat, kandang harus dikondisikan agar nyaman bagi si ular. Misalnya membuat lingkungan ular hidup terasa lembab dan sering-sering basuh badan ular dengan air saat udara terik, sebab mereka sangat menyukai area dengan kondisi kelembaban yang tinggi.

2. Kesehatan Ular Kobra Menjadi Prioritas

Tak hanya si pemilik ternak, ular juga harus dijaga kesehatanya. Ular yang sehat memiliki kulit dan sisik yang mulus mengkilap.

Sering-sering cek tanda-tanda ular yang sehat dan tidak sehat agar segera dapat mengambil tindakan ketika ular sedang sakit. Ular yang sehat juga akan mempengaruhi penjualan dan pendapatan. Salah satu cara untuk meperhatikan kesehatan ular ialah dengan rajin-rajin membersihkan kandangnya.

Selain bersih, ular juga akan merasa nyaman dan jauh dari stess.

Artikel lain: 6 Usaha Kecil Menengah yang Menguntungkan di Indonesia

3. Makanan Ular Harus Diperhatikan Porsi dan Gizinya

Belikan tikus yang sehat dan pastikanbebas bahan kimia. Ingat, hindari makanan yang berupa jangkrik hidup sebab ini sangat membahayakan ular Anda.

Disamping itu, jangan terlalu sering memberi makan. Beri ia makan saat perutnya sudah tidak buncit lagi. Umumnya, ular daya cernanya sekitar tiga hari.

Saat ular masih kecil, mereka umumnya hanya butuh seminggu sekali. Tapi untuk ular besar bisa sekitar 3-6 hari sekali karena lebih mudah lapar.

4. Kehidupan Semua Makluk Hidup, Ular Kobra pun Demikian

Baik ular kobra maupun ular yang lain, air sangat dibutuhkan. Tidak hanya untuk sekedar minum namun, seperti yang kita tahu bahwa ular sering kali merendamkan tubuhnya di air.

Ular merendamkan tubuhnya dalam air untuk menjaga kelembaban kulitnya. Maka dari itu, design lah kandang ular kobra dengan tempat air yang cukup. Selain nyaman, ular tetap bisa menjaga kelembaban kulitnya sendiri.

5. Perhatikan Proses Pembiakan Ular Kobra

Tanpa proses pembiakan yang baik peternak ular kobra tidak akan mendapat apa-apa. Dalam memperhatikan pembiakan ular, hal yang penting untuk diketahui ialah jenis kelamin ular. Nah, maka dari itu dalam melakukan usaha budidaya ternak ular kobra,  mengetahui jenis kelamin ular sendiri menjadi hal yang wajib diketahui.

Mengetahui jenis kelamin ular bisa dilakukan dengan cara memeriksa tonjolan pada bagian kloaka ular. jika terdapat tonjolan yang besar maka dapat dipastikan jika ular tersebut merupakan ular jantan. Karena pada ular betina tonjolan relative lebih kecil.

6. Ketahuilah Proses Penetasan Ular Kobra

Sebagai peternak, mengetahui proses penetasan ular memang cukup penting. Ular kobra sendiri sebenarnya sudah bisa megerami telurnya sendiri. Namun, dalam proses usaha budidaya ternak ular kobra, untuk mempercepat proses penetasan dibutuhkan mesin penetas telur.

Inkubator dengan suhu mencapai 2527 C dengan kelembaban 7585% merupakan tempat yang baik untuk proses penetasan ular kobra. Dalam hal ini, gunakan thermometer untuk mengukur suhu incubator.

Demikian, hal-hal dasar yang harus diketahui pemilik usaha budidaya ternak ular kobra dalam memulai usahanya. Memang terlihat sepele namun sangat penting untuk memperhatikan hal-hal dasar agar ular sehat dan tidak stress.

Jangan tergoda dengan banyaknya keuntungan yang akan didapat. Perhatikan dengan matang sebelum memulai usaha ini. Karena ular kobra bukanlah hewan yang mudah dijinakan, maka dibutuhkan ahli dan harus berhati-hati dalam proses perawatanya.

Jangan sampai usaha Anda malah akan membuat Anda celaka. Maka dari itu, persiapkan dengan matang dan carilah referensi sebanyak-banyaknya jika Anda akan memulai bisnis memelihara ular.

Artikel dikirim oleh Tri Widiyawati

2 KOMENTAR

  1. Dedy Akas Website

    Wow… bikin merinding nih usaha…
    Baru tahu kalau ternyata ada budidaya ular kobra…
    Hati-hati loh Mas… hehe :D

    • Wah mas Dedy kemana aja hahaha. Ular kobra kan dipercaya bagus untuk kesehatan. Dagingnya aja di makan, darahnya juga diminum, dan ada yang makan empedu ular kobra yang katanya bagus untuk vitalitas pria hehehe. Semua ular Kobra yang dikonsumsi itu berasal dari para peternak ular kobra.

Tinggalkan Balasan