Update! Google Docs Kini Telah Dilengkapi 6 Fitur Baru yang Menarik

Image dari Loyolahs.edu

Image dari Loyolahs.edu

Sebagai #aplikasi online untuk mengerjakan berbagai pekerjaan, Google Docs saat ini memang sudah mendapat respon yang baik sehingga memiliki banyak pengguna. Aplikasi yang mudah dan nyaman digunakan dengan konsep online kreasi Google ini sekarang semakin canggih dengan meluncurkan beberapa fitur.

Fitur ini bisa dibilang sangat menarik karena kemampuannya yang jarang dimiliki aplikasi serupa. Semua fitur tersebut telah tersedia dan bisa langsung digunakan siapapun tanpa terlalu bersusah payah. Lalu apa saja fitur terbaru dari Google Docs yang keren dan menarik ini? Berikut ulasannya.

1. Mengubah Suara Jadi Tulisan

Fitur terbaru pertama dari Google Docs yang keren dan menarik adalah fitur mengubah suara jadi tulisan. Fitur ini sudah dapat digunakan dengan lancar meskipun ada beberapa hal yang masih belum sempurna seperti perintah perintah untuk memberikan tanda titik atau koma yang masih tidak bisa dijalankan dengan baik oleh aplikasi.



Menariknya lagi, fitur yang bisa dikatakan paling keren dari Google Docs ini ternyata juga sudah bisa mengubah dan mengkonversi suara bahasa Indonesia menjadi tulisan. Untuk bisa menggunakan fitur keren ini Anda hanya cukup membuka Google Docs dari web atau aplikasi Android.

Artikel lain: Bekerja Menggunakan Google Docs Secara Offline

Setelah aplikasi terbuka, bila Anda menggunakan web, carilah opsi voice typing pada bilah Tools. Dan Jika Anda menggunakan aplikasi #Android, cukup tahan tombol spasi hingga muncul pilihan mode mengetik. Setekah itu pilih voice typing dan mulainya mendiktekan ketikan Anda.

2. Riset Online

Sebagai keluaran atau produk dari #Google yang merupakan sebuah search engine, Google Docs tentu saja kurang lengkap jika tidak memiliki sebuah fitur pencarian yang canggih. Ya saat ini Google Docs sudah bisa Anda gunakan untuk googling atau mencari referensi yang dibutuhkan.

Fitur yang bernama riset online ini memang akan berguna saat Anda mengetik dan ingin mencari referensi atau Googling kata-kata tertentu. Untuk menggunakan fitur ini Anda cukup meng-highlight kata-kata yang dibutuhkan, kemudian klik kanan dan pilih research atau gunakan ctrl + alt + shift + I. Nantinya pada sisi kanan layar akan muncul hasil pencarian Google menggunakan kata-kata yang Anda pilih.

Jika Anda menggunakan aplikasi Androidnya, Anda cukup meng-highlight kata-kata yang dibutuhkan dan tekan tombol menu yang berbentuk tiga titik di sudut kanan atas. Dari sana nantinya akan muncul pilihan Research. Hasil pencarian yang ada baik berupa link atau gambar akan bisa disematkan langsung ke dalam tulisan Anda. Maka dengan fitur ini Anda akan bisa menghemat waktu karena tidak perlu copy-paste ke Google Search untuk melakukan pencarian.

3. Templates

Untuk mengetik dengan lebih cepat, Google Docs saat ini telah memiliki beragam pilihan template. Beberapa template yang ada ini bisa berupa penggunaan pembuatan resume, catatan budget, slide presentasi atau proposal proyek. Tapi untuk bisa menggunakan fitur ini Anda harus mengaksesnya melalui aplikasi web. Caranya cukup mengunjungi alamat web masing-masing aplikasi tersebut, maka pada bagian atas halaman pertama akan ditampilkan template penulisan yang dibutuhkan.

4. Melihat Riwayat Revisi

Dengan memilih menu File dan mencari Revision History, Anda akan mampu melihat dan melacak revisi apa saja yang sudah dilakukan dan siapa orang yang mengerjakannya. Dari sana  Anda akan diperlihatkan berbagai perubahan sekaligus akun yang melakukan perubahan pada dokumen tersebut.

Google Docs yang bisa dikerjakan bersama ini memang membutuhkan file riwayat terdahulu yang bisa dilihat oleh pengguna yang lain. Maka dengan fitur terbaru ini maka siapapun yang terlibat dalam pengerjaan dokumen akan mampu melihat revisi yang ada.

5. Rekomendasi dan Tips

Ada yang baru saat ini jika Anda membuka sebuah spreadsheet menggunakan Google Sheets. Coba perhatikan bagian sudut kanan bawah yang memuat tombol Explore. Coba klik tombol tersebut maka akan muncul berbagai saran dan tips terkait data yang sudah dimasukkan dalam spreadsheet.

Selain saran dan tips, Explore juga menampilkan data milik pengguna dalam bentuk charts. Menariknya, charts tersebut akan otomatis menyesuaikan diri dengan data baru yang dimasukkan dalam spreadsheet.

Baca juga: Cara Membuat Formulir Online Menggunakan Google Form

6. Google Forms

Terakhir, fitur dari Google Docs yang menarik adalah Google Forms. Meski terbilang tidak terlalu baru, Google Forms akan memudahkan Anda dalam hal membuat formulir. Untuk menggunakannya Anda cukup masuk ke aplikasi web tersebut dan menekan tombol “plus”.

Dari sini Anda akan bisa memulai sebuah formulir online. Fitur ini juga berguna ketika Anda ingin melakukan survei atau mengumpulkan data dari sekelompok orang. Dan akhirnya Google Forms semakin menarik karena dalam fitur ini juga dilengkapi dengan berbagai hal seperti pilihan warna, upload foto atau GIF ke dalam formulir tersebut.





Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud