Ukur Kesuksesan Blog Anda Dengan 8 Parameter Ini!

Ukur Kesuksesan Blog Anda Dengan 8 Parameter Ini!

kesuksesan blog

Banyak orang yang mengira bahwa kesuksesan seorang #blogger ditandai dengan besarnya jumlah penghasilan yang bisa didapat. Pernyataan ini memang tidak salah, namun tidak juga sepenuhnya benar.

Saya sendiri orang dan blogger yang kurang setuju dengan hal ini. Blog dan blogger sebagai satu kesatuan tentu saja memiliki dimensi dan wilayah yang luas. Penghasilan hanyalah salah satu bagian dari beberapa komponen blog dan blogger yang dikatakan sukses. Setidaknya ada 8 poin yang juga bisa dijadikan parameter blog dan bloger dikatakan berhasil dan sukses. Apa saja itu? Berikut ulasannya.

1. Traffic Yang Tinggi

Parameter pertama kesuksesan seorang blogger bisa dilihat dari traffic blog yang tinggi. Hal ini dikatakan sebagai indikator sukses karena tidak semua blog bisa menghasilkan traffic tinggi pada blognya. Jadi jika blog Anda memiliki pengunjung yang banyak setiap harinya, maka berbanggalah bahwa Anda sudah terkategori sebagai blogger yang sukses.

Tingginya trafic blog sendiri bisa dilihat dari pengunjung blog yang berasal dari 1 alamat IP tertentu yang disebut Unique Visitor dan jumlah total halaman yang dilihat oleh pengunjung blog yang disebut dengan page view.

Artikel lain: 5 Sebab Yang Membuat Traffic Blog Turun Drastis dan Cara Mengatasinya

2. Besarnya Pelanggan RSS

Indikator kedua sebuah blog dikatakan sukses adalah banyaknya jumlah RSS subscriber atau pelanggan RSS. Sama seperti traffic blog, untuk mendapatkan jumlah pelanggan RSS yang besar itu tidak mudah. Maka dari itu blog dengan jumlah RSS subscribers yang tinggi bisa digolongkan sebagai salah satu kategori blog dan blogger yang sukses.

Apalagi saat ini banyak blog Indonesia yang memasang chicklet feed counter dari FeedBurner. Hal ini memberi arti bahwa blogger Indonesia telah banyak memahami pentingnya fungsi RSS.

3. Tingginya Komentar yang Berkualitas

Apa jadinya jika sebuah konten blog tanpa ada komentar. Tentu blog akan terasa hambar. Setinggi apapun traffic yang datang, namun jika tidak ada satu pun komentar yang muncul maka hal ini seperti sayur tanpa garam. Jangan remehkan kolom komentar, karena komentar dari pengunjung Anda memberi arti bahwa konten blog Anda sangat interaktif.

Banyaknya komentar juga menjadi bukti bahwa blog Anda memang memiliki banyak pengujung.  Tapi harus juga ingat juga bahwa Anda hanya blog dengan komentar yang berkualitas (bukan spam) yang bisa dikatakan sebagai blog yang sukses.

4. Baiknya SERP

Peringkat atau rangking pencarian blog pada sebuah halaman mesin pencari (search engine) juga menjadi parameter kesuksesan blog. Ranking hasil pencarian di mesin pencari yang sering juga disebut dengan  SERP atau search engine result pages ini memberi arti bahwa semakin muncul pada halaman pertama #mesin pancari maka semakin baik pula peringkat blog tersebut.

5. Rendahnya Alexa Rank

Alexa Rank adalah sistem ranking berdasarkan traffic dimana semakin rendah Alexa Rank sebuah blog, maka semakin tinggi traffic blog tersebut. Alexa Rank memang seringkali menjadi pedoman sebagian blogger karena tingkat keakuratnnya yang baik. Maka semakin baik Alexa Rank sebuah blog maka  blog Anda akan dianggap sebagai blog yang berkualitas dan sukses.

6. Tingginya Google PR

Perangkingan berikutnya yang sering dijadikan indikator kesuksesan blog adalah Google Page Rank (Google PR).  Sebagai mesin pencari terbesar di dunia, #Google memang sangat dipercaya untuk menilai populer atau tidaknya sebuah blog. Dalam skala angka 1-10, Google memberi peringkat blog di seluruh dunia. Berkebalikan dengan Alexa, pemeringkatan blog pada Google PR ini menyatakan bahwa semakin tinggi angka Google PR (misalnya PR 8), maka semakin tinggi pula ranking PR sebuah blog.

7. Penghargaan Sebagai Bentuk Kesuksesan Blog

Namanya penghargaan (award) tentu merupakan ajang pemilihan sesuatu yang terbaik. Saat ini kontes blog sudah mulai banyak bermunculan dengan beragam award yang diberkan untuk para bloggger. Maka blogger yang seringkali memenangkan penghargaan blog maka semua pihak sepertinya tidak keberatan untuk menyatakan bahwa ia adalah blogger yang suskes.

Baca juga: Mengetahui Apa Itu Alexa Internet dan Manfaatnya Untuk Blog

8. Ketenaran Blog atau Blogger

Terakhir, salah satu indikator dan parameter kesuksesan blog dan blogger adalah ketenaran yang didapatnya. Ya, sukses blogger tak melulu soal peringkat dan monetisasi blog, dengan tenarnya blog dan personal branding yang dimilki blogger maka seseungguhnya kesuksesan blog atau blogger sudah bisa dialamatkan padanya.

Lihat saja blog Raditya Dika atau Panji Pragiwaksono, mereka tak melakukan monetisasi pada blognya, namun siapa yang tak kenal mereka. Inilah keunggulan pencitraan brand dan personal brading kuat yang bisa mengantarkan mereka pada popularitas dan kesuksesan.

10 KOMENTAR

  1. Terima kasih atas infonya..sangat berguna bagi saya sebagai barometer pengelolaan web saya yang selalu naik turun..mksh

  2. Ilmu yang bermanfaat ^_^ mungkin 8 parameter itu belum saya capai :/ perlu do’a dan usaha ^_^ :)

  3. Keren mas tulisan nya, nambah ilmu dikit” untuk masalah masalah blogging dan perkembangan blogging

  4. Memang sungguh menyenangkan dan berbangga jika sudah memiliki sebuah blog besar (merujuk 8 indikator diatas), namun sampai sekarang ini blog saya masih belum terlalu pesat. Masih harus banyak belajar dari expert blogger seperti Maxmanroe ini.

  5. butuh kesabaran, apalagi kalau sering ganti2 domain dan hosting :)

  6. Waw blog ini memang sangat baik untuk infirasi blogger pemula seperti saya, banyak yang belum saya terapkan di blog saya, makasih tulisanya mas.. Memacu semangat

  7. Khusus komentar emang harus banyak di blog,, mas marikxon, kiranya ada tidak triks agar komentar blog banyak dan berkualitas.

  8. Sepertinya saya harus berusaha lebih keras lagi supaya parameter2 tadi terpenuhi haha.

  9. kayaknya saya masih belum mencapai kedelapan aspek itu mas…
    masih perlu banyak belajar lagi….

  10. Pengen juga tenar lewat blog dan menjadi blogger terkenal…..sayangnya itu masih jauh dari harapan….

Tinggalkan Balasan