Uang Baru Indonesia Diresmikan, Ini 12 Tokoh Yang Menjadi Ikon Rupiah

Uang baru Indonesia via Viva.co.id

Pada tanggal 19 Desember 2016 lalu pemerintah Indonesia resmi menerbitkan 11 pecahan uang Negara Kesatuan Republik Indonesia yang terbaru. Di dalam 11 pecahan uang tersebut terdapat 12 gambar pahlawan Indonesia. Dari 11 pecahan mata uang tersebut, ada tujuh uang rupiah kertas dan empat uang rupiah logam.

Yang menarik dari terbitnya uang baru Indonesia ini adalah respon yang beragam dari masyarakat Indonesia, khususnya di media sosial (Facebook dan Twitter). Ada yang menyambut dengan baik, ada yang biasa saja, dan ada juga pihak-pihak yang justru melihat uang baru Indonesia ini dari sisi negatif.

Menurut pandangan saya, respon negatif seperti yang kita lihat baru-baru ini hanya terjadi kali ini saja, yaitu sejak pemerintahan Presiden Indonesia Bapak Joko Widodo aka Jokowi. Entah apa yang terjadi dengan sebagian masyarakat Indonesia sekarang ini, semua hal yang dilakukan oleh pemerintah kita selalu saja dilihat dari sisi negatif.

Beberapa komentar negatif mengenai uang baru Indonesia yang banyak saya temukan di media sosial diantaranya; uang Rupiah baru mirip uang China, ikon tokoh pada uang baru tidak dikenal, uang rupiah baru seperti uang bohongan. Dan yang terparah adalah komentar beberapa orang yang menghubungkan penerbitan uang baru Rupiah ini ke hal-hal yang berbau SARA. Sungguh sangat disayangkan.

Apa Tujuan Mengganti Uang Rupiah Baru?

Bagi teman-teman yang saat ini punya pandangan negatif mengenai terbitnya uang baru Indonesia, sebelum kita terlalu jauh ‘menghakimi’ pemerintah, ada baiknya tahu dulu apa tujuan dibalik mengganti uang rupiah tersebut




Sebenarnya pergantian tampilan uang suatu negara adalah sesuatu yang lumrah. Semua negara melakukannya, dan bahkan perubahannya ada yang rutin dilakukan. Beberapa tujuan dilakukannnya penggantian uang baru, diantaranya;

  • Bertujuan untuk memberikan penyegaran tersendiri dalam proses transaksi di Indonesia
  • Uang baru menjadi ruang khusus untuk memberikan apresiasi terhadap tokoh penting (pahlawan) Indonesia, kekayaan alam Indonesia, juga pada seni/ kebudayaan Indonesia
  • Mencegah upaya pemalsuan uang Rupiah, karena uang baru disertai dengan teknologi keamanan terbaru dan canggih sehingga sulit dipalsukan

Nah, setelah kita mengetahui apa tujuan dibalik penerbitan uang baru Rupiah, semoga tidak ada lagi pihak-pihak yang melihat ini sebagai sesuatu yang tidak baik.

Artikel lain: Daftar Kode Bank Indonesia untuk Transfer Antar Bank

Dua Belas Tokoh Yang Menjadi Ikon Rupiah Baru

1. Dr. (H.C.) Ir. Soekarno dan Dr. (H.C.) Drs. Mohammad Hatta, Dua gambar tokoh dalam 1 pecahan uang. Kedua pahlawan nasional ini dijadikan ikon gambar utama dalam mata uang Rupiah kertas NKRI yang baru dengan pecahan Rp 100.000,- (Seratus Ribu Rupiah).

Pada bagian belakang uang pecahan Rp 100.000,- baru terdapat gambar Tari Topeng Betawi, Pemandangan alam Raja Ampat, dan bunga Anggrek Bulan.

Uang baru Indonesia pecahan Rp 100.000




2. Ir. H. Djuanda Kartawidjaja. Gambar Pahlawan Nasional ini berada pada bagian depan uang Rupiah kertas NKRI dengan pecahan Rp 50.000,- (Lima Puluh Ribu Rupiah).

Pada bagian belakang uang pecahan Rp 50.000,- baru terdapat gambar Tari Legong (Bali), Pemandangan alam Taman Nasional Komodo, dan bunga Jepun Bali.

Uang baru Indonesia pecahan Rp 50.000

3. Dr. G.S.S.J. Ratulangi. Gambar Pahlawan Nasional ini berada pada bagian depan uang Rupiah kertas NKRI dengan pecahan Rp 20.000,- (Dua Puluh Ribu Rupiah).

Pada bagian belakang uang pecahan Rp 20.000,- baru terdapat gambar Tari Gong (Suku Dayak), Pemandangan alam Derawan, dan bunga Anggrek Hitam.

Uang baru Indonesia pecahan Rp 20.000

4. Frans Kaisiepo. Gambar Pahlawan Nasional ini berada pada bagian depan uang Rupiah kertas NKRI dengan pecahan Rp 10.000,- (Sepuluh Ribu Rupiah).

Pada bagian belakang uang pecahan Rp 10.000,- baru terdapat gambar Tari Pakarena (Sulawesi Selatan), Pemandangan alam Taman Nasional Wakatobi, dan bunga Cempaka Hutan Kasar.

Uang baru Indonesia pecahan Rp 10.000

5. Dr. K.H. Idham Chalid. Gambar Pahlawan Nasional ini berada pada bagian depan uang Rupiah kertas NKRI dengan pecahan Rp 5.000,- (Lima Ribu Rupiah).

Pada bagian belakang uang pecahan Rp 5.000,- baru terdapat gambar Tari Gambyong (Surakarta), Pemandangan alam Gunung Bromo, dan bunga Sedap Malam.

Uang baru Indonesia pecahan Rp 5.000

6. Mohammad Hoesni Thamrin. Gambar Pahlawan Nasional ini berada pada bagian depan uang Rupiah kertas NKRI dengan pecahan Rp 2.000,- (Dua Ribu Rupiah).

Pada bagian belakang uang pecahan Rp 2.000,- baru terdapat gambar Tari Piring (Minangkabau), Pemandangan alam Ngarai Sianok, dan bunga Jeumpa.

Uang baru Indonesia pecahan Rp 2.000

7. Tjut Meutia. Gambar Pahlawan Nasional ini berada pada bagian depan uang Rupiah kertas NKRI dengan pecahan Rp 1.000,- (Seribu Rupiah).

Pada bagian belakang uang pecahan Rp 1.000,- baru terdapat gambar Tari Tifa (Maluku dan Papua), Pemandangan alam Banda Naira, dan bunga Anggrek Larat.

Uang baru Indonesia pecahan Rp 1.000 kertas

8. Mr. I Gusti Ketut Pudja. Gambar Pahlawan Nasional ini berada pada bagian depan uang Rupiah koin NKRI dengan pecahan Rp 1.000,- (Seribu Rupiah).

Uang baru Indonesia pecahan Rp 1.000 koin

9. Letnan Jenderal TNI (Purn) Tahi Bonar Simatupang. Gambar Pahlawan Nasional ini berada pada bagian depan uang Rupiah koin NKRI dengan pecahan Rp 500,- (Lima Ratus Rupiah).

Uang baru Indonesia pecahan Rp 500 koin

10. Dr. Tjiptomangunkusumo. Gambar Pahlawan Nasional ini berada pada bagian depan uang Rupiah koin NKRI dengan pecahan Rp 200,- (Dua Ratus Rupiah).

Uang baru Indonesia pecahan Rp 200 koin

11. Prof. Dr. Ir. Herman Johanes. Gambar Pahlawan Nasional ini berada pada bagian depan uang Rupiah koin NKRI dengan pecahan Rp 100,- (Seratus Rupiah).

Uang baru Indonesia pecahan Rp 100 koin

Seperti yang kita lihat pada gambar uang kertas, di sana ada sedikit penjelasan mengenai ciri-ciri khas uang kertas Rupiah untuk masing masing-masing pecahan. Selain tampilannya yang berubah, uang baru Indonesia ini memiliki beberapa ciri khas, terutama untuk uang kertas, misalnya; blind code, yaitu strip yang berbeda untuk setiap pecahan uang.

Tag: #keuangan



8 total comments on this postSubmit yours
  1. Uang 100rb tetep soekarno-hatta. Desain baru untuk penyegaran. Belum pernah liat langsung tuh uang

    • jadi kayak uang mainan ya :v

  2. Mau mirip uang China atau Malaysia atau uang negara lain, terserah. Yang jelas uang adalah alat tukar yang paling dicari orang siang dan malam, apalagi seorang Blogger, udah tengah malam pun masih buat postingan, tujuannya ? biaar dapat uang.. ^_’

  3. Uang sekaranga emang terlihat lebih fres tapi tidak terlepas dari pro kontra, hehe

  4. Warna-warnanya cerah ya uang baru jadi kaya uang monopoli gitu hehehe

  5. selain sebagai bentuk penyegaran, hal ini ternyata juga bertujuan untuk meminimalisir peredaran uang palsu. Uang dilengkapi dengan teknologi khusu agar tidak dapat dipalsukan.

  6. Tampilan uang kertasnya mirip dengan tampilan uang ringgit Malaysia.

    • Mirip Yuan, Mirip Euro, dan mirip beberapa uang negara lainnya. Mungkin ini mengambil teknologi keamanannya mas, tapi dari tampilannya tetap memakai gambar Tokoh Indonesia, gambar alam dan kebudayaan Indonesia

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud