Twitter Luncurkan Fitur Safety Center Berbahasa Indonesia

Image dari Henryaquino.com

Image dari Henryaquino.com

Twitter adalah salah satu #media sosial yang paling banyak digunakan di dunia. Di Indonesia sendiri, pengguna media sosial Twitter termasuk paling banyak meski masih di bawah Facebook. Media sosial dengan logo burung berwarna biru tersebut terus mengalami perkembangan pengguna di Indonesia. Pemanfaatan Twitter sendiri selain untuk kepentingan bersosial melalui dunia maya, Twitter juga bisa digunakan untuk media bisnis online.

Melihat perkembangan pengguna yang begitu signifikan di Indonesia, Twitter kemudian meluncurkan sebuah fitur kemanan terbaru yang berbahasa Indonesia. Pusat keamanan digital yang berbahasa Indonesia ini tentu saja akan semakin membuat pengguna Twitter di Indonesia semakin nyaman dalam mengungkapkan apapun melalui kicauannya di Twitter.

Safety Center Khusus Untuk Pengguna di Indonesia

Safety Center yang support bahasa Indonesia ini tentunya dirancang khusus untuk semakin mudah dipahami oleh seluruh pengguna aktif media sosial #Twitter tenah air. Salah satu tujuan utama dari Safety Center ini adalah untuk membuat suasana nyaman dan aman bagi para pengguna Twitter di Indonesia dalam mengekspresikan setiap twit nya ke publik. Selain itu, Twitter juga bekerja sama dengan berbagai pihak untuk mewujudkan dan mendukung inisiatif berinternet secara sehat.

“Kami sadar bahwa good digital citizenship sangat penting untuk mewujudkan lingkungan yang aman dan nyaman bagi smeua. Kami berupaya memperkenalkan lingkungan aman, dan nyaman dimulai dari peta Jakarta bekerjasama dengan Pemprov DKI hingga berbagai pihak untuk mendukung inisiatif internet sehat” kata Roy Simangunsong, Country Business Head Twitter Indonesia.

Roy Simangunsong juga menjelaskan bahwa fitur yang baru diluncurkan ini merupakan salah satu fasilitas informasi yang terkait dengan tren keamanan dalam bersosial melalui sosial media terutama Twitter. Konten-konten yang ada dalam fitur Safety Center bahasa Indonesia ini terwujud dari kerja sama dengan berbagai ahli kemanan online yang tergabung dalam sebuah kampanye good digital citizenship.




Artikel lain: Tombol Bintang (Favorit) Twitter Berubah Jadi Hati, Sudah Tau Belum?

Pihak Twitter melalui Roy menyatakan bahwa mereka merasa perlu mewujudkan lingkungan yang aman melalui cara menggunakan internet secara sehat termasuk di dalamnya berkomunikasi melalui media sosial.

Bekerjasama Dengan Kemenkominfo dan KPAI

Dalam peluncuran keamanan baru ini, Twitter juga bekerjasama dengan Kemenkominfo untuk membuat sebuah komitmen bersama dalam memberikan bantuan kepada pengguna Twitter Indonesia agar lebih aman dan efektif. Selain itu, Roy juga menuturkan bahwa Twitter juga membuat aturan serta pengawasan dalam rangka melindungi keragaman dalam berpendapat. Ditambah lagi Twitter juga membuat alat sederhana yang bisa membantu penggunanya untuk mengontrol waktu nya dalam menggunakan Twitter.

“Untuk mewujudkan dan mendukung good digital citizenship, Twitter turut merasa bertanggung jawab. Tapi perlu ditekankan, ini adalah tanggung jawab bersama. Twitter sebagai platform perlu bekerja sama dengan pemangku kepentingan lainnya seperti pemerintah dan lembaga masyarakat,” demikian lanjut Roy.

Tidak hanya dengan Kemenkominfo, Twitter juga menjalin kerja sama dengan Komisi Perlindungan Anak (KPAI). Dalam fitur Safety Center baru ini diutamakan untuk menjaga kesematan pemakainya yang dibagi pada beberapa fokus, untuk anak, remaja, orang tua dan pendidik. Maria Avianti selaku Wakil Ketua Komisi Perlindungan Anak memberikan apresiasi tinggi terkait perhatian Twitter terhadap keamanan penggunanya terutama yang berhubungan dengan perlindungan anak.




“Upaya positif dari Twitter ini dapat membantu pemerintah dalam menangani dan menanggapi isu-isu keamanan internet, khususnya dalam hal perlindungan anak.” jelas Maria Avianti.

Baca juga: Twitter Telurkan Fitur Monetisasi Periklanan Video Serupa Youtube

Usaha yang Patut Mendapatkan Dukungan

Dengan pengguna di Indonesia yang berjumlah jutaan, maka apa yang dilakukan Twitter dengan keamanan terbarunya patut mendapatkan dukungan. Baik dari Pemerintah maupun masyarakat harus memberikan dukungan yang optimal. Untuk mewujudkan sebuah lingkungan digital yang sehat di Indonesia, tentu Twitter tidak bisa berjalan sendiri.

Satu langkah baik dari Twitter ini semoga menjadi tonggak untuk membuat lingkungan digital di Indonesia semakin sehat. Semoga saja tidak hanya Twitter, namun platform media sosial yang lain segera menyusul dan berkomitmen untuk membuat pengguna #internet di Indonesia semakin bijak dalam memanfaatkannya. Yuk kita mulai dari diri kita sendiri.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud