Tulungin.com ~ Butuh Jasa Tukang? Tinggal Pesan Online Aja

tulungin.com

Image dari Tulungin.com

Di saat perkembangan #internet dan perangkat online sudah sebegitu maju, mungkin mayoritas barang kini bisa kita cari hanya lewat sentuhan jari. Mulai dari makanan, pakaian, alat elektronik hingga yang bersifat jasa pun semuanya komplit dan siap untuk digunakan.

Bicara soal jasa, saat ini ada lo sebuah startup yang melayani pesan jasa tukang untuk banyak keperluan rumah. Terdengar unik? Memang, karena perusahaan rintisan bernama Tulungin.com yang satu ini awalnya juga terinspirasi masalah yang sebenarnya sangat lazim namun pemecahannya terkadang sulit didapat. Sang founder, Fandi Setiawan menyatakan awalnya terinspirasi karena dirinya butuh tukang reparasi AC di rumahnya. Namun karena sering kali tukang langganan tersebut tidak bisa datang, tentu jadi masalah yang cukup menjengkelkan.

Namun siapa sangka kejadian unik tersebut justru melahirkan sebuah ide brilian di mana kita bisa memesan jasa tukang kebutuhan rumah tangga, secara lebih mudah yakni lewat perantara media online. Ingin tahu lebih dalam mengenai #startup Tulungin.com? Berikut ulasannya.

Terinspirasi Dari Masalah Sehari-Hari

Di awal musim hujan seperti saat ini, sudah menjadi hal yang wajar jika kita disibukkan dengan masalah genteng yang bocor. Selain tidak nyaman, masalah seperti ini tentu akan mengganggu aktifitas kita di dalam rumah bukan. Nah kini masalahnya, bagi yang tidak punya keahlian untuk memperbaiki atap secara mandiri, apakah mudah menemukan jasa tukang yang bisa dipanggil sewaktu-waktu? Tentu sulit bukan.

Ilustrasi di atas baru satu contoh sederhana dari masalah sehari-hari yang membutuhkan bantuan tukang. Dan problemnya tidak berhenti di situ saja, karena untuk mencari tukang yang bisa menjalankan tugas seperti itu kadang juga tidak mudah. Terlebih di daerah perkotaan, tentu tidak efektif jika kita menyewa jasa house kepping profesional jika masalahnya hanya genteng bocor?




Artikel lain: Sribu.com, Startup Jasa Desain Yang Berkembang Pesat di Tahun Pertama

Tergerak dari masalah semacam inilah Fandi Setiawan beserta rekannya memutuskan untuk membangun startup dengan fokus penyedia jasa tukang aneka keperluan rumah tangga. Secara sederhana, startup dengan nama Tulungin (Tolongin dalam bahasa jawa) ini ingin menjadi jembatan antara para pekerja dengan berbagai keahlian pertukangan dengan para pencari jasa tukang. Selain menghadirkan solusi yang praktis bagi konsumen, startup ini tentu juga mampu menjadi perpanjangan tangan para pekerja lepas untuk mendapat kesempatan kerja yang lebih optimal.

Konsep Layanan Tulungin.com

Seperti kebanyakan platform penyedia jasa online lainnya, Tulungin mempunyai konsep layanan yang tidak terlalu berbeda. Dari sisi pencari jasa, tinggal masuk ke situs Tulungin.com untuk memulai proses. Nantinya dalam situs tersebut kita tinggal login dan menyampaikan kebutuhan jasa tukang yang kita perlukan. Dalam waktu yang terlalu lama, tim Tulungin atau mencarikan tenaga Penulung (pekerja Tulungin) untuk segera ke rumah Anda dan menyelesaikan tugas yang diberikan.

Yang menarik dari konsep layanan ini adalah selain tidak perlu ribet, bagi para pemesan juga tidak perlu kawatir hasil kerja para Penulung akan asal-asalnya dan tidak maksimal. Karena setiap tenaga service yang tergabung dalam Tulungin semua berasal dari lembaga pelatihan ketrampilan yang terpercaya. Jadi secara hasil kerja dan profesionalitas, Tulungin menklaim para pekerjanya dapat diandalkan.

Baca juga: StarOfService ~ Marketplace Online Penghubung Para Pencari dan Penyedia Jasa Profesional




Masih Penuh Keterbatasan

Menjadi masalah hampir setiap startup digital, masa-masa awal membangun usaha tentu akan terasa sangat berat dan tidak mudah. Demikian juga dengan startup Tulungin.com yang satu ini.

Saat ini Tulungin yang masih berada pada tahap pengembangan beta, belum bisa menyediakan variasi layanan yang maksimal bagi para penggunanya. Tercatat, untuk beberapa waktu setelah launching, Tulungin baru membuka jasa pesan tukang untuk masalah reparasi AC saja. Selain itu layanan yang ditawarkan juga hanya mencakup wilayah Kota Jakarta.

Hal ini tentu tidak  terlepas dari faktor pendanaan. Sang founder dan tim Tulungin berharap ke depan segera mendapat investor yang tepat dan bisa mulai mengembangkan startup hingga pada konsep ideal yang telah direncanakan. Nantinya, Tulungin mempunyai visi menjadi salah satu platform online terlengkap dalam penyediaan jasa tukang, mulai reparasi alat elektronik, perawatan rumah, hingga jasa-jasa yang lain.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud