Try Wibowo ~ Lulusan SMA yang Sukses Membangun Startup Bisnis Jasa Perawat Online Insan Medika

Try Wibowo Insan Medika

Image dari Twitter.com

Kebutuhan akan badan yang sehat dan perawatannya pada manusia modern saat ini semakin tahun memang semakin tinggi. Hal ini sendiri sudah dicermati dan menjadi fokus perhatian dari Try Wibowo yang kemudian meluncurkan startup jasa perawat online Insan Medika (insanmedika.co.id). Dengan pengalamannya di bidang perawat dengan usaha Lembaga Pelatihan Kerja Asisten Perawat di tahun 2010, Try Wibowo pun tak ragu untuk terus mengembangkan portal online nya bernama insanmedika.com di tahun 2013.

Dengan semangat dan kerja kerasnya, di tahun keduanya menjalankan startup jasa perawat online ini, Try telah sukses mengembangkan insanmedika.com dengan melayani 1.000 pelanggan dan menghasilkan omset Rp 250-500 juta. Lalu seperti apakah kisah Try Wibowo mengembangkan insanmedika.com ini? Berikut ulasannya.

Awal Mula Usaha Try Wibowo

Dari permintaan yang tinggi akan tenaga perawat, Try langsung berinisiatif membangun portal insanmedika.com di tahun 2013 yang melayani kebutuhan perawat secara online. Dengan modal awal Rp 50 juta yag diperoleh dari keuntungan usaha Lembaga Pelatihan Kerja Asisten Perawatnya, pria lulusan SMA Negeri 3 Madiun ini mantap mengawali usahanya ini dengan penuh keyakinan dan percaya diri. Meski hanya memberikan layanan jasa perawat homecare yang tinggal bersama pasien saja diawal usaha, Try tetap terus melangkah dan bekerja keras untuk membuat startup miliknya ini sukses besar.

Artikel lain: Handy Mantis ~ Menilik Perkembangan Startup Jasa Kurir Barang Aneka Keperluan

Layanan Insanmedika.com

Dalam usahanya ini, Try menawarkan beberapa layanan seperti diantaranya jasa homecare visit. Pada layanan ini Insan Medika menawarkan perawat yang terdiri dari perawat homecare medis untuk pasien dengan tindakan medis seperti kateter, sonde/NGT, infus, injeksi, ventilator, inhalasi dll dan juga perawat non medis atau pendampingan bagi pasien pasca stroke, diabetes, kanker dll serta perawat lansia untuk pasien usia lanjut dan tidak mandiri dalam beraktivitas.

Selain itu, insanmedika.com juga melayani layanan governess untuk pendamping belajar anak dan pendampingan untuk anak berkebutuhan khusus. Dan terakhir layanan insanmedika.com adalah layanan ambulance atau evakuasi medis, pengambilan resep obat serta pengambilan preparat. Untuk layanan yang terakhir ini, pihak Insan Medika telah melakukan kerja sama dengan beberapa provider layanan evakuasi medis seperti espromedical.

Tarif Layanan Insanmedika.com

Untuk tarif layanan medis Try Wibowo sebagai founder memasang tarif berkisar dari Rp 6-8 juta per bulan. Sedangkan untuk layanan non medis, tarifnya adalah antara Rp 3,5-5 juta per bulan. Untuk tarif homecare visit sendiri dikenakan tarif berdasarkan per tindakan antara Rp 100.000 – 250.000 per tindakan.

Selain itu, Insan Medika juga menerapkan biaya kontrak berkisar 6 bulan sampai 1 tahun dengan tarif Rp 2,5 juta untuk 6 bulan dan Rp 5 juta untuk 1 tahun. Masing-masing masa kontrak sendiri memiliki masa garansi penukaran hingga tiga kali.

Peluncuran Aplikasi Homecare Visit Berbasis Lokasi

Meskipun sudah terbilang cukup berkembang, namun Try Wibowo tetap berusaha memperbaiki layanannya agar bisa diterima oleh masyarakat luas. Untuk mewujudkannya, pria kelahiran Ngawi, 14 Oktober 1989 ini siap meluncurkan applikasi homecare visit berbasis lokasi. Aplikasi ini sendiri bermanfaat untuk memudahkan pengguna mengetahui posisi terdekat dari tenaga medisnya.

Aplikasi ini direncanakan nantinya akan mampu melayani pasien yang hanya memerlukan perawatan medis sekali datang saja. Dengan mencari Perawat yang lokasinya terdekat dari tempat atau rumah pengguna maka aplikasi ini diyakini akan banyak membantu banyak orang.




Baca juga: Tulungin.com ~ Butuh Jasa Tukang? Tinggal Pesan Online Aja

Pengembangan Usaha

Meski telah memiliki kantor perwakilan di Jakarta pada bulan Januari 2016 kemarin, Try Wibowo tetap berambisi untuk terus mengembangkan usahanya dengan rencana pendirian klinik fisioterapi dan perawatan luka serta manufaktur produk perawatan luka. Selain itu Tri menyatakan bahwa pihaknya terus berfokus pada pengembangan tekonologi berupa penambahan fitur layanan online berupa ambulance onlice, layanan on-demand perawat visit dan sewa alat kesehatan, serta penyempurnaan applikasi Android.

Dengan segala usaha dan kerja kerasnya, Try Wibowo kini sudah terbilang sukses. Sebab usaha yang yang baru berjalan 2 tahun ini sudah melayani 1.000 pelanggan dan menghasilkan omset Rp 250-500 juta. Pelanggan terbanyaknya sendiri yang mencapai 85% berasal dari Jabodetabek. Dan hanya 5% saja pelanggan yang berasal dari Yogyakarta.




Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud