Trik untuk Mempercepat Koneksi Internet di Opera Mini

Trik untuk Mempercepat Koneksi Internet di Opera Mini

Mempercepat-Koneksi-Internet-di-Opera-MiniPerkembangan aplikasi yang memfasilitasi kegiatan browsing di internet juga semakin meningkat dengan pesat. Banyak sekali developer yang mengembangkan aplikasi browsing yang menawarkan sejumlah keunggulan dan fitur canggih. Salah satunya adalah Opera Mini.

Aplikasi yang satu ini sudah bukan pemain baru di bidang internet dan teknologi informasi. Sejak era ponsel Symbian masih berjaya, Opera Mini telah hadir dan menawarkan pengalaman browsing yang mudah dan canggih untuk para pengguna internet.

Opera Mini merupakan salah satu aplikasi besutan perusahaan teknologi informasi yang berbasis di Norwegia bernama Opera Software. Dengan kegigihan dari Geir Ivarsoy selaku pendiri dan programmer Opera Software serta Jon Stephenson von Tetzchner yang bertindak sebagai CEO, kini Opera Mini berhasil menjadi aplikasi browsing yang populer dan merajai dunia teknologi informasi.

Kini, Opera Mini juga merambah ke bidang aplikasi Android untuk mulai merangkul pengguna internet yang menggunakan smartphone berbasis Android. Nah, untuk mengoptimalkan aplikasi Opera Mini di smartphone Anda, ikuti beberapa trik berikut ini agar koneksi internet di Opera Mini Anda semakin baik:

Artikel lain: Cara Mempercepat Koneksi Internet

1. Aktifkan Opera Turbo

Opera Turbo adalah aplikasi yang dapat digunakan untuk mem-boost kecepatan koneksi di Opera Mini anda. Jadi, jangan lupa untuk melakukan instalasi Opera Turbo bila ingin merasakan pengalaman berinternet yang lancar jaya.

Untuk mengaktifkan Opera Mini Turbo, silahkan klik LINK INI.

2. Ubah Konfigurasi Opera Mini Anda

Cara mengubah konfigurasi pada Opera Mini sangat mudah. Anda tinggal mengetikkan about:config pada address bar. Kemudian gantilah semua pilihan konfigurasi dari Yes menjadi No. Pada menu loading time out, gantilah standarnya dari 30 menjadi 3600. Selanjutnya, Anda tinggal meng-klik save dan mulai mencoba hasil konfigurasi yang baru dilakukan.

3. Menginstal Aplikasi Network Accelerator

Melakukan instalasi Network Accelerator bisa dibilang sangat ampuh untuk mempercepat koneksi internet di Opera Mini. Sebelum browsing, jalankan dulu aplikasi Network Accelerator dan mulailah mengatur setting aplikasi sesuai jenis smartphone dan provider yang Anda gunakan. Langkah terakhir, Anda tinggal meng-klik go and hide.

4. Tambahkan DNS (Domain Name System)

Tambahkan saja DNS pada setting-an smartphone anda. Penambahan DNS akan membuat situs yang anda tuju bisa terbuka lebih cepat. Jadi, anda tinggal memilih DNS yang sudah terkenal dengan koneksinya yang cepat dan berkualitas seperti standar DNS, DNS Google dan Speedy DNS. Buka spoiler;
DNS Google:
Primer: 8.8.8.8
Sekunder: 8.8.4.4

Kumpulan DNS yang lain:

Standar DNS:
Primer : 208.67.222.222
Sekunder : 208.67.220.220

USA DNS:
Primer : 151.197.0.38
Sekunder : 151.197.0.39

UK DNS:
Primer : 151.202.0.84
Sekunder : 151.202.0.85

GTE DNS:
Primer : 192.76.85.133
Sekunder : 206.124.64.1

Mozilla DNS:
Primer : 202.134.0.155
Sekunder : 202.134.2.5

Speedy DNS:
Primer : 203.130.208.18
Sekunder : 203.130.196.155

Artikel lain: Mengenal Sejarah Perkembangan Internet

5. Penggunaan Aplikasi Turbo Embedder

Konsep aplikasi Turbo Embedder hampir sama dengan penggunaan DNS. Aplikasi Turbo Embedder akan menyisipkan suatu data yang akan membuat Opera Mini Anda mudah mengakses situs tujuan anda dengan cepat. Cara penggunaannya juga sangat mudah, anda tinggal meng-install aplikasinya dan membuka Opera Mini Anda. Tunggu sejenak hingga aplikasinya mulai di embed, dan setelah selesai Opera Mini anda siap untuk digunakan.

6. Sinkronisasi Dengan akun Opera Mini

Melakukan sinkronisasi pada aplikasi Opera Mini akan membuat Opera Mini anda ter-upgrade sehingga koneksi internet akan lebih cepat dan stabil. Agar anda dapat melakukan sinkronisasi, anda harus memiliki akun Opera Mini terlebih dahulu. Namun bagi anda yang belum memiliki akun Opera Mini, anda dapat melakukan registrasi dulu untuk memperoleh akun baru.

7. Mengubah Setting Server Opera Mini

Trik terakhir ini bisa diaplikasikan pada penggunaan Opera Mini Handler, atau bisa juga dilakukan dengan proses inject menggunakan Server Editor. Ubahlah setting server Opera Mini yang biasanya seperti berikut ini, buka spoiler;

http://server4.operamini.com/

http://mini5.opera-mini.net:80

Ubah menjadi

http://bite4-cust.opera_mini.net:80

atau

http://net.beta.opera-mini.net:80

atau

http://nokia-s40-6-cust.opera-mini.net:80

Baca juga: Mengapa Smartphone Untuk Bisnis Sangat Dibutuhkan Saat ini?

Ternyata tak sulit ya membuat Opera Mini memiliki kecepatan koneksi internet yang lebih stabil. Rajin-rajinlah mencari referensi seputar dunia teknologi informasi dan internet karena dunia internet adalah dunia yang selalu bergerak dinamis mengikuti perkembangan teknologi informasi yang juga berkembang secara pesat. Have a good experience about browsing!

3 KOMENTAR

  1. Emang di Opera Mini bisa ya pake ganti-ganti DNS gitu?

  2. Belajar Internet Marketing

    Cara ini cuma bisa buat browser opera mini yang di hp ya? bisa buat opera mini di pc?

Tinggalkan Balasan