Tombol Bintang (Favorit) Twitter Berubah Jadi Hati, Sudah Tau Belum?

Image dari Mashable.com

Image dari Mashable.com

Sebuah logo seringkali memang akan menjadi ciri khas dan identitas tersendiri dari sebuah brand. Maka ketika ada logo yang diubah, respon pun akan muncul dari lingkungan sekitar yang mengenalnya. Inilah yang sedang terjadi pada #Twitter kemarin Rabu (4 November 2015).

Bagaimana tidak, logo tombol favorit berbentuk bintang yang telah lama digunakan oleh Twitter tiba-tiba diubah menjadi logo hati. Saat pihak Twitter mengkonfirmasi kebenarannya pengubahan logo ini, berjubel respon pun muncul dari publik.

Respon yang Berbeda dengan Harapan

Menurut pihak Twitter dalam postingan di blog resminya, pergantian logo favorit ini dilakukan untuk mempromosikan simbol yang lebih universal yang bisa diterima oleh semua bahasa, budaya, dan di semua zona waktu. Namun sayangnya kejutan yang diberikan Twitter untuk para penggunanya ternyata memiliki respon yang tidak seperti diharapkan.

Pasalnya, pasca pergantian tombol favorit bintang menjadi hati itu muncul beragam reaksi negatif di kalangan pengguna Twitter. Mereka para pengguna setia #media sosial 140 karakter ini malah meminta agar Twitter mengembaliknnya seperti semula. Ada yang menyatakan dan berkicau bahwa pergantian ini menjadi keputusan terburuk Twitter.

Artikel lain: Twitter Telurkan Fitur Monetisasi Periklanan Video Serupa Youtube

Ada juga yang berkicau bahwa Twitter kian kehilangan jati dirinya saat mengubah logo Favorit bintang. Kekecewaan ini ternyata bukan hanya datang dari publik, tapi karyawan Twitter pun ikut mengungkapkan kekecewaannya terhadap keputusan Twitter tersebut.

Dirasa Tidak Mencerminkan Karakter Twitter

Melihat dari karakter jejaring sosial yang didirikan 21 Maret 2006 ini maka pergantian logo tombol hati ini dirasakan tidak mencerminkan jati diri Twitter. Twitter, di mana sebagian besar postingnya berbasis teks dan kontennya bisa beragam makna memang memiliki karakter yang berbeda denga media sosial lain. Selain itu, tombol bintang selama ini yang dijadikan sebagai semacam tombol bookmark di Twitter untuk menyimpan suatu posting dalam timeline, nyatanya juga telah menjadi identitas bagi Twitter.

Tombol hati sendiri memang telah banyak dipakai jejaring sosial lain, seperti Path dan Instagram. Bahkan saat ini tombol hati sedang diuji coba di Facebook sebagai pengganti Like. Dalam konteks jejaring sosial berbasis foto, tombol hati memang dirasa pas untuk mengekspresikan reaksi terhadap suatu postingan.

Namun tidak bagi Twitter yang berkarakter teks. Melihat respon dan reaksi pengguna Twitter yang didominasi kekecewaan, maka muncul pertanyaan mungkinkah Twitter mendengar dan mengembalikan tombol favorit dengan logo bintangnya seperti semula?

Gunakan Ekstension “Fav Forever” Untuk Mengembalikan Tombol Bintang

Melihat banyaknya reaksi yang menunjukkan ketidaksukaan pada tombol hati pengganti tombol bintang ini, ternyata ada sebuah cara yang bisa Anda manfaatkan untuk bisa mengembalikan tombol bintang seperti yang dulu. Untuk Anda yang benar-benar tidak nyaman dengan perubahan tombol favorit ini, Anda memang bisa mengembalikan tombol lama di linimasa pribadi dengan cara sebagai berikut.




Cara ini sendiri dibeberkan oleh pengguna Twitter bernama Reed Kavner dengan membuat ekstension untuk #browser Chrome “Fav Forever”. Dengan cara ini bisa dipastikan tampilan logo hati tersebut akan berubah kembali menjadi logo bintang saat membuka Twitter dengan browser Google ini. Namun syarat untuk bisa dan sukses melakukannya adalah Anda harus mengunakan browser Chrome ketika membuka Twitter.

Baca juga: Twitter Pastikan Akan Lakukan PHK Besar-besaran! Ada Apa dan Kenapa?

Hanya Mengubah Tampilan Logo Hati Menjadi Bintang Saja

Untuk memasang ekstension tersebut, Anda harus mengunjungi Chrome Webstore lalu klik tombol biru Add to Chrome di pojok kanan atas. Ekstension akan dipasang dan tampilan logo hati di Twitter yang dibuka dengan Chrome akan berganti menjadi ikon bintang. Ada satu hal yang harus dipahami pengguna saat menggunakan trik ini bahwa ekstensi ini hanya akan mengubah tampilan logo hati menjadi bintang saja.

Sedangkan untuk notifikasi yang ditampilkan Twitter jika ada yang me-like postingan kita akan tetap ditulis dengan kata “like”, bukan “favorite” seperti dulu lagi. Dan karena ikon bintang ini sendiri hanya muncul di browser Chrome, karena merupakan ekstensi khususnya maka pengguna dengan browser lain akan tetap melihat tombol hati, begitu pula di Chrome versi mobile.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud