Tokuji Hayakawa ~ Pendiri Perusahaan SHARP Electronics

Image dari Sharp-world.com

Image dari Sharp-world.com

Jika kita bicara produk elektronik, tentu kita tak akan asing dengan sebuah brand bernama SHARP. Ya, produk yang merambah komponen elektronik seperti Televisi, LCD, Mesin cuci, microwave, pendingin udara dan lain sebagainya ini bisa dibilang telah merajai pangsa pasar di seluruh dunia.

Namun tahukah Anda ada siapa sosok di balik kesuksesan SHARP tersebut? Dia adalah Tokuji Hayakawa, laki-laki kelahiran Tokyo, Jepang tahun 1893. Lalu seperti apakah kisah sukses Tokuji Hayakawa menjalankan bisnis produk elektronik SHARP ini? Berikut kisahnya.

Awal Mula Karir Tokuji Hayakawa

Tokuji Hayakawa lahir di keluarga Hayakawa yang termasuk miskin dan membuat dirinya pernah diadopsi oleh keluarga Sato. Saat menginjak masa dewasa, Tokuji telah memulai karirnya dengan bekerja di tempat pembuatan ornamen logam. Karena ketekunan dan kerja kerasnya, Tokuji kemudian dipercaya penuh oleh atasannya untuk mempelajari teknik pembuatan logam yang lebih mendalam beserta tata kelola bisnisnya. Dari sinilah Tokuji terus mencoba mengembangkan kemampuan dirinya untuk bisa terjun ke dunia bisnis.

Bisnis pertama yang dikerjakan Tokuji adalah bisnis ikat pinggang. Bisnis ini sendiri terinspirasi saat Tokuji melihat seorang artis kala itu yang kesulitan dan jengkel dengan ikat pinggang dari logam yang akan dikenakannya. Dari sini, Tokuji kemudian memiliki ide dan mencoba membuat ikat pinggang yang mudah dikenakan yang juga tampil modis.

Artikel lain: Soichiro Honda ~ Pendiri Perusahaan Otomotif Dunia Honda Motor




Dari sini, Tokuji lalu menelusuri beberapa referensi yang salah satunya adalah rujukan tentang model ikat pinggang yang sering dipakai oleh orang barat. Setelah beberapa referensi ia dapatkan, Tokuji kemudian coba membuatnya dan lahirlah ikat pinggang yang lebih modis dan mudah dikaitkan dengan sistem jepit.

Perkembangan Usaha dan Bisnis

Karya ikat pinggang Tokuji ini sendiri mendapat pujian dari  Bos-nya yang kemudian menyuruh Tokuji  untuk mematenkan penemuannya. Dari sini lahirlah merk “Tokubijo” dari hak paten untuk ikat pinggang buatan Tokuji tersebut.

Ikat pinggang yang kemudian dikomersilkan ini ternyata sangat diminati dan digemari banyak orang. Tokuji pun kebanjiran order yang mengharuskan dirinya membuat toko dan pabrik sendiri di tengah kota pada bulan September tahun 1921.

Dengan perkembangan bisnis yang didapat, bisnis Tokuji terus mendapatkan laba yang besar sehingga ia mampu melunasi semua hutang-hutangnya dan juga mempekerjakan karyawan dengan jumlah yang banyak. Dari kesuksesan di bisnis ikat pinggang ini, Tokuji terus memperluas bisnisnya dengan mengembangkan produk pembuatan keran air yang dipatenkan tahun 1915. Selain produk keran air, Tokuji juga mengembangkan pensil mekanik yang ber merk “Ever-Sharp” di mana masih dijual hingga saat ini.

Menciptakan Brand “SHARP” 




Tak puas dengan dua bisnis barunya tadi, Tokuji kembali memperluas usaha dan perusahaannya. Tokuji kemudian memutuskan untuk masuk ke bisnis elektronik. Di bisnis ini Tokuji mencantumkan merk yang telah dipakai produk pensil mekaniknya dengan menghilangkan nama “ever”. Dari sini lahirnya nama “SHARP” untuk produk elektronik milik Tokuji. Produk utama dan unggulan SHARP sendiri saat itu adalah radio-tape recorder dan televisi.

Inovasi dan kreativitas adalah dua hal yang membuat produk-produk buatan Tokuji bertahan hingga begitu lama. Ia mengerti  bahwa jika produknya yang laku keras di pasaran maka akan muncul pesaing yang meniru produknya. Alih-alih marah karena pesaingnya yang meniru produknya, Tokuji malah senang jika produknya di tiru oleh pesaingnya.

Ia mengganggap bahwa produknya yang ditiru itu merupakan bukti bahwa bisnis dan perusahaannya sudah mengungguli para pesaingnya. Tokuji pun terus terus bekerja keras untuk berinovasi dan berkreasi guna mengembangkan produk-produk yang telah diciptakannya.

Baca juga: Yataro Iwasaki ~ Lika Liku Perjuangan Pendiri Brand Otomotif Mitsubishi

Pensiun dan Meninggal Dunia

Pada masa akhir karirnya sebagai pebisnis, Tokuji banyak menghabiskan waktu dalam kegiatan sosial. Tokuji sendiri kini telah meningal dunia yang menutup usianya pada 81 tahun tepatnya pada tahun 1981. Meski Tokuji telah tiada, namun karya-karyanya dengan merk SHARP masih bisa kita lihat dan kita gunakan untuk kepentingan sehari-hari kita dan rumah tangga kita.

Inovasi pun masih terus dilakukan dengan menghadirkan produk unggulan seperti televisi LCD yang kualitasnya sangat unggul dibanding produk sejenis. Semoga kisah di atas tidak hanya menjadi inspirasi namun juga motivasi bagi rekan-rekan semua untuk mulai melangkah.




Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud