Tips Sukses Promosikan Bisnis Pangkas Rambut

Image dari Telegraph.co.uk

Image dari Telegraph.co.uk

Sebagai salah satu produk gaya hidup, bisnis pangkas rambut merupakan salah satu jenis usaha yang akan terus dibutuhkan. Selain kita sulit untuk melakukannya sendiri, nyatanya ada stigma kebanyakan orang hanya akan merasa percaya diri jika tatanan rambutnya ditukangi oleh salon atau pangkas rambut langganannnya.

Potensi menjalankan bisnis pangkas rambut memang masih terus berkembang. Meski belum mempunyai basic tata rambut, jika kita ingin terjun ke dalamnya, kita bisa mempelajari mulai dari teknik potong rambut hingga bagaimana menjalankannya. Dan dengan modal yang relatif kecilpun kita bisa mulai membuka kios pangkas rambut sederhana.

Salah satu tantangan dalam bisnis ini adalah cukup banyaknya pesaing yang sudah lebih dulu membuka usaha. Oleh sebab itu selain meningkatkan kualitas pelayanan, kita juga bisa melakukan upaya promosi agar jasa kita bisa lebih dikenal. Dan berikut beberapa tips menjalankan #promosi bisnis pangkas rambut yang efektif.

1. Pasang Media Promosi

Sebagai bisnis jasa yang bergerak di ranah offline, penggunaan media promosi konvensional seperti banner bisa menjadi alternatif yang sangat pass. Selain mudah terlihat oleh banyak orang yang lalu lanag di depan lokasi usaha, pengguna banner juga relatif lebih irit karena tidak perlu mengganti dalam waktu lama.

Yang perlu diperhatikan dalam membuat banner untuk usaha pangkas rambut adalah, permainan kata dan warna dalam banner tersebut. Cantumkan kata-kata yang menarik dan mampu membius perhatian masyarakat sekitar. Selain itu sertakan juga gambar yang sepresentatif tentang bisnis anda. Jika mengkhususkan diri pada pangkas rambut pria, foto pesohor dengan sytle rambut stylish macam ronaldo bisa anda pajang untuk menarik perhatian.




Artikel lain: Mengintip Cerahnya Peluang Bisnis Jasa Tata Rias

Selain itu, jika Anda mempunyai beberapa program promosi seperti gratis minuman, snack, diskon atau mungkin adanya wifi gratis, bisa Anda sertakan dalam banner. Pada kenyataan, ini juga menjadi salah satu bahan pertimbangan konsumen untuk mencoba layanan Anda.

2. Berikan Gift Menarik Untuk Konsumen

Resep promosi bisnis pangkas rambut adalah dengan memberikan gift atau hadiah bagi konsumen. Mungkin sebagian dari kita ada yang berfikir bagaimana bisa memberikan hadiah jika bisnis saja belum berjalan dengan stabil.

Di sinilah daya kreatifitas bisnis kita diuji. Memberikan hadiah tidak harus selalu benda-benda dengan harga yang menguras kantong. Sebagai contoh nyatanya, ada salah satu tukang pangkas rambut jalanan di kawasan tempat tinggal penulis. Bagi konsumen yang baru pertama mengunjungi tempat tersebut akan diberikan sebuah sisir unik yang terbuat dari kulit jagung dan juga tali rumput. Benda itupun dibuat sendiri oleh sang tukang potong karena di sekitar kawasan tersebut memang banyak ladang jagung.

Nah, dengan kreatifitas kita bisa membuat gift lain yang akan memberikan kesan unik dan sebagai langkah diferensiasi dengan pesaing lain.




3. Pelayanan Bisnis Pangkas Rambut yang Ramah

Saya yakin jika rekan-rekan ditanya, apa alasan memilih sebuah tempat pangkas rambut sebagai tempat favorit adalah karena pelayanan yang ramah dan sangat bersahabat, di samping kecocokan gaya memotong rambut juga tentunya.

Proses pemangkasan rambut umumnya berjalan dalam rentan waktu yang tidak sebentar bisa sekitar 20 hingga 1 jam lebih untuk pangkas rambut wanita. Nah dalam masa tersebut, jika dilewatkan dengan diam tanpa kata tentu terasa cukup membosankan. Namun akan berbeda jika Anda sebagai tukang pangkas bisa menghidupkan suasana entah dengan mengobrol ringan atau menanyakan kepuasan hasil cukuran.

Bahkan tak jarang, nantinya bisa menjalin pertemanan dengan konsumen. Bisa dibayangkan jika seseorang sudah puas dengan hasil potongan kita, tentu ia bisa saja merekomendasikan layanan kita pada temannya yang lain. Hasilnya, promosi via mulut ke mulut pun berjalan dengan sendirinya.

Baca juga: Panduan Singkat Sukses Membangun Bisnis Jasa Penitipan Anak

4. Ciptakan Tempat Usaha yang Nyaman

Tips promosi bisnis pangkas rambut yang terakhir adalah dengan menyediakan tempat yang nyaman bagi konsumen. Dengan adanya tempat yang nyaman, pelangganpun tentu akan merasa betah bahkan jika harus menunggu antrian pelanggan lain.

Dengan ruang yang cukup luas, dan tempat duduk yang memadahi sebenarnya sudah cukup. Bisa juga jika mempunyai televisi atau pemutar musik bisa Anda jalankan untuk menemani para konsumen.

Demikian beberapa tips dalam menjalankan promosi bisnis pangkas rambut. Terapkan dengan konsisten dan terus berinovasi menjadi kunci sukses bisnis pangkas rambut kita ke depannya. Semangat berbisnis!



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud