Tips Sukses Negosiasi Bisnis Dari Ivanka Trump

negosiasi bisnis ala Ivanka Trump

Image dari Turner.com

Dalam menjalankan sebuah bisnis profesional, tak jarang kita akan dihadapkan pada kondisi di mana kita harus menjalankan negosiasi bisnis. Negosiasi untuk mencapai kesepakatan, tentunya harus disesuaikan dengan tujuan dan target dari perusahaan kita. Namun dalam negosiasi kita juga tidak bisa berlaku egois dan tetap mempertimbangkan pendapat dari rekan bisnis kita.

Inilah yang menjadikan proses negosiasi bisnis terkadang berjalan alot. Namun untuk mengatasi itu semua, putri dari millioner properti Donald Trump, yakni Ivanka Trump mempunyai beberapa kiat sukses dalam menjalankan negosiasi bisnis. Pengalamannya menangani bisnis secara mandiri, mengantarkan ibu dua orang anak ini menjadi seorang eksekutif wanita yang disegani terlepas dari nama besar sang ayah.

Pengalaman Negosiasi Bisnis Ivanka Trump

Saat ini Ivanka Trump menjalankan beberapa peran penting yakni di antaranya Executive Vice President of Development and Acquisitions dari Trump Organization serta CEO Ivanka Trump Collection, sebuah anak perusahaan Trump Organization yang bergerak di bidang perhiasan dan batu mulia.

Sepanjang masa karirnya, tercatat beberapa prestasi penting berhasil ia torehkan antara lain ketika ia berhasil meyakinkan para petinggi dan pemangku kepentingan untuk merenovasi sebuah kantor tua yang mempunyai sejarah besar yakni Old Post Office Pavilion di kawasan Pennsylvania Avenue Washington DC. Pembangunan kembali kantor pos yang penuh dengan sejarah tersebut berhasil mendapatkan dukungan dari berbagai pihak tak lepas dari kepiawaian negosiasi Ivanka Trump. Selain itu, ia juga pernah berhasil meloloskan tender akuisisi perusahaan Doral Resort and Spa, dalam kondisinya yang masih terbaring di kamar rumah sakit pasca melahirkan putri pertamanya.

Artikel lain: 5 Prosedur Menutup Negosiasi Penjualan Dengan Lebih Efektif

Dari berbagai pengalamannya tersebut, sikap tenang, persiapan matang dan rasa cinta terhadap pekerjaan, adalah beberapa ramuan utama yang harus dimiliki ketika seseorang ingin sukses dalam menjalankan negosiasi bisnis.

Lebih rinci, beberapa hal berikut ini bisa menjadi panduan bagi Anda ketika menghadapi sebuah negosiasi bisnis.

1. Fokus Pada Tujuan

Ketika memulai sebuah negosiasi bisnis, bekal yang sudah harus tertanam kuat dalam benak kita adalah tentang tujuan yang ingin kita capai. Tujuan atau rencana tersebut harus sudah tersusun rapi Jauh sebelum negosiasi bisnis dijalankan. Dan berikutnya pertahankan tujuan tersebut sekuat tenaga dalam kondisi apapun.

Banyak dari mereka yang gagal menjalankan negosiasi, karena tujuan awal yang mereka bawa tidak tersampaikan dengan baik. Bahkan dalam beberapa kondisi, mereka tidak mampu mempertahankan tujuan tersebut dan mengikuti arus dari “lawan” negosiasi bisnis.

2. Mempersiapkan Berbagai Kemungkinan

Kiat berikutnya dari Ivanka Trump jika ingin sukses menjalankan negosiasi bisnis adalah selalu menyiapkan berbagai kemungkinan yang akan timbul sepanjang negosiasi berlangsung. Seperti diketahui pembicaraan bisnis merupakan hal yang sangat dinamis. Terkadang dalam proses tersebut kita dituntut untuk bisa mengeluarkan keputusan krusial dalam kondisi yang sangat terjepit.




Agar tidak salah langkah ketika memutuskan suatu hal, sebelum memulai sesi negosiasi bisnis kita bisa memikirkan kembali berbagai kemungkinan yang bisa saja muncul. Dengan begitu ketika kondisi yang kita khawatirkan benar-benar terjadi, kita tidak akan merasa gugup dan bisa tetap mempertahankan argumen dan tujuan bisnis dengan baik.

3. Sedikit Berbicara Banyak Mendengar

Ivanka Trump menuturkan bahwa, dia sudah banyak menemui negosiator bisnis handal dari berbagai perusahaan besar. Dan salah satu hal yang dipelajari adalah, kebanyakan dari mereka tidak terlalu banyak mengeluarkan kata-kata melainkan lebih fokus untuk mendengarkan lawan bicaranya.

Ini pulalah yang kemudian selalu diterapkan oleh Ivanka selama masa negosiasi yang ia alami. Dengan banyak mendengarkan rekan bisnis, kita bisa mengetahui alur pemikiran mereka. Sebagai hasilnya, kita bisa lebih mudah untuk mengarahkan agar negosiasi bisnis berakhir lebih menguntungkan bagi pihak kita.

Baca juga: Bagaimana Bernegosiasi Gaji Yang Tepat Untuk Fresh Graduate, Simak Tips Ini

Selain itu dengan lebih sedikit berbicara, terkadang lawan negosiasi kita akan membuka dengan sendiri berbagai informasi penting terkait bisnis yang mereka jalankan. Tak jarang pula, informasi tersebut justru merupakan informasi yang sangat penting bahkan rahasia dan tidak boleh diketahui oleh pebisnis lain. Inilah keuntungan dari tips yang satu ini.

Itulah beberapa kiat utama dari Ivanka Trump ketika ingin memenangkan sebuah negosiasi bisnis. Kita bisa mempelajari kiat-kiat tersebut, dan menerapkan ketika berada dalam kondisi negosiasi. Mungkin untuk beberapa orang tidak cocok dengan poin poin di atas. Oleh karena itu kita bisa mengambil pohon yang tepat, dan mengkombinasikan dengan kebiasaan atau strategi bisnis yang sudah kita jalankan.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud