Tips Sukses Berwirausaha Ala Presiden Jokowi

Jokowi

Sudah banyak diketahui bahwa Joko Widodo atau yang akrab disapa dengan Jokowi, Presiden RI saat ini dulunya adalah seorang pengusaha. Dia berangkat mengembangkan usahanya dari Kota Solo. Beliau mengembangkan bisnis mebel nya dari nol, hingga berhasil ekspor ke luar negeri. Tentu banyak pengalaman dalam dunia bisnis yang bisa kita ambil dari perjalanan karir nya sebagai pengusaha.

Menurut Jokowi, untuk menjadi seorang wirausaha tidak harus memiliki modal finansial yang kuat, yang terpenting adalah keberanian untuk memulai. “Banyak orang yang mengatakan untuk wirausaha harus punya modal dulu, tapi menurut saya tidak, yang paling penting memulai usaha, jangan takut,” begitu ucapnya suatu ketika. Sebagai seorang wirausahawan, Jokowi pasti juga memiliki tips – tips sukses bagaimana menjalankan bisnisnya, berikut adalah tips sukses dari Bapak Jokowi untuk para wirausahawan.

1. Lakukan Inovasi Produk Setiap Waktu

Menurut beliau inovasi adalah kunci pertama dalam menjalankan sebuah bisnis. Jika produk Anda seuatu barang atau benda, maka inovasi bisa Anda lakukan dari segi bentuk, kemasan maupun tampilan yang ada. Selalu lakukan pembaruan terhadap produk yang Anda jual. Pembaruan produk diperlukan selain untuk merefresh konsumen, juga untuk selalu mencari yang terbaik dari produk Anda. Sesuaikan dengan apa yang dibutuhkan pasar saat ini, jika tidak maka produk Anda pasti tidak akan mampu bersaing di pasar.

Artikel lain: Bob Sadino Meninggal Dunia, Ini “Warisannya” untuk Pebisnis Indonesia

2. Pandai Melihat Peluang dan Manfaatkan Sebaik Mungkin

Sebagai seorang pebisnis, Anda harus pandai dan jeli melihat peluang. Tak cukup sampai di situ, Anda juga harus pandai memanfaatkan nya dengan baik. Tidak ada gunanya jika Anda hanya pandai melihat peluang saja, namun tidak berani memanfaatkannya. Semuanya menjadi percuma tanpa adanya action dari Anda sendiri. Jadi di sini berlaku kaidah siapa cepat dia dapat.




“Jangan sampai peluang itu lepas, mau jualan produk apa pun, kejar dan jangan lewatkan.” Jokowi

3. Kerja Keras, Penuh Semangat dan Ulet

Semua itu adalah modal utama menjadi seorang wirausahawan. Tanpa itu semua kegagalan dalam berbisnis akan selalu menyertai perjalanan usaha Anda. Meskipun mempunyai finansial yang melimpah, namun tanpa tiga sifat kerja keras, penuh semangat dan ulet, kehancuran dan kegagalan tidak akan bisa terlepas dari bisnis Anda. Sebaliknya, jika Anda memiliki tiga modal sikap di atas, seberapapun modal finansial yang Anda miliki, peluang untuk tumbuh dan berkembang semakin besar untuk Anda.

“Kita harus kuat, bekerja keras, kalau saya dari subuh sampai subuh, kalau tidak begitu, maka lupakan sukses.” Jokowi

4. Selalu Konsisten Dalam Kondisi Apapun

Tak semudah mengucapkannya, konsisten dalam kondisi apapun sangat membutuhkan energi yang besar. Apalagi ketika bisnis kita dalam keadaan yang terpuruk, maka di situ konsistensi kita mulai diuji. Kemampuan bersabar dalam konsisten tidak bisa serta merta Anda dapatkan begitu saja.

Kemampuan itu bisa Anda dapatkan dengan giat berlatih dan take action. Jangan gampang menyerah. Jika kita berhasil melewati ujian dengan sukses, ke depan tentu akan lebih mudah lagi dalam menghadapi hambatan atau rintangan. Hidup selalu menyajikan berbagai rintangan dan kendala, namun menurut beliau manusia memiliki pilihan untuk mau menghadapinya atau tidak.




5. Beranilah Mengambil Resiko

Semua bisnis pasti mengandung unsur resiko. Tinggal bagaimana Anda menghadapi resiko tersebut. Yakinkan pada Anda bahwa dalam bisnis hanya ada dua resiko, yaitu resiko untuk sukses dan resiko untuk semakin sukses. Jadi ambillah resiko itu, kelola dengan bijak dan jangan mudah panik. Berpikir dan bertindaklah dengan tenang agar mendapatkan keputusan yang maksimal.

Dengan keyakinan seperti itu Anda tidak akan pernah takut untuk mengambil langkah, seberapapun besar resiko yang mungkin akan Anda hadapi.

Baca juga: 5 Tips Menjalankan Bisnis dari Rumah, Coba Terapkan Sekarang

6. Mampu Berkoordinasi dan Menjalin Komunikasi yang Baik Dengan Relasi

Dalam setiap langkah yang Anda putuskan, harus mempunyai nilai komunikasi dan koordinasi yang baik. Baik komunikasi atau koordinasi dari intern tim bisnis Anda sendiri maupun komunikasi dengan rekan bisnis atau kolega Anda. Dengan komunikasi yang baik, Anda akan selalu bisa menjaga bisnis Anda dengan kolega tetap stabil. Tanpa komunikasi yang baik, sulit mendapatkan sebuah kepercayaan dari kolega atau rekan bisnis.

Demikian tips sukses berwirausaha dari Bapak Presiden Jokowi. Semoga bisa menginspirasi kita semua untuk tetap maju dan berkembang.



3 total comments on this postSubmit yours
  1. Terimakasih atas informasi artikelnya pak. Sangat bermanfaat sekali bagi para pemuda yang ingin berwirausaha sejak dini.

    Oh iya di kampus saya, Universitas Gunadarma pada jurusan teknik informartika diajarkan materi Riset Operasional yang sangat bagus untuk memulai wirausaha ataupun cara kewirausahaan yang benar, yaitu dengan cara memaksimalkan keuntungan dan meminimalisir biaya.

    Semangat terus untuk para pengusaha muda Indonesia :D

  2. Tips jitu untuk menggapai sukses… save ah gan buat persiapan dikala sampai indonesia raya

  3. Memang benar Pak Jokowi berasal dari kalangan Pengusaha bukan Politisi, tentu saja banyak tips dari beliau untuk kita pelajari lebih lanjut. Saya pernah membeli dan membaca sampai habis buku tentang Jokowi “Pemimpin Rakyat Berjiwa Rocker” kalau ga salah seperti itu judul bukunya….menarik kisahnya

    Untuk 6 tips ini, saya pasti bookmark dulu untuk menelaah lebh dalam, dan terima kasih telah berbagi pemikiran dalam berbisnis

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud