Tips Sederhana Ini Bisa Mendukung Pertumbuhan Bisnis Online

Pertumbuhan-Bisnis-Online

Menjamurnya bisnis online di internet tentu membuat kita harus memutar otak agar bisnis online kita bisa mengungguli persaingan dengan bisnis online yang sejenis. Tak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk membuat bisnis online kita jadi lebih unggul dibandingkan dengan yang lainnya. Kuncinya hanya satu kok, gunakan intuisi dan logika kita untuk membuat perputaran produk jadi lancar sekaligus membuat pelanggan jadi puas dan loyal terhadap bisnis kita.

Beberapa trik sederhana berikut ini patut dipraktekkan agar pertumbuhan bisnis online kita bisa berlangsung lebih lancar dan efektif :

1. Segera Habiskan Produk yang Perputarannya Lambat

Produk-produk yang sifatnya musiman, mengikuti tren, mudah rusak atau sulit terjual dalam kurun waktu 3 bulan sebaiknya harus langsung dijual secepatnya agar tidak mempengaruhi perputaran modal dan keuangan pada bisnis online. Kita bisa mengiklankan produk tersebut dengan penawaran harga atau bonus spesial di beberapa situs jual beli. Lakukan update secara berkala dan teratur agar banyak pengguna internet yang melihat produk tersebut dan tertarik untuk membelinya.

Artikel lain: Tips Membidik Target Pasar Wanita – Promo, Promo dan Promo!

2. Lakukan Upsell dan Cross Sell

Upsell adalah cara menjual suatu produk yang mirip dengan produk yang sedang dilihat oleh pelanggan, namun dengan tingkat margin yang lebih tinggi. Misalnya, kita menawarkan produk paket lapis legit eksklusif ketika seorang calon pelanggan sedang mampir ke website kita untuk melihat produk lapis legit dengan paket ekonomis.

Sedangkan cross sell adalah cara menjual suatu produk yang menjadi pelengkap dari produk yang sedang diamati pelanggan. Jadi, ketika Anda menjual produk kuliner berupa chicken cordon bleu cepat saji, Anda juga bisa menawarkan produk mayonnaise homemade sebagai barang komplementer dari produk utama.

3. Gunakan Fitur Chat dan Fasilitas Komunikasi Pendukung

Fitur chat pada suatu website bisnis online dapat menjadi jembatan yang langsung menghubungkan kita dengan para calon pelanggan. Dengan demikian, pelanggan dapat langsung menghubungi kita melalui fitur chat untuk menanyakan mengenai spesifikasi produk, proses pembayaran atau hal-hal penting lainnya.

Hal ini secara tak langsung juga membuat kita lebih fokus terhadap masalah yang sering dihadapi para pelanggan bisnis online kita. Kita juga bisa mencantumkan nomor telepon atau akun chat agar pelanggan dapat menghubungi kita secara lebih personal.

4. Perbaiki Tampilan Website

Website yang tampilannya berantakan atau error bisa membuat pelanggan mengurungkan niatnya untuk membeli suatu produk. Sang pelanggan tentu tak ingin membuang-buang waktunya hanya untuk mencari informasi tentang bisnis online kita. Karena hanya dengan sekali klik, mereka bisa menemukan website bisnis online lainnya yang menjual produk serupa. Jadi, jangan pernah lalai untuk me-maintain dan memperbaiki tampilan website agar tampak lebih menarik namun tetap simpel dan keren.

5. Promosi, Gratis Ongkos Kirim

Banyak survey yang menyatakan bahwa banyak pelanggan online yang tak ingin membayar ongkos kirim untuk produk yang mereka beli. Bahkan banyak pula pelanggan yang membatalkan transaksi bila merasa keberatan dengan ongkos kirim yang terlalu mahal. Solusinya, cobalah untuk menawarkan promosi berupa gratis ongkos kirim, bahkan kalau perlu hingga ke seluruh pelosok Indonesia.

Hal ini tentu akan meringankan si pelanggan karena pelanggan merasa bahwa harga produk yang harus dibayar sudah termasuk dengan ongkos kirim hingga sampai ke tujuan. Menarik sekali bukan.




6. Jangan Lupa Mengucapkan Terimakasih

Pelanggan yang sudah menerima kiriman produk dari kita tentu merasa senang bila produk yang dibeli sesuai dengan ekspektasinya. Si pelanggan tentu akan lebih senang lagi bila kita mengucapkan ungkapan terima kasih secara personal. Cukup katakan saja “thanks untuk ordernya sis/ bro. Kita tunggu orderan-orderan selanjutnya ya…” maka sang pelanggan akan merasa senang karena dihargai. Memikat hati pelanggan ternyata tak sulit kan.

Baca juga: 5 Tips Untuk Mendapatkan Pelanggan Online Lebih Banyak

Semoga beberapa tips di atas bisa menjadi bahan referensi yang berharga bagi para pebisnis online. Dengan sedikit ketelitian dan ketekunan, bisnis online bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud