Tips Menjual Pakaian Secara Online, Mudah dan Efektif

Tips Menjual Pakaian Secara Online, Mudah dan Efektif

Tips-Menjual-Pakaian-Secara-Online

Membuka toko online yang menjual berbagai macam barang bukanlah hal baru lagi. Sebagai tempat berkumpulnya orang-orang, dunia maya menjadi tempat yang pas untuk menjual sesuatu. Tak ubahnya di dunia nyata, dunia maya seperti sebuah pasar di mana di situ terdapat banyak orang.

Jika ada banyak orang, maka potensi untuk mendapatkan perhatian ketika menjual barang akan sangat besar. Itulah mengapa dunia maya kini menjadi tempat strategis untuk menjual berbagai jenis barang.

Berjualan baju secara online adalah salah satu contoh #toko online yang banyak berkembanng belakangan ini. Secara umum, dalam membangun toko online di dunia maya memang memiliki banyak kelebihan. Kelebihan itu seperti:

Artikel lain: Cara Membuat Toko Online Dengan Platform WordPress

  1. Jangkauan pasar yang luas. Dunia maya tidak membatasi kita dalam memasarkan barang. Seluruh masyarakat di Indonesia bahkan dunia bisa melihat promosi yang kita lakukan. Jadi peluang untuk mendapatkan pembeli semakin besar, tidak terbatas yang satu kota saja.
  2. Barang-barang fashion adalah benda yang tahan lama. Sehingga tidak perlu takut kalau pakaian tidak bertahan lama. Sehingga kita tidak perlu takut kalau barang tidak laku-laku. Meskipun barang lama, asalkan bisa di-match dengan benda lainnya, maka benda itu akan tetap bisa dijual.
  3. Dunia fashion tidak akan pernah mati, jadi pangsa pasar ini memiliki jangka panjang. Sehingga umur toko online-pun akan panjang pula.

Tips Mudah Menjual Pakaian di Internet

Toko online yang menjual pakaian saat ini bak jamur di musim penghujan. Pertumbuhannya begitu cepat, banyak dan tidak bisa dihentikan. Oleh sebab itu, semakin banyak pemain yang membuka usaha pakaian di dunia maya tersebut, kita harus memiliki trik agar bisa menggaet pasar.

Inovasi tiada henti harus menjadi modal utama agar tidak kalah dengan toko online lainnya. Selain itu tentunya harus ada cara-cara lain agar toko online tetap bisa berdiri dan pembeli tidak pernah sepi. Agar menjadi bahan renungan berikut ini sudah kami rangkumkan beberapa tips menjual pakaian secara online.

I. Sebelum memutuskan membuka toko online yang menjual pakaian, kita harus mengetahui beberapa kebiasaan pembeli di dunia nyata. Kebiasan-kebiasan itu seperti:

  1. Pembeli barang-barang fashion lebih baik wanita daripada pria
  2. Pembeli sangat suka melihat stok barang yang ada sebelum menentukan mana yang harus mereka pilih
  3. Dalam melihat-lihat baju itu, mereka akan memperhatikan detail pakaian tersebut.

II. Setelah mengetahui kebiasan-kebiasaan para pembeli pakaian di dunia nyata, kini kita bisa merumuskan beberapa hal dalam membangun toko online, seperti:

  1. Siapkan website/ toko online sebagai tempat untuk memajang stok baju yang ada. Meskipun tidak memerlukan toko, bukan berarti kita tidak memerlukan tempat untuk memajang barang. Website adalah tempat tepat untuk memajang baju. Meskipun #media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram ataupun Pinterest bisa menjadi tempat memajang foto-foto barang, media ini tidak memberikan jaminan apa yang ada di dalamnya. foto-foto itu bisa hilang jika suatu saat terjadi masalah di media sosial itu. Jadi siapkan website sebagai toko online-nya.
  2. Setelah website siap, upload foto-foto baju yang kita jual. Gunakan foto dengan resolusi tinggi sehingga detail pakaian dapat terlihat dengan jelas. Fotolah pakaian itu dari berbagai sisi sehingga mereka dapat melihat keseluruhan pakaian yang ingin mereka beli.
  3. Gunakan model dalam mengabadikan pakaian itu. Model yang enak dipandang mata akan membuat mereka tertarik untuk melihat produk-produk kita.
  4. Menggunakan video untuk menunjukkan stok pakaian juga bisa dilakukan sebagai inovasi.
  5. Ikuti trend mode fashion saat ini sehinga stok yang dimiliki selalu up to date.
  6. Berikan deskripsi yang jelas dari pakaian yang kita jual, mulai dari ukuran, jenis kain serta stok warna yang tersedia. Dengan begitu rasa ingin tahu pembeli akan terjawab dengan mudah.
  7. Gunakan media sosial untuk menarik mereka untuk mengunjungi website toko online yang kita bangun. Media sosial dan website merupakan dua hal yang bergantungan saat ini. Jika bisa memafaatkan media sosial dengan baik, maka kita dapat menggiring konsumen ke website toko online kita.
  8. Jaga selalu kualitas barang yang dijual. Sekali pembeli kecewa, maka mustahil bisa menarik mereka kembali.
  9. Terakhir jangan lupakan pelayanan kepada pembeli. Sebagus apapun barang yang dijual, kalau pelayanan kita kurang baik, maka pembeli akan kecewa. Jadi selain beberapa tips di atas, harus dilengkapi dengan pelayanan yang baik.

Baca juga: Belajar Mengenali Tipe Konsumen dalam Bisnis Online

Itulah tadi beberapa tips menjual pakaian secara online. Dengan trik yang pas, maka toko online yang kita bangun akan terus menerus mendapatkan pelanggan.

7 KOMENTAR

  1. saya tertarik sekali dgn tips diatas. semoga suatu saat saya akan mengalahkan penjualan Olshop toko Google fashion 😀 Aceh. Yg tenar di fb. kuncinya barang dan model mereka bagus2

  2. kalau postingan diatas lebih merujuk ke hal suplai ya , kalau untuk pemasarannya bagaimana ya pak , terutama untuk toko online ?

  3. yang susah tuh mencari konsumen yang mudah percaya karna ga semua pembeli bisa langsung percaya

  4. Menjajakan pakaian online bisa dibilang mudah, tetapi itu tadi mengenali tipe konsumennya yang perlu pengalaman lebih.

  5. Jual Pakaian Wanita

    Wah tips yang satu ini benar benar bermanfaat. Kebetulan saya juga sedang jual pakaian. Jadi bisa langsung mengaplikasikan tutorial yang ada di artikel ini.

  6. ada yang tahu TIPS mencari pasar untuk jualan Kain Antik Troso Jepara gak gan, jika ada yang tau, Comen ane dung. :)

Tinggalkan Balasan