Tips Menjadi Pengusaha Tangguh Sejak Kuliah Dari Shashank ND, Pendiri Startup Kesehatan Practo

Shashank ND

Image dari Yourstory.com

Menjalankan profesi menjadi seorang pengusaha memang bukanlah pekerjaan yang mudah. Akan selalu ada banyak rintangan yang siap menghadang kapanpun dan dimanapun Anda melangkah. Terlebih jika Anda memulai mengembangkan bisnis ketika dalam masa kuliah, ini pasti akan lebih sulit lagi. Namun demikian, Anda tidak perlu khawatir atau takut, karena memulai bisnis sejak masih muda, atau dalam masa kuliah, itu memiliki banyak kelebihan tersendiri yang bisa Anda maksimalkan.

Jika Anda masih ragu untuk memulai bisnis sejak kuliah, di bawah ini adalah beberapa tips menjadi pengusaha tangguh ala Shashank ND. Shashank ND sendiri adalah seorang pengusaha yang sukses mendirikan sebuah startup kesehatan dengan nama Practo. Dan, yang bisa kita jadikan pelajaran adalah, ia mengembangkan startup Practo ini sejak ia masih kuliah. Simak baik-baik tips dari Shashank bawah ini.

1. Meski Masih Mahasiswa, Jangan Pernah Takut

Kebanyakan dari kita ketika memulai bisnis apapun atau startup sejak kuliah, rata-rata selalu takut lebih dahulu. Perasaan minder karena belum memiliki pengalaman menjadi sesuatu yang menghambat pola pikir kita sehingga kita sendiri menjadi tidak bisa berkembang.

Perhatikan apa yang dilakukan Shashank ND dan Lal temannya, ia mendirikan startup kesehatan sejak masih kuliah. Mereka memanfaatkan semua sumber daya yang dimilikinya ketika kuliah untuk mengembangkan startup mereka. Mereka sering berdiskusi dengan teman dan bahkan dosen ketika mengalami kesulitan dalam mengembangkan produk.

Artikel lain: Taylor Rosenthal ~ Bocah 14 Tahun Tolak 399 Miliar Demi Ambisi Bisnis




2. Yakin Dan Percaya Bahwa Selalu Ada Jalan

Ini penting sekali, percaya dan yakin selalu ada jalan akan memberikan motivasi yang sangat tinggi untuk terus berkembang. Yakinlah pada impianmu, lalu kerjakan langkah demi langkah, maka suatu saat pasti akan ada jalan. Ini seperti apa yang dialami oleh startup yang dikembangkan Shashank.

Ketika ia mengalami kesulitan dana, mereka berhasil mendapatkan seed funding yang berasal dari patungan teman dan keluarga. Luar biasa bukan, jadi semuanya tidak ada yang tidak mungkin, tinggal seberapa besar usaha Anda untuk menggapainya. Jangan mudah menyerah pada masalah dan keadaan sulit, karena bisa saja itu adalah awal dari kesuksesan Anda dalam mengembangkan usaha.

3. Jangan Pernah Ragu Untuk Ikut Turun Langsung

Apapun yang Anda bisniskan, jangan ragu untuk turun langsung di lapangan. Apa yang Anda lakukan dengan turun langsung ini, pasti akan berguna baik untuk pengembangan diri Anda sendiri, maupun untuk pengembangan startup Anda tentunya. Shashank ND sendiri juga melakukan ini pada awal pendirian startup mereka.

Mereka melakukan penjualan produk secara langsung, dan ternyata itu berbuah manis. Cara tersebutlah yang pada akhirnya mampu membuat mereka bisa mendapatkan pelanggan awalnya. Maka dari itu, langkah turun langsung di lapangan akan selalu dibutuhkan untuk mengembangkan sebuah startup.

4. Ubah Ketakutan Dan Tekanan Menjadi Motivasi

Dalam perjalanan mendirikan dan mengembangkan bisnis startup, tentu akan disertai dengan banyaknya ketakutan dan tekanan. Wajar dan manusiawi memang, namun Anda harus pandai mengelola ketakutan dan tekanan itu. Anda harus mampu mengubah tekanan dan rasa takut itu menjadi motivasi untuk mengembangkan bisnis itu sendiri.




Takut kehabisan modal, kehilangan karyawan, ataupun klien penting berhenti berlangganan, itu adalah ketakutan yang pasti semua pengusaha merasakannya. Jadikan hal itu untuk memotivasi diri untuk menciptakan kreasi dan inovasi sehingga bisa menjadi solusi yang tepat terhadap ketakutan itu sendiri.

Baca juga: Ludwick Marishane ~ Mendapat Ide Berbisnis Mandiri Berawal Dari Kebiasaan Malas Mandi

5. Cintailah Masalahnya, Bukan Idenya

Berbeda dari beberapa pengusaha, Shashank ND lebih menitikberatkan pada mencintai masalah bukan pada idenya. Banyak pengusaha yang menjalankan bisnisnya yang tiba-tiba berubah haluan dari model A ke model Z. Namun bagi Shashank, ia menguatkan visinya ke depan sejak pertama kali membangun dan mengembangkan startup.

Ia ingin menciptakan sebuah produk yang bagus untuk industri kesehatan secara global. Dan itu akan tetap ia lakukan meski tidak dibayar sekalipun. Dan itulah yang menjadi jiwa bisnis yang akan menguatkan perjalanan dalam mengembangkan bisnis startup itu sendiri. Jadi ketika Anda mencintai masalahnya, maka Anda akan selalu mencari solusi yang terbaik untuk memecahkan masalah tersebut.



2 total comments on this postSubmit yours
  1. tulisan yang sangat menginspirasi mas, biasanya yang caya gali idenya bukan masalah yang dihadapi.

  2. Yang paling saya suka point yg ke lima Cintailah Masalahnya, Bukan Idenya…

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud