Tips Mengatur Layanan Pengembalian Produk Pada eCommerce

pengembalian produk

Untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada setiap pelanggan #eCommerce Anda, sudah selayaknya Anda memberikan berbagai fasilitas kemudahan pada mereka. Karena harus kita sadari juga bahwa fasilitas kemudahan dalam bertransaksi secara online tentu akan semakin meningkatkan kredibilitas bisnis online Anda di mata para pelanggan.

Nah, salah satu fasilitas yang sering kita jumpai dalam rangka meningkatkan pelayanan pada konsumen adalah adanya fasilitas pengembalian produk pada sebuah eCommerce. Sistem seperti  ini, jika Anda kelola dengan baik, maka akan menjadi sebuah promosi bisnis yang sangat bermanfaat untuk menjamin loyalitas dari pada konsumen.

Simak beberapa tips di bawah ini tentang bagaimana mengelola sebuah sistem pengembalian produk yang baik sekaligus untuk media promosi #bisnis online Anda.

Artikel lain: 4 Langkah Dapatkan Perhatian Konsumen Wanita Dalam Bisnis E-Commerce

1. Info Pengembalian Produk Harus Jelas

Ini yang sering terjadi pada kebanyakan eCommerce yang ada, mereka terlalu mengkhawatirkan jika nantinya akan ada banyak pelanggan yang mengembalikan produk nya. Namun perlu Anda ketahui bahwa dengan menyembunyikan info pengembalian tersebut, maka dengan sendirinya kredibilitas dari eCommerce Anda akan turun.

Selain itu, info pengembalian produk yang jelas dan mudah dilihat oleh konsumen, akan selalu menjadikan kita lebih berhati – hati dan selalu meningkatkan kualitas produk kita. Untuk apa takut barang Anda dikembalikan jika memang sebenarnya barang Anda tidak bermasalah.

Untuk sebuah eCommerce yang baik, seyogyanya menampilkan label atau apapun itu bentuk info pengembalian produk, pada halaman utama #website. Ini bertujuan untuk memberikan informasi juga kepada calon pembeli untuk lebih mempelajari dengan baik sebelum memutuskan untuk membeli sebuah produk.

2. Tenggat Waktu Pengembalian Yang Lebih Lama

Meskipun mungkin hal semacam ini akan semakin meningkatkan kemungkinan banyaknya produk akan kembali, namun di sisi lain efek secara psikologi akan sangat baik terhadap pelanggan. Mereka akan semakin percaya terhadap eCommerce Anda karena selalu memberikan pelayanan dan fasilitas yang prima pada setiap pelanggannya.

Perasaan nyaman akan muncul pada saat pembelian pertama karena adanya sistem pengembalian ini. Apa lagi dengan tenggat waktu yang sedikit lebih lama, tentu akan membuat konsumen Anda akan betah berbelanja pada eCommerce Anda.

3. Teknis Tata Cara Pengembalian Barang yang Jelas

Prosedur dalam pengemalian barang yang Anda sampaikan lewat website Anda harus jelas. Jangan berbelit – belit dalam memberikan informasi. Jangan sampai ada kesan bahwa Anda mempersulit pelanggan dalam mengembalikan barang.




Berikan instruksi sederhana bagaimana teknis dalam pengembalian barang yang bisa Anda layani dalam eCommerce Anda. Tips sederhana nya adalah dengan menyajikan rangkuman sederhana berisi langkah – langkah teknis. Misalnya apabila ingin menyampaikan komplain harus ke #email atau ke CS langsung, bagaimana kondisi barang yang boleh diretur, dan informasi lainnya yang sejelas – jelasnya.

Atau juga jika eCommerce Anda memberi layanan refund, maka bagaimana syarat pengembalian barang yang bisa refund juga harus disampaikan secara detail agar konsumen tidak merasa tertipu. Dengan menyampaikan cara pengembalian produk sedetail mungkin, akan semakin meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap Anda.

Baca juga: Toko Online Anda Menawarkan Free Ongkir, Jangan Sampai Melakukan Kesahalahan Ini

4. Mintalah Feedback Dari Pelanggan

Ketika semua proses pengembalian barang dari pelanggan pada toko online Anda sudah beres dan terselesaikan dengan baik, ada baiknya jika Anda juga memberikan apresiasi berupa ucapan terima kasih. Atau juga bisa menawarkan diskon untuk pembelian berikutnya kepada pelanggan Anda yang telah melakukan proses pengembalian barang pada eCommerce Anda.

Hal ini baiknya dilakukan setelah sepekan atau seminggu setelah penggantian selesai dilaksanakan. Anda juga bisa meminta feedback atau sekedar testimoni dari pelanggan Anda atas layanan dan fasilitas yang sudah eCommerce Anda berikan.

Sebuah testimoni positif ataupun sekedar kritik dan saran yang membangun dari konsumen Anda akan membuat sebuah eCommerce semakin berkembang dan mendapat apresiasi dari konsumen.

So, mulai dari sekarang biasakan memberikan pelayanan prima terhadap setiap konsumen Anda baik pelanggan besar maupun kecil. Karena sekecil apapun pelayanan yang Anda berikan pada pelanggan, itu pasti akan menjadi catatan tersendiri bagi mereka. Kepuasan pelanggan menjadi barometer dan kunci sukses dalam berbisnis, ingat itu.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud