Tips Mendapatkan Pekerjaan Untuk Yang Prestasi Akademisnya Pas-pasan

Prestasi Akademis

Image dari Psypost.org

Memiliki nilai akademis yang pas-pasan memang bisa menjadi kendala seseorang untuk mendapatkan suatu pekerjaan. Lebih dari itu, sebelum mencari pekerjaan, kadang rasa kurang percaya diri dan minder sering menjadi penghalang seseorang dengan prestasi akademis yang pas-pasan untuk mencari pekerjaan. Padahal dengan berbagai teknologi yang semakin maju seperti sekarang ini, peluang pekerjaan semakin terbuka dan semakin variatif.

Bagi siapa saja masih terbuka lebar peluang pekerjaan yang bisa didapatkan. Dan pekerjaan itu bukan hanya untuk orang dengan prestasi akademis yang bagus saja, bagi Anda yang tak punya prestasi akademis yang tidak bagus pun sebenarnya juga masih sangat terbuka. Di bawah ini adalah beberapa tips bagi Anda yang mungkin prestasi akademisnya tidak menonjol, simak ya.

1. Tetap Semangat Dan Jangan Menyesali Diri

Pertama yang harus Anda lakukan adalah jangan pernah merasa minder apalagi rendah diri. Percayalah bahwa prestasi akademis yang buruk itu bukan akhir dari segalanya. Bahkan ada juga orang yang bisa menjadi sukses dengan prestasi akademis yang buruk dan bahkan ada juga yang tidak tamat sekolah. Tetap bekerja keras apa yang bisa Anda lakukan untuk saat ini.

Menyesali diri hanya akan membuat Anda semakin terbenam dan sulit untuk mengembangkan diri. Buang jauh-jauh perasaan tersebut, masih banyak peluang kerja ataupun peluang bisnis yang bisa Anda kerjakan.

Artikel lain: 20 Situs Lowongan Kerja Terbaru dan Terpercaya di Indonesia

2. Perbanyak Informasi Lowongan Kerja yang Tidak Dipublikasikan

Selanjutnya, Anda harus rajin mencari informasi lowongan pekerjaan, baik secara online maupun secara offline. Dan rajin-rajinlah juga untuk mencari lowongan pekerjaan yang tidak dipublikasikan di media. Karena ternyata ada banyak sekali lowongan pekerjaan yang tidak dipublikasikan melalui media. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan memperluas koneksi Anda, perbanyak teman, lakukan komunikasi yang hangat dengan banyak orang.

Cara ini akan semakin meningkatkan potensi peluang Anda mendapatkan informasi terkait lowongan pekerjaan yang mungkin tidak dipublikasikan di tempat umum. Karena biasanya lowongan pekerjaan yang tidak diumumkan hanya disampaikan pada orang-orang dekat. Dan biasanya akan disampaikan pada orang yang sudah kenal baik saja.

3. Jangan Pilih-Pilih Pekerjaan

Kemudian setelah poin pertama dan kedua, yang seharusnya Anda lakukan adalah jangan pilih-pilih pekerjaan. Terima saja pekerjaan yang ada sekarang, terlebih jika saat ini Anda tidak memiliki pekerjaan sama sekali, asalkan pekerjaan yang tidak melanggar hukum dan norma, terima saja. Jangan pikirkan yang terlalu tinggi dulu, gaji tinggi, karir tinggi. Abaikan saja dulu, yang penting Anda bekerja.

Setelah Anda bekerja, baru Anda pikirkan yang selanjutnya, karena biasanya suatu pekerjaan bisa menjadi batu lompatan pada pekerjaan yang lebih tinggi selanjutnya. Dengan pengalaman yang sudah pernah Anda dapatkan, maka Anda memiliki peluang untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih bagus untuk diri Anda.

4. Maksimalkan Passion Dan Tingkatkan Keahlian Anda

Untuk menambal kelemahan Anda pada prestasi bidang akademis, sudah seharusnya Anda meningkatkan keahlian Anda. Temukan passion Anda kemudian tingkatkan kemampuan Anda pada bidang yang Anda cintai. Karena saat ini banyak sekali lowongan pekerjaan yang bisa mengakomodasi berbagai kemampuan kreatif seseorang.




Bahkan hobi bermain #game pun saat ini bisa menjadi lowongan pekerjaan yang sangat menguntungkan. So, selalu tingkatkan keahlian Anda dibarengi dengan selalu mencari informasi terkait keahlian atau passion yang Anda miliki untuk mencari pekerjaan.

Baca juga:

5. Mendapatkan Pekerjaan Tidak Harus Ikut Orang Lain

Nah, ini terkait dengan mindset Anda sendiri. Anda jangan selalu berasumsi bahwa mencari pekerjaan harus ikut orang lain atau masuk pada sebuah perusahaan. Jika Anda bisa memanfaatkan peluang bisnis yang ada, Anda bisa menjalankan bisnis sendiri dan tak perlu mencari pekerjaan. Bahkan Anda bisa menciptakan lowongan pekerjaan bagi orang lain, bukankah itu cukup membanggakan.

Jadi mulai sekarang, meski prestasi akademis Anda pas-pasan atau bahkan buruk, galilah potensi dan passion diri Anda dan makasimalkan selalu setiap waktu. Karena bisa jadi passion Anda itulah yang akan membawa Anda pada tangga kesuksesan.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud