Tips Memilih Situs Belanja Online Dari Chief Marketing Officer Lazada

Image dari Polipay.co.nz

Image dari Polipay.co.nz

Sebagai negara dengan perkembangan ecommerce yang sangat signifikan, saat ini ada banyak sekali toko online yang berdiri di Indonesia. Dari yang dikelola secara pribadi maupun dikelola oleh perusahaan, situs-situs ecommerce begitu banyak bermunculan. Ada beraneka ragam yang mereka tawarkan, ada yang menawarkan produk berupa barang ada juga yang menawarkan jasa.

Dari banyaknya situs #toko online ini kemudian memunculkan masalah baru terutama untuk para konsumen. Semakin banyak bermunculan toko online, ternyata tidak serta merta dibarengi dengan persaingan dalam perbaikan pelayanan yang maksimal. Akibatnya bagi para konsumen sulit memilih situs belanja online yang benar-benar aman bagi mereka dan bisa dipercaya. Ini menjadi masalah serius, karena memang sulitnya menjaring mana situs ecommerce yang bisa dipercaya dan mana yang abal-abal.

Artikel lain: Minimalisir Penipuan Saat Membeli Gadget Secara Online dengan 4 Cara Berikut ini

Menyikapi hal tersebut, kali ini Chief Marketing Officer (CTO) Lazada Indonesia, Sebastian Sieber menjelaskan bahwa di sini konsumen harus bisa melangkah dengan cerdas dalam memilih #ecommerce yang bisa dipercaya. Sebastian Sieber pun kemudian berbagi tips bagaimana cara memilah ecommerce dengan baik, simak di bawah ini.

1. Pastikan Customer Service Ecommerce Tersedia Setiap Waktu

Pertama yang harus Anda lihat adalah layanan customer service nya, apakah pada situs ecommerce tersebut cs bisa dihubungi kapan saja atau tidak. Ini sangat penting karena berguna untuk melakukan cek dan mengetahui status pengiriman barang yang Anda beli.




Selain itu, layanan customer service juga bisa Anda manfaatkan untuk menanyakan banyak mengenai produk yang akan Anda beli. Ketika layanan cucstomer service bisa dihubungi kapan saja, artinya ecommerce tersebut sangat menghargai konsumen dan layak Anda pilih.

2. Periksa Dengan Teliti Term & Condition

Anda juga harus memperhatikan dengan seksama tentang kebijakan situs ecommerce itu sendiri. Anda harus memahami betul bagaimana Term & Condition dalam situs ecommerce untuk mencegah penipuan di kemudian hari. Term & Condition sangat penting keberadaannya, jika Term & Condition jelas, artinya situs tersebut layak untuk Anda jadikan tempat belanja online. Namun jika Term & Condition tidak jelas apalagi tidak ada, artinya situs itu tidak layak Anda pilih.

3. Cari Tahu Siapa Pendukung Situs Ecommerce

Cari tahu informasi mengenai siapa pendukung yang ada di belakang situs ecommerce tersebut. Misalnya jika situs ecommerce tersebut didukung oleh pihak luar seperti bank nasional, atau perusahaan telekomunikasi, itu bisa menambah nilai pada ecommerce tersebut.

Artinya situs ecommerce tersebut bisa lebih terpercaya dibanding daripada ecommerce lain yang tidak memiliki dukungan dari pihak luar dengan reputasi tinggi. Dengan didukung oleh perusahaan yang memiliki reputasi terpercaya, artinya situs tersebut telah diakui.

4. Periksa Sertifikat Keamanan Dalam Sistem Pembayaran Online

Periksa juga sertifikat keamanan yang digunakan dalam setiap transaksi pada sistem #pembayaran online yang disediakan oleh situs ecommerce. Misalnya saja ketika membayar produk dari situs ecommerce menggunakan kartu kredit, sistem transaksinya sudah mendapatkan sertifikat dari layanan pembayaran keamanan, berarti itu adalah situs ecommerce bagus. Norton dan Veritrans adalah dua layanan yang sering bekerjasama dengan situs ecommerce.




Baca juga: Tips Aman Terhindari Dari 5 Tanda Bahaya Saat Belanja Online

5. Dapatkan Informasi Dari Pihak Ketiga

Selalu saja yang harus Anda lakukan adalah mencari tahu informasi sebanyak-banyaknya terkait ecommerce yang akan Anda pilih. Tanyakan juga kepada pihak ke tiga tentang situs ecommerce tersebut. Ada banyak yang bisa Anda lakukan, misalnya dengan bertanya langsung kepada orang lain yang pernah bertransaksi langsung dengan ecommerce tersebut.

Bisa juga dengan browsing di #internet mengenai ecommerce tersebut, apakah ada berita negatif terkait situs tersebut atau namanya bersih. Jika memang benar-benar bersih, maka situs tersebut bisa Anda jadikan pilihan.

Nah rekan semuanya, itulah beberapa tips memilih situs belanja online yang baik dari Chief Marketing Officer Lazada Indonesia, Sebastian Sieber. Intinya adalah Anda harus mampu bertindak secara cerdas dan dapatkan informasi sebanyak-banyaknya agar tidak terjadi masalah di masa yang akan datang.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud