Tips Membangun Startup Dari Natali Ardianto, Co-Founder Tiket.com

Tips Membangun Startup Dari Natali Ardianto, Co-Founder Tiket.com

Natali Ardianto
Image dari Praktisiseo.net

Seperti kita ketahui bersama bahwa saat ini adalah waktu dimana mulai banyak bermunculan perusahaan-perusahaan #startup baru di Indonesia. Memang jika dilihat dari potensi pasar yang ada, maka seharusnya di Indonesia ada banyak startup yang mampu melayani kebutuhan masyarakatnya.

Namun  terdapat juga banyak kendala dan rintangan yang tak mudah memang ketika seseorang akan mendirikan dan mengembangkan sebuah startup. Dibutuhkan kerja keras dan tekad yang besar untuk bisa membawa startup menjadi sesuatu bisnis yang sukses. Ada banyak contoh sukses yang bisa kita ambil pelajaran untuk kemudian kita aplikasikan pada startup yang akan kita bangun.

Beberapa waktu yang lalu, Natali Ardianto, Co-Founder Tiket.com berbagi tips dan pelajaran kepada mahasiswa tentang bagaimana mendirikan startup dan mengembangkannya sehingga menjadi besar. Ada beberapa poin penting yang harus Anda perhatikan, simak di bawah ini.

1. Segera Rilis Produk Anda

Jangan menunggu nanti, segera rilis produk Anda ke pasar. Kadang memang kita memiliki pikiran, apakah nanti produk kita bisa diterima di pasar, apakah produk kita cocok untuk dirilis dan pikiran negatif lain. Pikiran tersebut sebenarnya salah menurut Natali, karena pada dasarnya sebuah produk bisa dinilai baru ketika produk itu diluncurkan. Setelah produk dirilis, maka kita bisa melihat respon dari pasar bagaimana, apakah baik atau justru negatif.

Nah, ketika produk kita mendapatkan respon negatif itulah kita harus segera memperbaikinya agar semakin sesuai dengan permintaan pasar. Maka semakin cepat Anda merilis produk, semakin cepat pula Anda mengetahui bagaimana permintaan pasar sebenarnya.

Artikel lain: Pentingnya 3 Budaya Kerja Untuk Membangun Sebuah Startup

2. Pengalaman Adalah Guru Yang Sangat Bagus

Ketika Anda ingin membangun sebuah startup, jangan berpikiran bahwa Anda terlalu muda untuk itu. Keuntungan yang paling besar ketika Anda mendirikan startup sejak usia muda adalah Anda akan sering merasakan kegagalan lebih awal. Dan biasanya ketika Anda masih muda dan sering merasakan kegagalan, semangat untuk belajar dari kegagalan masih sangat tinggi.

Pengalaman Anda saat mengalami kegagalan dan bagaimana cara menghadapinya, akan membawa Anda pada kesuksesan semakin cepat. Karena bagaimanapun juga, dalam dunia bisnis pengalaman adalah guru yang paling baik.

3. Selalu Belajar Dan Melakukan yang Terbaik

Natali menjelaskan bahwa sembilan puluh persen pengetahuan dari seorang entrepreneur adalah berasal dari para mentor dan senior. Maka dari itu, seberapa giat Anda belajar dan mencari informasi dan pengalaman dari para mentor bisa menjadi faktor pembeda kesuksesan Anda dibanding dengan yang lain.

Selain selalu belajar terus, yang perlu Anda lakukan adalah melakukan pekerjaan terbaik. Tidak selalu semua harus Anda yang melakukannya, namun merekrut orang-orang terbaik pada bidangnya adalah hal yang utama. Pilihlah orang-orang yang tepat untuk mengisi pos-pos penting pada startup Anda, maksimalkan mereka agar bisa menghasilkan sesuatu yang terbaik bagi startup Anda yang pada akhirnya terbaik pula pada para konsumen.

4. Jangan Menunggu Pasar

Ini hampir sama seperti pada poin ke pertama di atas, jangan sampai Anda menunggu pasar. Natali mengungkapkan bahwa siapa saja yang masuk ke pasar terlebih dahulu, maka dia akan bisa menjadi penguasa di sana.

Ia mencontohkan seperti apa yang dilakukan oleh GoJek, bagaimana GoJek masuk ke pasar terlebih dahulu sehingga GoJek membuat pesaingnya kesulitan menembus dominasinya dan susah payah melakukan penetrasi. Teknisnya adalah jangan Anda menunda merilis produk Anda sampai benar-benar lengkap, Anda bisa mencantumkan nama saja dulu, ini seperti mendahului kompetitor dalam merebut pasar yang ada.

Baca juga: 7 Aturan Wajib Untuk Membangun Startup Yang Sukses

5. Jangan Remehkan Ketekunan dan Konsistensi

Mental yang lemah menurut Natali masih menjadi problem orang Indonesia. Menurut Natali, orang Indonesia sebenarnya memiliki talenta yang luar biasa, namun seringkali mental yang mudah menyerah membuat orang Indonesia tidak berkembang.

“Kebanyakan masyarakat Indonesia belum apa-apa sudah bilang tidak bisa,” jelas Natali.

Jangan pernah menyerah apalagi ketika Anda belum mencobanya. Percayalah, ketekunan dan konsistensi yang Anda jalani akan membawa hasil yang maksimal pada bisnis startup yang sedang Anda kembangkan.

1 KOMENTAR

  1. Artikel yg sangat bagus..

Tinggalkan Balasan