Tips Memangkas Pengeluaran Bagi Bisnis Kecil Agar Tetap Bertahan

Memangkas-Pengeluaran-Bagi-Bisnis-Kecil

Naik turunnya kondisi perekonomian saat ini menuntut agar pelaku usaha kecil dan menengah lebih sigap dalam mengatur pengeluaran. Biaya produksi, biaya operasional, hingga gaji karyawan harus diperhitungkan semaksimal mungkin agar efisien tanpa harus mengurangi kinerja perusahaan.

Manajemen keuangan sebuah bisnis sebenarnya gampang-gampang susah. Anda tidak hanya sekadar membutuhkan daftar rincian kebutuhan perusahaan, namun juga beberapa trik khusus untuk menekan pengeluaran. Untuk itu, tim redaksi Maxmanroe telah menyiapkan beberapa tips memangkas pengeluaran bagi bisnis kecil agar tetap bisa bertahan di tengah pasang surut perekonomian nasional berikut ini.

1. Perihal Iklan

Iklan menjadi salah satu komponen penting dalam memperkenalkan sekaligus menarik konsumen. Sebuah perusahaan kadangkala tidak berpikir panjang bila berurusan dengan hal ini sehingga rela mengeluarkan biaya banyak agar nama produk muncul di TV atau koran lokal. Jika ini dibiarkan terus-menerus, bukan tidak mungkin rincian biaya membengkak dan mungkin mempengaruhi kestabilan keuangan.

Anda sebenarnya bisa memanfaatkan berbagai media murah meriah untuk mempromosikan perusahaan tanpa bikin kantong jebol, seperti memanfaatkan sosial media atau online publication. Dengan demikian, perusahaan tetap bisa mendapatkan konsumen tanpa harus membuang cukup banyak uang.

Artikel lain: Perkembangan Strategi Pemasaran Modern – Anda Harus Ikuti Perubahan!

2. Rencanakan Pajak

Menjadi entrepreneur tentunya berbeda dengan karyawan biasa yang mendapatkan pemasukkan yang telah dipotong pajak. Anda harus mengurusi berbagai jenis #pajak terkait usaha yang harus dibayarkan tepat waktu agar tidak terkena denda.

Anda dapat menyiasati pengeluaran dari segi pajak ini dengan memakai jasa seorang akuntan profesional. Anda dapat meminta bantuannya untuk menghitung estimasi pajak yang harus dibayarkan serta berkonsultasi tentang beberapa trik untuk mengurangi biaya tersebut.

3. Go Paperless

Salah satu tips memangkas biaya pengeluaran bisnis adalah dengan mengurangi penggunaan kertas. Selain tidak memakan banyak tempat, menyimpan file dalam bentuk digital juga lebih efisien dan mudah diatur. Anda juga turut berkontribusi mengurangi sampah dan go green jika beralih menggunakan file digital. Anda juga dapat menggunakan layanan penyimpanan berbasis awan untuk menyimpan seluruh data rahasia kantor.

4. Pekerjakan Talenta Pintar dan Muda

Setiap perusahaan memang membutuhkan individu berpengalaman untuk menjaga kualitas dan kinerja agar tetap maksimal, namun tidak ada salahnya jika Anda mempekerjakan fresh graduate yang memiliki potensi dan bersedia belajar. Bukan hanya perusahaan akan dipenuhi semangat muda, namun Anda dapat berhemat karena gaji karyawan level entry jauh lebih rendah dibanding kalangan profesional berpengalaman.

5. Jangan Terlalu Fokus Pada Desain Interior Kantor

Pebisnis muda yang baru saja merintis usaha biasanya terlalu fokus mendesain kantor sehingga rela mengeluarkan banyak biaya untuk sekadar membeli furnitur terbaru atau wallpaper. Jika Anda termasuk didalamnya, ada baiknya segera hentikan hal tersebut dan fokuslah terhadap hal lain yang lebih penting.

Anda tidak memerlukan furnitur dengan harga selangit untuk memenuhi gengsi karena sebenarnya kehangatan suasana dalam kantor juga turut berkontribusi memberikan kenyamanan bagi karyawan.




Artikel lain: Co-working Space, Inovasi Konsep Ruang Kerja Modern

6. Cobalah Sistem Barter

Anda dapat mencoba membuat kerjasama dengan teman, keluarga, atau koneksi profesional untuk mempererat jalinan bisnis dengan menggunakan sistem barter. Sebagai contoh, sebuah perusahaan social media marketing akan melakukan promosi lewat jejaring sosial sebagai ganti dari pemasangan iklan atau penyebaran brosur di sebuah salon lokal.

Selain itu, sebuah perusahaan informasi dan teknologi juga bisa barter software tertentu sebagai ganti dari konsultasi pajak di pada seorang konsultan.

7. Maksimalkan Produk Anda

Mengetahui selera pasar, respon konsumen terhadap produk, serta estimasi biaya yang rela mereka keluarkan dapat membantu Anda merancang produk maupun servis dengan efisien. Rajin memonitor segmen pasar dapat membantu mengurangi biaya pengeluaran karena Anda tidak perlu melakukan trial and error, namun juga turut meningkatkan citra di mata masyarakat.

Bertahan di tengah pasang surut perekonomian nasional bukan perkara yang cukup mudah, namun hal itu bukan berarti tidak mungkin. Memangkas biaya pengeluaran juga bukan satu-satunya solusi, akan tetapi langkah tersebut perlu dilakukan agar perusahaan dapat berjalan lancar dan efisien.

Baca juga: 8 Aturan Ini Bantu Sukseskan Bisnis Anda, Lakukan Sekarang!

Beberapa tips diatas jelas berisi langkah mudah yang dapat diikuti oleh siapapun, bahkan jika Anda adalah pemain baru dalam dunia bisnis. Selamat mencoba dan semoga sukses.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud