Tips Jualan di Twitter – Bukan Sekedar Jumlah Followers!

Tips-Jualan-di-TwitterTips jualan di Twitter – social media yang punya logo “imut” ini bisa dikatakan sebagai salah satu social media yang paling tren saat ini. Tidak hanya berinteraksi secara personal antar-teman saja tetapi juga dengan para public figure, brand dan sebagainya. Ada beberapa alasan sebaiknya Anda menggunakan Twitter sebagai “lapak” Anda:

  • Membangun komunitas karena follower dapat membantu Anda meningkatkan visibilitas, brand awareness dan engagement.
  • Meningkatkan engagement yang lebih mendalam karena pelanggan dapat terlibat langsung – seperti misalnya menanyakan masalah dan pertanyaan.
  • Mempromosikan event, Twitter menjadi sarana yang cepat untuk mempromosikan acara Anda kepada follower.
  • Memberi special alert terbukti membuat follower semakin menanti-nantikan dan senantiasa mengecek profile Anda. Anda bisa menggunakan Twitter untuk memberi tahu produk baru ataupun beragam penawaran eksklusif.
  • Membangun pengaruh, jadikan diri Anda sebagai sumber informasi penting bagi para follower. Jadi, tidak hanya sekadar jualan tetapi juga menjadi pengaruh kuat bagi para follower.

Melihat berbagai fungsi Twitter sebagai tempat jualan Anda, bagaimana bisa mendapatkan semua keuntungan tersebut? Tentu saja ada beberapa aturannya. Sebagaimana telah disebut dalam judul artikel kali ini, tips jualan di #Twitter bukan sekadar memperoleh banyak follower. Untuk mendapatkan banyak follower sekarang sangat mudah, Anda bahkan bisa membelinya! Tetapi, bagaimana dengan konversi atau hasil penjualan dari jualan Anda?

Artikel lain: Kunci Optimasi Twitter untuk Bisnis Adalah Bersenang-senang!

Tips Berjualan di Twitter

Berikut beberapa hal yang bisa Anda perhatikan untuk meningkatkan brand awareness dan konversi pada bisnis Anda:

1. Follower yang Tepat

Semakin banyak follower belum tentu menghasilkan apa yang kita targetkan. Mengapa? Karena target kita ternyata tidak sesuai dengan follower kita. Walau Anda punya banyak follower (mungkin dengan membeli atau menggunakan tools auto follow yang dibuat oleh para spammer), pesan yang akan Anda sampaikan tidak akan menghasilkan.

Namun, jika follower Anda memang tertarget maka peluangnya makin besar menghasilkan penjualan. Ya, paling tidak Anda bisa menghitung 10% dari jumlah follower Anda akan melakukan deal dengan Anda.

2. Berkomunikasi Dengan Follower

Engangement, engagement dan engagement! Satu kata ini adalah yang paling diagung-agungkan ketika seseorang terjun ke social media untuk berjualan / berbisnis. #Media sosial memang bertujuan membentuk interaksi maka jangan lupakan tujuan dari beragam social media platform ini. Sebenarnya sama halnya dengan Anda berjualan di offline, adalah lebih baik ketika kita bisa mempererat tali silaturahmi dengan para pelanggan.




Anda tidak hanya sekadar berjualan tetapi juga meningkatkan ikatan dengan para pelanggan Anda. Begitu pula, di Twitter, satu hal penting lainnya yang harus dingat adalah berkomunikasi dengan follower Anda. Apa tujuannya? Sebenarnya tidak hanya meningkatkan ikatan antara Anda dan follower Anda tetapi juga mengetahui minat para follower Anda.

3. Tweet yang Menarik dan Informatif

Posisikan diri Anda tidak hanya berjualan tetapi juga sebagai sumber informasi. Anda telah mendapatkan follower yang tepat dan mengetahui minat mereka, langkah selanjutnya adalah mewadahi minat mereka tersebut. Untuk itu, buat follower Anda senantiasa menanti-nantikan tweet dari Anda dan merasa bahwa Anda adalah sebagai sumber informasi yang tepat.

Apa yang dimaksud dengan sumber informasi yang tepat? Anda bisa mengedukasi follower Anda mengenai produk / jasa Anda – informasi apa yang mereka butuhkan seputar produk / jasa Anda. Jadi, Anda tidak hanya sekadar berjualan, bukan? Andapun bisa semakin meyakinkan para follower untuk melakukan transaksi.

4. Posting di Waktu yang Tepat

Tentu saja, tweet yang bermanfaat kadang bisa tidak mendapatkan atensi yang tinggi karena waktu yang tidak tepat. Untuk itu, butuh analisis waktu yang tepat kapan para follower Anda sedang melihat timeline. Memang follower setia bisa saja senantiasa mengecek profile Twitter Anda tetapi apakah Anda tidak berkeinginan untuk menarik perhatian yang lainnya?

5. Profile yang Menarik

Seharusnya poin ini dimasukkan di awal tetapi sengaja diletakkan di paling akhir agar Anda semakin ingat. Ya, profile menarik dengan bio, avatar dan background yang “memancing” calon follower baru – adalah kunci bisnis Anda semakin meluas. Tak lupa pula untuk menempatkan kata kunci yang tepat – yang sering dicari terkait produk / jasaAnda – agar Anda memperoleh follower yang tepat. Kemudian, merekapun akan semakin tertarik untuk mengikuti karena melihat Anda sebagai salah satu brand yang “berbeda dan menarik”!




Baca juga: Facebook vs Twitter, Mana Yang Paling Bagus Untuk Bisnis?

Semua ini perlu waktu dan analisis, untuk itu, jangan bosan-bosan untuk terus melakukan percobaan. Semoga tips jualan di Twitter yang disebutkan di artikel ini dapat membantu Anda.



5 total comments on this postSubmit yours
  1. kalau penggunaan hashtag (tagar) pengaruhnya terhadap penjualan bagaimana ya?

  2. Info yg sngt brmnfaat.. Makasi gan..

  3. Follower yang Tepat atau tertarget merupakan hal paling penting dan berpengaruh terhadap hasil penjualan..

  4. benar gan, membeli penambah follower twitter adalah cara yang salah dalam mempromosikan produk krna follower yang di beli kebanyakan not real human (spammer). bagus nya sih kalo mau promo mendingan pas posting produk di ksh hastag (#) yang unik.. biar dpt follower+pembeli yg real dari search twitter.. salam kenal :)

  5. Saya pernah mencoba menggunakan tools untuk menshare otomatis di twitter, dan lebih kerenya lagi bisa mention sesuai dengan keyword yang ditentukan.. dan sejauh ini masih belum bisa menaikan traffic web saya, namun stlah baca artikel ini saya sadar bahwa, natural lebih baik.. thanks maxmanroe

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud