Tips Ini Membuat Launching Produk Kian Menarik dan Sukses

launching produk

Tidak dapat dipungkiri bila acara launching atau perilisan produk baru menjadi momen yang sangat mendebarkan bagi para pebisnis. Berharap mendapatkan antusiasme yang besar dari masyarakat, tentu saja launching produk akan dibuat semenarik mungkin supaya bisa mengungguli produk sejenis dari tim kompetitor.

Meskipun seringkali menjadi momen yang tepat untuk menaruh ekspektasi terhadap keberhasilan produk, rupanya kini launching produk kerap kali mendapat tantangan yang besar dari berbagai aspek seperti keterbatasan dana, keterbatasan waktu, ide yang tidak diinterpretasikan dengan baik atau berbagai kendala lainnya.

Untuk mengatasi berbagai kendala tersebut, alangkah baiknya bila kita memperlajari beberapa tips penting ini agar launching produk jadi makin menarik dan sukses.

1. Cari Tahu Tentang Minat Pelanggan

Kita tentu harus mencari tahu tentang minat pelanggan sebelum kita memutuskan untuk meluncurkan suatu produk. Minat pelanggan biasanya berbeda-beda tergantung dari kebutuhan, tingkat ekonomi, latar belakang budaya, daerah tempat tinggal serta kebiasaan hidup.

Dengan mengadakan riset sederhana tentang minat pelanggan, maka kita bisa menetapkan sejumlah langkah-langkah penting berikutnya sebelum melakukan launching produk.




Artikel lain: Mau Jual Produk Lewat Toko Online? Perhatikan 4 Hal Berikut Ini

2. Harus Menentukan Target Pasar

Pebisnis mana yang tidak senang bila produknya bisa menjangkau seluruh kalangan masyarakat. Akan tetapi kita harus menyadari bahwa ada segmentasi khusus yang harus kita utamakan sebagai target pasar bagi produk kita.

Misalnya saja produk #smartphone canggih biasanya membidik segmen pasar dari kalangan generasi muda, pebisnis atau karyawan. Sedangkan smartphone dengan harga terjangkau dan fitur yang lebih terbatas biasanya membidik masyarakat kalangan ekonomi menengah ke bawah. Pastikan kalau target pasar yang kita tetapkan akan memberikan peluang yang besar bagi perkembangan produk kita di masa depan.

3. Memberi Nilai Tambah pada Produk

Hal apa yang bisa dibanggakan bila produk yang kita luncurkan tenyata sama saja dengan produk sejenis lainnya?

Dari sinilah kita belajar untuk memberikan nilai tambah bagi produk kita. Momen launching produk adalah waktu yang tepat untuk memperkenalkan sejumlah keunggulan produk kita dibandingkan dengan produk lainnya. Cara untuk memberikan nilai tambah pada produk sangat bermacam-macam, misalnya dengan membuat paket bundling dengan produk komplementer atau memberikan diskon khusus bagi para pelanggan yang langsung membeli produk saat acara launching berlangsung.




4. Berorientasi pada Kebutuhan Pelanggan

Pelanggan tidak ingin terus menerus mendengarkan informasi yang membosankan mengenai keunggulan produk kita. Karena hal yang mereka inginkan adalah produk yang bisa memenuhi kebutuhan dan keinginan mereka. Jadi, berhenti untuk memaparkan sejumlah keunggulan produk kita dan mulailah untuk berfokus pada kebutuhan pelanggan. Coba cemati 2 kalimat berikut ini,

“Smartphone X dilengkapi dengan kapasitas RAM 4Gb yang handal dan berkualitas”

“Kapasitas RAM sebesar 4Gb pada smartphone X membuat aktifitas browsing dan bermain #game jadi semakin lancar”

Tentu saja kalimat yang kedua terasa lebih menarik bukan?

5. Mengalokasikan Dana yang Berlebih

Jika kita memiliki dana lebih untuk mengadakan acara launching produk, tidak ada salahnya bila kita berkonsultasi dengan tim konsultan pemasaran untuk membuat strategi launching produk yang efektif.

Disamping itu, dana yang berlebih juga bisa digunakan untuk menyewa jasa SPG dan SPB (Sales Promotion Girl dan Sales Promotion Boy) atau menyiapkan hadiah-hadiah khusus bagi pelanggan setia yang mengikuti acara launching produk.

Baca juga: Menggunakan Produk Sendiri Adalah Sebuah Keuntungan Dalam Berbisnis

6. Jangan Lupa Berpromosi Melalui Media

Sejumlah media massa seperti media cetak, media elektronik maupun #media sosial menjadi salah satu senjata yang ampuh untuk memperkenalkan produk baru. Apalagi saat ini euforia penggunaan media sosial bisa menjadi salah satu sarana terbaik untuk melakukan promosi.

Jangan lupa untuk menyiapkan bentuk promosi yang menarik melalui pemanfaatan beragam media. Sehingga orang-orang yang melihat promosi tersebut menjadi tertarik untuk ikut serta dalam acara launching produk.

Walaupun banyak rintangan untuk menyukseskan peluncuran suatu produk, namun kita juga harus ingat bahwa perencanaan yang matang dan kreatif akan menjadi kunci sukses bagi peluncuran produk. Jangan tunda lagi untuk mewujudkan ide-ide orisinal agar proses launching produk jadi makin mengesankan.



1 comment on this postSubmit yours
  1. Launching identik dengan tester jadi harus siap modal lebih gede nih apalagi untuk usaha makanan.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud