Tips dan Trik Saat Bisnis Anda Sudah Mulai Menurun

Tips-dan-Trik-BisnisHidup itu indah, namun bisa tak indah ketika sedang merasakan pailit dalam usaha kita. Anda harus berdoa dan berusaha bagaimana caranya bisnis Anda tidak mengalami penurunan omset atau sampai bangkrut.

Memang ada istilah, kehidupan itu seperti roda, terkadang kita di atas dan terkadang kita berada di bawah. Tetapi saat Anda berada di bawah, apakah Anda  tidak ingin naik lagi? Atau mungkin Anda lebih suka berada di zona nyaman, yakni berada ditengah-tengan antara atas dan bawah?

Permasalahan Dalam Bisnis

Ada saja masalah, hambatan, dan tantangan ketika kita sedang menjalankan usaha/bisnis. Beberapa diantaranya adalah omset yang sudah mulai menurun, penjualan sepi, atau mungkin permasalahan lain. Mungkin ini adalah beberapa masalah yang benar-benar sangat ditakuti para pengusaha. Apakah tidak ada solusi untuk masalah tersebut?

Tentu saja selalu ada solusi dan cara untuk kita agar bisa bangkit lagi untuk mengangkat kita dari keterpurukan di dalam bisnis. Berikut ini adalah beberapa tips dan trik ketika omset bisnis Anda sudah mulai menurun:

Artikel lain: 6 Bisnis UKM / Usaha Kecil Menengah Yang Menjanjikan

1. Mari Memaksimalkan Kinerja

Omset menurun, pastinya Anda harus berpikir lebih keras bagaimana caranya agar bangkit lagi. Salah satu hal yang dilakukan tentunya adalah memaksimalkan kinerja Anda. Ya, ketika Anda sedang berada di zona nyaman, mungkin Anda lebih suka mengandalkan kinerja karyawan atau pegawai dalam menjalankannya.




Kini Anda harus sering-sering turun langsung ke lapangan untuk memantau langsung atau berkomunikasi dengan konsumen. Mungkin dengan hal tersebut Anda akan mengetahui apa permasalahan utama yang ada dalam bisnis Anda.

2. Menjual Aset Yang Tidak Terlalu Dibutuhkan

Pengertian aset adalah sumber ekonomi yang diharapkan dapat memberikan manfaat bagi usaha. Aset bisa berupa benda berguna, tanah, gedung, kendaraan, benda seni dan lain-lain. Memang ketika sudah mengalami penurunan dalam bisnis utama, salah satu cara untuk memulihkannya adalah dengan menjual aset yang bukan utama sebagai sumber ekonomi.

Anda bisa menjual aset yang kesehariannya tidak digunakan dan dapat memberikan nilai tinggi bagi Anda saat ini jual. Itulah mengapa ketika bisnis Anda sedang berada diatas, Anda harus memperbanyak aset ketimbang hal-hal lain.

3. Membangun Sebuah Bisnis Sampingan

Saat bisnis utama mengalami penurunan omset atau bahkan macet, mungkin memang Anda harus menjalani bisnis sampingan lain. Tujuannya tentu adalah untuk mendapatkan keuntungan dan bisa memulihkan bisnis utama. Atau mungkin bisa-bisa, bisnis yang merupakan sampingan dapat menjadi bisnis utama dan Anda bisa berkonsentrasi lebih untuk itu.

Sebenarnya bisnis sampingan seperti hal yang sangat penting, bukan untuk seorang pebisnis yang sedang mengalami masalah saja. Namun juga penting bagi Anda yang memiliki bisnis masih maju atau Anda seorang pekerja.




Artikel lain: Peluang Usaha Sampingan Untuk Karyawan

4. Cari mitra atau Networking Yang Dapat Membantu

Salah satu trik dan cara untuk membangkitkan bisnis Anda yang sudah menurun adalah mencari mitra maupun networking. Jangan gegabah untuk mencari orang jauh, karena mungkin relasi dekat Anda berminat untuk membantu. Seorang mitra bisa merupakan saudara maupun teman-teman pebisnis lain.

Dalam hal ini Anda bisa lakukan kerjasama dengan mereka dengan perjanjian tertentu yang tidak saling merugikan. Jika memang masih dianggap kurang membantu, mungkin Anda harus mengajukan kredit sebagai solusinya. Namun juga perlu perhitungan dalam menutup kredit setiap bulannya.

5. Cari Tahu Apa Penyebab Bisnis Anda Menurun

Ini adalah salah satu trik paling jitu untuk kembali memulihkan bisnis Anda. Karena penurunan omset berarti adalah hal atau masalah yang harus diselesaikan. Anda harus benar-benar tahu mengapa bisa demikian.

Apakah produk Anda yang sudah bermasalah, sudah kuno, kurang inovasi maupun mengalami penurunan kualitas? Atau apakah memang ada kompetitor lain yang mulai menggeser produk Anda? Pikirkan juga apakah ada masalah dalam manajemen keuangan?

6. Tambah Lagi Sarana Promosi

Peningkatan promosi penting dilakukan meski terkadang harus membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Jika Anda yakin dengan trik ini, tentu tidak ada salahnya jika Anda lakukan. Namun satu hal bahwa promosi harus dilakukan efektif dan efisien. Sebagai contoh, Anda bisa memulai langkah promosi melalui sosial media via online karena mungkin cara konvensional sudah dianggap ketinggalan jaman.

Baca juga: 4 Penyebab Bisnis Online Anda Sulit Berkembang

Demikian beberapa tips dan trik ketika omset bisnis Anda sudah mulai menurun. Semoga dapat membantu dan Anda dapat bangkit kembali.



6 total comments on this postSubmit yours
  1. Uang yang beredar di bawah sangat sedikit, alhasil semua usaha lesu. Mulai dari bisnis jasa sampai bisnis jual beli.

  2. Baru mengenal Nama Internet online

  3. Alat listrik sekarang susah didapat

  4. kesalahan terbesar saya adalah masalah finansial, uang bisnis dan pribadi tercampur jadi satu.. Saat krisis seperti ini sangat bingung mau mulai lagi darimana..
    Btw terimakasih tipsnya memotivasi banget :)

  5. Terimakasih atas tips yang dituangkan pada artikel ini

  6. bisnis sampingan sangat diperlukan untuk hari tua

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud