Tips Cerdas Bagi Seorang Suami Yang Mempunyai Istri Pebisnis

pebisnis wanita

Image dari Familybusinessunit.com

Dalam sebuah penelitian, menunjukkan hasil bahwa dari tahun ke tahun jumlah pengusaha wanita terus bertambah. Dengan peningkatan sekitar 4,6% pertahun, sudah cukup membuktikan bahwa kini wanita juga mempunyai peran yang besar tidak hanya sebagai penggerak namun juga sebagai pelopor sebuah bisnis.

Demikian juga di Indonesia, dengan makin mudahnya akses informasi dan beragam fasilitas untuk mendukung dunia bisnis, semakin banyak kaum hawa yang melirik potensi untuk membangun sebuah usaha mandiri. Membuka usaha mulai dari #bisnis online, fashion, kuliner hingga beragam bidang lain tentunya yang menjadi alasan utama para pengusaha wanita yakni ingin mampu mandiri disamping juga membantu perekonomian keluarga.

Namun yang menarik, di sisi lain terkadang bagi wanita yang sudah menikah, mempunyai sebuah usaha tak jarang menawarkan tantangan dalam biduk rumah tangga pasangan tersebut. Dan khusus untuk para suami, memang harus pintar-pintar menempatkan diri tidak hanya untuk mendukung istri yang mempunyai bisnis namun juga bagaimana mengelola suasana rumah tangga agar tetap harmonis.

Dan berikut ini adalah beberapa tips cerdas bagi para suami yang mempunyai istri pebisnis. Semoga bermanfaat.

1. Selalu Menjadi Pendengar yang Baik

Menjadi pendengar yang baik untuk istri memang merupakan hal yang wajib dilakukan oleh para suami. Kodrat wanita yang lebih banyak mempunyai cerita ataupun hal lainnya yang ingin diungkapkan, tentunya membutuhkan sosok yang mampu dengan sabar mendengarkan mereka. Terlebih jika istri kita merupakan seorang pebisnis atau pemilik usaha, tentu masalah yang kerapkali dihadapi ketika menjalankan bisnis tak jarang terselip juga dalam “curhatan” para istri.

Yang bisa dilakukan oleh para suami adalah, menempatkan diri dalam posisi pendukung dan juga pendengar yang baik. Sebagai suami kita harus bisa fokus untuk menerima beragam curhat masalah bisnis hingga harapan yang ingin dicapai oleh para istri. Bahkan dalam beberapa kondisi, sebenarnya para istri hanya ingin didengar tanpa meminta pendapat secara langsung. Oleh karena itu, akan lebih bijak jika kita mendengarkan terlebih dahulu keluh kesah istri, baru kemudian menyampaikan pendapat jika diperlukan.

Artikel lain: Menjaga Profesionalitas Berbisnis dengan Keluarga atau Teman

2. Lakukan Komunikasi Dua Arah

Masih sehubungan dengan poin yang pertama, memang benar jika terkadang istri hanya membutuhkan pendengar setia untuk beragam kisah dan juga keluh kesah yang mereka alami. Namun mengingat karena dunia bisnis adalah dunia yang profesional dan menuntut keseriusan, tentunya kita tidak hanya perlu mendengarkan namun juga memberikan masukan atau saran yang dirasa penting.

Inilah kenapa komunikasi dua arah harus tetap terjaga antara Anda dan sang istri. Di sela kesibukan istri mengelola bisnis, tetap sampaikan hal-hal yang menurut Anda patut untuk disampaikan. Seperti contohnya, untuk tetap memperhatikan tanggung jawab sebagai seorang istri dan ibu, mengingatkan jika ada kekurangan dalam pengelolaan #keuangan hingga hal kecil lainnya yang berhubungan dengan pengelolaan usaha istri.

Namun selain itu yang tidak kalah penting, tentu kita harus tetap menjaga keharmonisan lewat kata-kata manis yang dapat memotivasi istri untuk terus semangat bekerja. Sampaikanlah hal tersebut secara tulus dan juga dalam porsi yang tepat. Jangan sampai malah niat baik Anda memberikan masukan, justru menimbulkan pemikiran berbeda dalam benak istri Anda.




Baca juga: Ingin Bisnis Keluarga Kian Berjaya di Tahun Pertama? Berikut Tips Ringkasnya

3. Jika Diperlukan, Lakukan Kolaborasi

Dalam beberapa kisah sukses pengusaha, tak sedikit pula adanya pasangan yang berhasil mengembangkan usaha secara bersama-sama. Tentunya akan sangat menyenangkan jika kita dan sang istri bisa membangun sesuatu mulai dari awal hingga mencapai kesuksesan.

Namun bukan berarti kita harus selalu ikut terjun langsung dalam usaha yang dikelola oleh istri. Kita harus mempertimbangkan apakah nantinya peran kita benar-benar diperlukan atau justru akan menjadi penghambat bagi kinerja usaha istri. Demikian juga jika kita sudah mempunyai pekerjaan lain, tentunya kita wajib konsisten dengan karir yang telah kita pilih.

Beberapa tips sederhana di atas bisa kita terapkan sebagai suami, untuk mendukung pilihan usaha sang istri sembari tetap mempertahankan keharmonisan keluarga. Dan mungkin untuk beberapa pasangan, mempunyai cara-cara spesifik lain yang sesuai untuk mereka. Jadi jangan berhenti untuk berkomunikasi baik dalam hal pribadi maupun usaha, demi terciptanya keluarga yang bahagia.



1 comment on this postSubmit yours
  1. suami pebisnis, istri pebisnis, anak pebisnis juga, lengkap sudah :)

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud