Tips Cara Menulis Artikel Yang Baik

Tips cara menulis artikel yang baik – Tips ini bukan sebuah keharusan atau harga mati ketika kita ingin menulis konten untuk blog, tapi bisa dijadikan referensi karena saya juga sebenarnya masih belajar cara menulis artikel dengan baik. Pada awalnya membuat sebuah artikel itu agak sulit buat saya, tapi setelah saya coba lama kelamaan akhirnya bisa juga :)

Inti dari kegiatan blogging adalah membuat konten atau artikel singkat yang menarik dan bisa dibaca oleh orang lain, sederhana bukan? Tapi kadang ini bisa jadi tidak sederhana – lho gimana sih? – ya memang begitu. Sebagian orang menghabiskan waktunya untuk memikirkan konsep yang membuat dirinya sendiri menjadi pusing seolah-olah menulis artikel blog itu seperti merakit sebuah roket canggih – ya mungkin aja sih kalo blog nya memang topiknya tentang cara merakit roket hehehe.

Kalau untuk blog pribadi seharusnya tidak sulit untuk menulis sebuah artikel karena memang tidak ada aturan khusus dalam membuat blog pribadi. Berbeda dengan blog review produk misalnya blog yang membahas tentang gadget atau blog yang isinya tentang kuliner, dan lain-lain. Gaya bahasa yang digunakan pada blog pribadi dan blog tentang teknologi tentunya pasti berbeda. Blog pribadi biasanya lebih bebas dan menggunakan bahasa sehari-hari yang tidak baku juga tidak masalah, tentu saja gaya bahasa seperti ini tidak pas kalau dilakukan pada blog yang isinya tentang teknologi karena bisa memberikan kesan artikelnya tidak serius.

Sebelum kita membahas tips cara menulis artikel yang baik, ada baiknya kita sedikit membahas tentang gaya penulisan sebuah artikel. Ada 2 gaya bahasa yang sering digunakan ketika menulis, yaitu gaya jurnalistik dan gaya ringkasan. Gaya jurnalistik langsung memberikan informasi utama pada bagian awal artikel dan informasi pendukung akan menyusul di bagian tengah atau akhir artikelnya. Sedangkan gaya ringkasan mirip dengan gaya berita ringkas yang ditujukan pada pembaca yang mengharapkan informasi terperinci, dan pembaca dapat memutuskan apakah dia akan membaca rincian yang diberikan atau cukup hanya membaca ringkasan artikelnya saja.

Berikut ini adalah tips cara menulis artikel yang baik menurut versi maxmanroe.com:




1. Gunakan bahasa yang mudah dimengerti oleh semua orang

Entah berapa kali saya menemukan artikel blog yang isinya membuat saya pusing dan menga-nga karena artikelnya berbelit-belit dan terlalu panjang, pasti saya tidak mau balik lagi ke blog itu… soalnya saya jadi susah tidur setelah baca artikelnya yang ribet :P

Usahakan agar setiap artikel yang kita tulis dalam blog dapat dibaca dan mudah dimengerti oleh orang lain dan tentunya dengan gaya bahasa yang sederhana. Karena itu diperlukan latihan yang berulang-ulang dalam membuat artikel yang baik dan akhirnya itu akan mengasah kemampuan menulis kita menjadi lebih baik.

2. Banyak membaca buku atau referensi lain

Seorang penulis tidak mungkin bisa menghasilkan tulisan yang bagus kalau dia jarang atau tidak pernah membaca tulisan orang lain, itu pasti. Sebagai contoh, misalnya seorang pemilik blog yang menulis tentang internet marketing di dalam blognya, tentu saja dia akan membutuhkan referensi yang baik untuk membuat artikel bermutu.




Selain mendapat informasi, inspirasi, dan pengetahuan baru, membaca buku juga dapat membantu otak kita untuk berpikir secara logis dan sistematis. Jika kita sering membaca buku atau tulisan-tulisan yang bermutu maka lambat laun kita juga akan dapat menulis artikel atau buku yang enak dibaca.

3. Memiliki gaya bahasa yang unik

Ini salah satu hal yang penting dalam menulis tapi kita tidak perlu terlalu terpaku pada hal ini karena dapat menghambat kreatifitas itu sendiri. Mulailah berlatih menulis dengan cara anda sendiri, tidak usah malu atau minder karena gaya tulisan kita berbeda dengan seorang penulis terkenal.

Apapun gaya atau cara kita membuat sebuah tulisan yang terpenting di sini adalah bagaimana agar tulisan atau artikel tersebut memberikan informasi, relevan, dan mudah dicerna oleh pembaca. Kita bisa membuat sebuah artikel yang sederhana untuk sebuah informasi yang memang sederhana, dan kita juga bisa membuat sebuah artikel dengan judul yang mengandung provokatif yang bisa menghentak pembaca anda.

Tiga tips cara menulis artikel yang baik di atas mungkin terlihat sepele, tapi tips ini dapat membuat kita terbiasa dalam membuat artikel yang baik untuk blog kita. Anda punya tips lainnya? Silahkan di share melalui komentar.



132 total comments on this postSubmit yours
  1. wah menginspirasi banget tulisan di blog ini . sangat bagus sekali buat blogger pemula. semoga maju terus mazmanroe.
    sedikit masukan saja. seharusnya pembahasannya tentang penulisan. disertakan juga bagaimana artikel tersebut bisa rangking 1 di google.sehingga pembaca lebih mudah menemukan. sehingga artikel yang kita tulis bisa memberikan trafik yang besar untuk blog. akhirnya blog bisa mendatangkan income buat kita mas.
    menurut saya itu penting sih. kalo artikel kita lengkap.pembaca juga betah baca di artikel kita. gak usah cari artikel dari blog lain.
    thanks

  2. sip lah bagus Ulasannya, membatu saya untuk bisa mengenal dunia Blogger, salam kenal & terus berkarya cuy

  3. Sekarang saya lagi mulai membangun blog pribadi,bermanfaat banget artikelnya mas..

  4. Butuh referensi banyak buat belajar,makasih mastah…kereen

  5. Alhamdulillah…Nemu referensi belajar lagi buat saya yang pemula ngeblok ya…Makasih mastah…Kereeen…Ilmunya bermanfaat mastah

  6. emmm, cukup membantu tapi saya ingin bertanya antara tulisan yang bagus dengan ceo mana yang lebih baik?

  7. Saya anak baru di dunia bloging, terimakasih banyak atas infonya yang sangat membantu. Kalau ada waktu silahkan mampir di blog saya, warungsanak.wordpress.com

  8. Yang paling sulit saat menulis artikel pada saat awalnya, apa yang akan saya tulis ya. Namun kalo sudah ketemu idenya, semua mengalir seperti air.

  9. dengan banyak membaca tulisan-tulisan blogger yang berpengalaman kayaknya bisa memperbanyak wawasan kita sehingga kita bisa menuangkannya ke sebuah blog

  10. Intinya memang harus terus terus terus nulis bikin artikel. Semoga terus semangat dan dipermudah..

  11. gue baru banget mulai nulis nulis artikel bro..
    dan ternyata seru..
    gatau sih kedepannya masih seru apa ga..
    sekarang sih seru..
    apalagi kalo temen temen kelas pada ikut kepoin artikel yg gue bikin..berasa makin semangat nulisnya..wkwk

  12. Tipsnya bagus banget gan,..menambah wawasan banget mengenai tips dalam penulisan artikel

  13. maaf gan ada yg saya tanyakan tetang artikel copy pastel….
    apa membuat artikel copy pastil gak bisa terindex

  14. trimasih ya mas atas tips dan cara yang anda bagikan ini dan semoga dengan mengukiti tips dan cara yang anda bagikan ini blog saya bisa menjadi blog yang berkualitas dan bagus seperti situs anda ini, trimakasih banyak ya mas

  15. Terima kasih untuk tipsnya, saya jadi tambah ilmu untuk menulis artikel yang baik, plus ada beberapa ide baru setelah baca postingan ini

  16. Sangat bermanfaat dan menambah wawasan, terlebih bagi saya yang bisnis tulismenulis. Terima kasih.

  17. Awalnya punya blog memang blog pribadi sehingga gaya bahasanya memang asal-asalan, berawal dari itu ingin memakai gaya bahasa yang enak, santai tapi bagus, akhirnya mentok ke hal yang satu itu, yaitu pusing sendiri he he

  18. gan, mau tanya soal post di beri label itu bagaimana y ? trus fungsi dan arah tujuan nya apa ? thanks..

  19. Terima Kasih

    Artikelnya sangat membantu. saya coba praktekkan dlm blog saya.

  20. Assalamualaikum.wr.wb
    saya menulis artikel ini untuk orang yang sangat saya sayang yang sangat berarti dalam hidup saya, knalkan saya pia disini saya hanya ingin mencurahkan isi hati saya bukan bermaksud lain selain itu, saya sangat menyayngi orang yang bisa dibilang itu mantan saya yang bernama dede m. Dia adalah sosok laki2 yang sangat berarti buat saya karena hanya dia yang mampu membuat saya mencintai dengan tulus, saya sangat tuluss menyayanginya bahkan setelah hubungan kami berakhir waktu tahun 2014 pada bulan april tepatnya waktu saya baru kelas 2 smp, tapi entah kenapa perasaan ini masih sama seperti dulu, dipikiran saya selalu terlintas dirinya perasaan yang ntah tau knapa selalu ada dihati ini apa mungkin ini yang dinamakan ketulusan cinta karena hanya dia yang selalu saya pikirkan bahkan sampai saat ini saya masih sangat menginginkan nya kembali bertahun tahun perasaan ini selalu sama tak berubah sedikitpun …. ingin memilikinya kembali ingin rasanya selalu bersamanya.. bahkan saya tak pernah peduli dia seperti apa dan bagaimana karena yang saya rasakan hanyalah sebuah rasa yang benar* tulus padanya …

    Sangat berharap dapat kembali bersama love you dede.m
    #SALAMDEPISTHA

  21. mantab…trimaksih pencerahannya , bro agan… :-)

  22. walaupun cuma 3. Tapi sudah mampu menghibur saya yang lagi galau buat artikel hhe..
    thanks tipsnya mas

  23. Mas mau tanya ni ,sedikit melenceng tapi,saya bingung mengenai cara bikin artikel setelah mencarai kata kunci/keyword,oh y saya pakai cms blogger,nah setelah dapat keyword ,otomatis saya aplikasikan di artikel,mulai paragraf pertama,kedua dan paragraf selanjutnya,setelah itu publis.adakah setingan lain setelah menulis artikel agar bisa bersaing dalam pencariaan di google.apa iya setelah menulis artikel harus seting keywoard di heading1,2,dan 3

  24. artikelnya sangat membantu,terima kasih

  25. Jadi begitu ya cara nulis artikel yang benar? Makasih gan, akan saya terapkan ke blog baru saya ( kapan kapan lihat juga Ya hehehe).

4 total pingbacks on this post
Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud