Beranda Mobile & App Cara Mengatasi Smartphone Android Yang Lambat / Lemot

[TIPS] Cara Mengatasi Smartphone Android Yang Lambat / Lemot

Mengatasi-Smartphone-Android-Yang-Lambat

Perkembangan teknologi gadget saat ini semakin marak dan selalu ada update dari waktu ke waktu. Ada banyak sekali smartphone yang bermunculan dari berbagai merk yang menawarkan fitur unik dan keunggulan masing-masing sehingga sering membingungkan konsumen untuk memilih yang mana.

Melihat banyaknya pengguna Android saat ini, tentunya perangkat canggih ini tak lepas dari masalah yang bisa membuat kita merasa tidak nyaman ketika menggunakannya. Misalnya, kita mungkin pernah merasakan booting RAM Andorid sangat lama (lemot), loading yang lambat, hang, dan lain-lain. Bagi pengguna Android yang aktif tentunya Anda akan merasakan kesal ketika mengalami hal tersebut.

Nah, buat Anda pengguna Smartphone Android yang pernah mengalami masalah tersebut, berikut ini adalah beberapa tips dan cara mengatasi smartphone Android yang lambat / lemot agar perangkat Anda bisa bekerja lebih baik.

Artikel lain: Cara Menghilangkan Iklan di Android

1. Hapus Cache Pada Memori Internal

Mungkin bagi sebagian orang cache itu terdengar kurang familiar. Cache adalah penyimpanan memori sementara pada perangkat Android. Keberadaan cache di hp kita ini akan terus bertambah, dan tentu saja cache tersebut akan mengambil banyak memori dan kemudian akan membuat smartphone kita menjadi lambat atau lemot. Untuk mengatasi itu, Anda bisa mengantisipasinya dengan menginstal dan menerapkan aplikasi History Eraser di perangkat Android Anda.

1. Jangan Menjalankan Banyak Aplikasi Dalam Waktu Bersamaan

Aplikasi yang dijalankan secara bersamaan akan menurunkan performa kecepatan RAM, ini akan membuat kinerja smartphone Anda menjadi lambat. Itulah sebabnya sangat disarankan agar tidak membuka terlalu banyak aplikasi dalam waktu yang bersamaan.

Banyak pengguna Android yang senang berkreasi atau mengeksplore banyak aplikasi di smartphone mereka secara bersamaan dan tidak sadar bahwa kegiatan tersebut membuat perangkat mereka menjadi lambat. Jika Anda memang suka bermain-main dengan beragam aplikasi di Android, maka sebaiknya Anda membukanya satu per satu saja. Tutup salah satu aplikasi jika ingin membuka aplikasi lainnya untuk mencegah perangkat Anda melambat.

2. Jangan Menggunakan Live Wallpaper

Sebagian besar wanita suka menggunakan Live wallpaper pada perangkat Android mereka dengan tujuan untuk memperindah tampilan smartphonenya tersebut. Namun tanpa disadari hal tersebut juga akan membuat smartphone Anda menjadi lambat.

Untuk membantu mempercepat loading smartphone Anda maka disarankan untuk tidak menggunakan live wallpaper ini. Gunakanlah image yang sederhana untuk wallpaper Android Anda agar kecepatan loadingnya stabil dan maksimal.

4. Instal Aplikasi di Memori External

Ketika kita menginstal aplikasi di perangkat Android, maka aplikasi ini otomatis akan masuk ke memori internal. Jika kita menginstal cukup banyak aplikasi, maka hal ini akan mempengaruhi kecepatan perangkat Android.

Nah untuk mengatasi agar perangkat Android tidak menjadi lambat, maka kita harus memindahkan aplikasi tersebut ke memory eksternal yang ditambahkan pada Smartphone Android. Dengan begitu, memory internal dapat dioptimalkan untuk kinerja ponsel pintar tersebut dan tidak akan memberatkan waktu loadingnya.

Artikel lain: Cara Menghemat Kuota Internet di Smartphone Android

6.Tutup Aplikasi Yang Tidak Terpakai

Seringkali kita membuka beberapa aplikasi dan kemudian lupa untuk menutupnya setelah selesai digunakan. Aplikasi yang sedang bekerja tentu saja akan membutuhkan memory RAM, dan jika kita lupa menutup atau sengaja tidak menutup beberapa aplikasi, ini akan membuat kinerja perangkat Android Anda menjadi lebih lambat dari biasanya.

7. Jangan Menggunakan Auto Rotate Bila Tidak Perlu

Fitur screen rotation itu adalah untuk mengubah tampilan layar agar sesuai dengan keinginan kita, yaitu tampilan screen horizontal dan vertical secara otomatis. Namun disarankan agar tidak mengaktifkan fitur ini bila Anda memang jarang memakainya.

Anda boleh saja mengaktifkan fitur auto rotate jika memang sering memerlukannya. Namun, jika fitur ini memang tidak terlalu Anda butuhkan maka ada baiknya dinonaktifkan saja untuk membantu mempercepat kinerja perangkat Android Anda.

8. Jangan Menggunakan Auto Brightness

Fitur auto brightness ini adalah fitur yang berfungsi untuk mengetahui intensitas cahaya yang diterima oleh perangkat Android Anda. Dengan fitur Auto Brightness maka intensitas cahaya pada Android akan menyesuaikan dengan keadaan cahaya yang ada disekitar kita. Selain dapat membuat Android lebih lambat, kerugian lainnya adalah baterai ponsel akan cepat habis.

9. Gunakanlah MicroSD

MicroSD biasa kita sebut juga dengan kartu memory. Dengan menambahkan kartu memory pada Android Anda maka akan memberikan ruang lega bagi perangkat pintar Anda tersebut. Dengan begitu, beban RAM akan berkurang sehingga proses loading data akan semakin cepat.

10. Jangan Menumpuk SMS

Banyak sekali pengguna smartphone yang meremehkan tumpukan sms di dalam inbox ataupun outbox mereka, semua sms ini memakan memori ponsel Anda. Jika dibiarkan terlalu banyak maka smartphone Anda akan menjadi lambat, bukan smartphone lagi dong namanya kalau kinerjanya sudah lambat. Karena itu, biasakan untuk menghapus sms lama yang sudah tidak diperlukan lagi secara berkala.

Baca juga: Dramot Chocolabs : Inovasi Streaming Drama TV untuk Pasar Indonesia

Di atas tadi adalah 10 cara mengatasi smartphone Android yang lambat / lemot. Bagi teman-teman yang punya tips lain untuk mempercepat loading perangkat Android, silahkan berbagi melalui halaman komentar di bawah ini. Terimakasih :)

31 KOMENTAR

  1. Memangnya auto rotate berpengaruh ya bos ?

  2. thank you min langsung nihh ngobatin smartphone android ane lagi lemot lemotnya gan

  3. Admin tolong ane, nih knp android ane jd aneh???
    Ga tau knp ga kek biasanya
    Kan biasanya klo mau download app di playstore ada gambar 1juta, tpi knp android ane ga ada??? Tolong jawab min

  4. Emang smartphone lemot itu bikin jengkel banget, karena mengganggu aktifitas kita di smartphone. Dan tips ini sangat membantu saya dalam mengatasi smartphone lemot. Ampuh banget tipsnya.

  5. gan.. kalo misal mau nambah ram di android gmn caranya? trima kasih

    • caranya gampang gan, jual hp nya trus ganti sama yang lebih gede ram nya.

  6. jangan pakai hp cina :D

  7. semoga tips diatas dapat mengobati android saya yang lemot. terkadang bikin sebel juga, apalagi koneksi internet kadang ga stabil.

  8. kalau mau androidnya gak lelet ya perhatikan speknya, salah satu contohnya kalau speknya rendah ya jangan instal aplikasi banyak-banyak, itu akan membuat android kita lemot

  9. Abis baca artikel ini saya langsung hapus hapusin SMS nya biar gak numpuk haha. Makasih gan info nya

  10. Pantesan hp Android saya yang saya setting auto rotate terus bikin batre cepet abis.
    Makasih gan info nya

  11. Makasih sangat atas informasinya gan. Semoga bermanfaat.dan dapat membantu kawan kawan…

  12. Gimana sih caranya kalo hp android mudah sekali panas jika dgunakan untuk fb,wa n bbm.

  13. Utk mindahin ke memori extrnal donlot aja aplikasi namanya app to sd di playstore,ga perlu root koq,sebenernya ada sih di settingan,tp ga semua hh ada settingan buat mindahin aplikasi ke mem ext

  14. Annisa Juliasari

    sayakan baru sebagai user android. gimana cara install di memori external. dan gimana cara menghapus cache di memori internal.. saya nggk tau.. mohon di jawab ya gan.

  15. semoga tips diatas dapat mengobati android saya yang lemot. terkadang bikin sebel juga, apalagi koneksi internet kadang ga stabil.

  16. ternyata gampang banget ya cara nya, ane sebagai pengguna baru Android aja langsung ngerti.

  17. Terima kasih gan, semoga cara-cara diatas bisa mengembalikan performa android saya yang sangat lemot,
    Sekali lagi terima kasih

  18. Baru tahu kalau auto brightness bisa membuat android jadi lemot.

  19. Jangan lupa bersihin screen nya pake semprotan pembersih kaca mata, gosok pelan2 pake sikat gigi, (matiin dulu androidnya ) .. ini buat removed lemak2 yg nempel di screen jadi biar lebih responsive gituuu… gw dah coba, hasilnya ok

  20. Terima kasih mas. Ternyata caranya sangat simple ya

  21. di ROOD gan memorinya…

  22. saya kan baru sebagai user android, gimana cara Instal Aplikasi di Memori External?? Lokasi settingannya dibagian mana?
    karena seingat saya waktu nginstal aplikasi secara otomatis app tersebut terinstall di Intern Mem

Tinggalkan Balasan