Tips Bisnis Buat Pengusaha Yang Ingin Terjun Ke Pilkada

Tips Bisnis Buat Pengusaha Yang Ingin Terjun Ke Pilkada

pebisnis mengikuti pilkada

Hiruk pikuk Pilkada serentak gaungnya sudah mulai nyaring terdengar saat ini. Para calon pimpinan di daerah pun mulai mengajukan diri dan mendaftar ke KPU masing-masing. Nah, yang menarik dari perhelatan Pilkada ini adalah ternyata beberapa calon Pimpinan daerah yang akan mengikuti kontestasi ini berlatar belakang pengusaha.

Selain pengusaha, artis atau selebritis juga menjadi magnet yang kuat dan dianggap sangat potensial dalam mendulang suara. Trend ini juga berlangsung di daerah saya sendiri, ada dua calon Wakil Bupati yang berlatar belakang sebagai seorang pengusaha dan ada calon Bupati yang istrinya adalah seorang artis.

Saya bukan fokus membahas Pilkadanya, tapi kita akan mencoba memberi sedikit tips sederhana bagi mereka para pengusaha yang sedang maju mencalonkan diri di Pilkada kali ini. Atau barangkali Anda sendiri yang sedang mencalonkan diri sebagai Kepala Daerah. Ini saya anggap perlu karena sebagai seorang pengusaha atau pebisnis jangan sampai pencalonan diri dalam Pilkada ini mengorbankan urusan bisnis Anda. Perhatikan beberapa saran sederhana di bawah ini.

1. Delegasikan Bisnis Pada Orang Kepercayaan Untuk Sementara

Karena proses Pilkada tentu akan makan banyak waktu, saya sarankan untuk sementara percayakan bisnis pada seseorang yang Anda percayai. Jangan paksakan untuk tetap menghandle bisnis jika sangat sulit memanage waktu Anda. Karena jika Anda memaksakan diri menghandle keduanya, yaitu bisnis dan mengurusi Pilkada, akan sangat riskan sekali.

Bisa-bisa akan berakibat negatif pada keduanya. Anda akan sulit mengurusi bisnis dan juga tentu akan berat fokus pada pencalonan Anda. Sesekali melakukan cek dan evaluasi sih bisa saja, tapi untuk full pada bisnis saya kira lebih baik percayakan saja pada orang lain pada masa Pilkada ini.

Artikel lain: Ide Bisnis Potensial Saat Musim Pilkada Datang

2. Sebaiknya Siapkan Bisnis Plan Sebelum Masa Pilkada

Karena kesibukan yang sangat padat saat Pilkada, sebaiknya persiapkan bisnis plan Anda untuk beberapa waktu ke depan. Yang paling baik adalah buat plan bisnis Anda sekarang juga sebelum Anda semakin sibuk kedepannya.

Jelaskan sedetail mungkin langkah apa yang harus dijalankan selama Anda sibuk dalam urusan Pilkada. Persiapkan dengan baik kemudian berikan penjelasan segamblang-gamblangnya pada orang kepercayaan Anda yang nantinya akan menghandle bisnis Anda selama Anda sibuk.

3. Anda Juga Perlu Mempersiapkan Orang Kepercayaan

Ini sangat penting juga untuk Anda lakukan. Jangan sampai orang yang Anda percayai tidak mampu menggantikan peran Anda dalam menangani sebuah bisnis. Untuk itu, sebaiknya persiapkan ia dengan matang jauh-jauh hari. Agar nantinya ketika bisnis yang Anda kelola Anda tinggal untuk sementara waktu, bisnis tetap bisa berjalan tanpa mengalami kemunduran yang berarti.

Caranya Anda bisa melakukan bimbingan mulai dari sekarang atau bahkan sudah bisa dimulai sejak beberapa bulan yang lalu. Pastikan orang kepercayaan Anda bisa menjalankan semua rencana bisnis Anda ke depan.

4. Berikan Informasi Kepada Rekan Bisnis

Tak kalah penting, ini juga harus Anda lakukan untuk menjaga perjalanan bisnis Anda tetap eksis. Berikan informasi pada rekan bisnis Anda tentang bisnis yang Anda kelola saat ini. Maksud saya adalah, sampaikan pada mereka bahwa pada masa Pilkada ini Anda tidak bisa full menghandle bisnis, tapi diwakilkan pada seseorang. Kenalkan juga wakil Anda pada rekan bisnis Anda agar bisa lebih akrab dan bisnis tetap cair.

Baca juga: 6 Peluang Bisnis Seputar Hari Besar Nasional

5. Pamit Juga Pada Karyawan dan Anak Buah

Kenapa ini penting, karena peran mereka para karyawan dan anak buah sangat signifikan pada kelangsungan bisnis Anda. Jangan pernah menyepelekan peran mereka, komunikasi yang baik atasan dengan bawahan akan semakin membuat keterikatan kekeluargaan semakin hangat.

Jangan sampai mereka seakan anak ayam yang kehilangan induknya ketika Anda jarang bertemu dan sibuk. Selain itu, sekalian pamit untuk sementara waktu, mintalah doa juga pada mereka agar bisa mendapatkan hasil yang terbaik.

Demikian tips sederhana buat teman-teman pengusaha semua yang mau “nyalon” di Pilkada. Semoga sukses, dan jangan lupa kalau nanti jadi Kepala Daerah, jangan salah gunakan kekuasaan untuk berbisnis apalagi untuk korupsi!

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan