Tips Bila Kehilangan Smartphone

Tips-Bila-Kehilangan-Smartphone

Siapa sih masyarakat modern yang saat ini bepergian keluar rumah tanpa menggenggam #smartphone? Pada umumnya masyarakat modern kalangan menengah ke atas setidaknya pasti memiliki 1 unit smartphone untuk mendukung segala aktivitas sehari-hari. Wajar saja mengingat bahwa smartphone memiliki berbagai fitur yang dapat memudahkan para penggunanya. Mulai dari fitur email dan aplikasi bisnis, media sosial, fitur kamera hingga aneka permainan yang bisa diunduh dan dimainkan secara gratis.

Celakanya, segala kemudahan dalam genggaman tersebut sewaktu-waktu dapat hilang atau berpindah tangan ke orang lain. Seluruh data dan informasi milik kita tentu ikut raib bersama smartphone tersebut. Nah, kali ini kita akan membahas beberapa tips yang harus dilakukan saat kita kehilangan smartphone. Yuk simak tipsnya!

Artikel lain: Jangan Berlebihan Menggunakan Smartphone

1. Sebelum Smartphone Hilang

Tentu tak ada orang yang menginginkan smartphone nya hilang tanpa jejak. Namun untuk mengantisipasi hilangnya smartphone, alangkah baiknya bila kita mengunduh aplikasi yang berhubungan dengan GPS. Aplikasi yang berhubungan dengan GPS akan mempermudah kita untuk men-tracking keberadaan smartphone kita. Beberapa aplikasi yang bisa di install untuk membantu tracking smartphone antara lain Find My iPhone (iOS), Lookout (#Android ) dan #BlackBerry Protect (BlackBerry).

2. Back Up Data Itu Penting

Mem-back up data di smartphone secara rutin akan meminimalkan risiko kehilangan data bila smartphone kita hilang. Rencanakan back up data minimal 1 bulan sekali, atau bila perlu 1 minggu sekali. Saat kita ingin menggunakan smartphone baru, kita pun tinggal menghapus seluruh data di smartphone lama tanpa harus kerepotan mem-back up nya terlebih dahulu.

3. Biasakan Catat Identitas Smartphone

Identitas smartphone bisa berupa kode IMEI, ESN atau MEID. Pada umumnya identitas tersebut terdapat di bagian tempat baterai smartphone. Mencatat identitas smartphone akan sangat berguna bila kita ingin melaporkan kejadian kehilangan smartphone pada pihak kepolisian.

4. Jangan Panik

Hal ini tampaknya sepele dan terkesan klise, namun sangat ampuh lho. Panik hanya akan membuat konsentrasi kita buyar dan kita bingung harus melakukan apa saat smartphone kita hilang. Jadi, cobalah tenang sambil mengingat-ingat dimana terakhir kali kita menggunakan smarphone tersebut.

5. Hubungi Smartphonemu Yang Hilang

Saat smartphone hilang, coba gunakan ponsel atau smartphone teman kita untuk menghubungi smartphone yang hilang tersebut. Selain itu, kita juga bisa mengirimkan pesan singkat yang berisi permintaan mengembalikan smartphone tersebut dengan imbalan tertentu. Bila kita beruntung, mungkin saja orang yang menemukan smartphone kita akan berniat baik dan mengembalikan smartphone tersebut.

6. Hubungi Operator Seluler

Menghubungi operator seluler juga harus dilakukan sesaat setelah kehilangan smartphone. Laporkan bahwa smartphone kita hilang dan mintalah operator seluler untuk membantu memblokir nomor kita sehingga nomor tersebut tidak digunakan secara sembarangan oleh orang lain.

7. Jangan Lupakan Media Sosial

Smartphone kita tentu sering kita gunakan untuk login ke berbagai #media sosial. Saat smartphone hilang, segera login ke media sosial tersebut dan lakukan penggantian password, terutama pada aplikasi mobile banking dan aplikasi berbayar lainnya. Dengan demikian, orang yang menemukan smartphone kita tak akan bisa memanfaatkan media sosial kita untuk melakukan tindakan yang negatif atau merugikan.

8. Beritahukan Semua Teman

Kita bukan hanya harus mengurus data serta akun media sosial kita saat smartphone kita hilang, namun kita juga harus memberitahukan seluruh teman, kenalan dan kerabat yang mengetahui nomor atau akun media sosial kita. Memberitahukan seluruh teman dan kerabat bertujuan untuk menghindari upaya penipuan yang mengatasnamakan diri kita. Setelah kita mendapatkan kembali nomor dan menggunakan smartphone yang baru, maka kita bisa kembali memberitahukan teman dan kerabat bahwa nomor dan smartphone kita sudah kembali aktif.




Baca juga: Aplikasi Android Untuk Mereka Yang Aktif Jual Beli Online

Beberapa tips tersebut tentu tampak sangat simpel untuk dilakukan. Namun ternyata manfaatnya sangat besar untuk menjaga tindak pencurian data atau penipuan yang bisa dilakukan dari smartphone kita. Cobalah untuk selalu waspada dan teliti saat menggunakan smartphone agar smartphone kita tak mudah berpindah tangan pada orang lain.




Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud