Tips Berkomunikasi Dengan Teman Saat Anda Diangkat Menjadi Atasan

Ketika menjadi seorang karyawan, tentu cita-cita menjadi atasan adalah harapan yang selalu diimpikan. Nah, ketika impian itu benar-benar menjadi kenyataan dan Anda menjadi atasan, maka kemudian akan timbul sedikit masalah baru.

Pertama tentu saja adalah bagaimana Anda bisa menghadapai teman-teman kerja Anda yang kini menjadi bawahan Anda. Perasaan yang sedikit kaku pasti akan menyelimuti diri Anda. Namun jangan khawatir, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan ketika Anda menghadapi situasi semacam ini

Coba lakukan beberapa tips ringkas berikut ini:

  1. Tetap Jalin Komunikasi dengan Baik

Salah satu cara untuk tetap berhubungan baik dengan bawahan Anda yang dulunya merupakan rekan kerja sendiri adalah berkomunikasi dengan baik. Jangan sampai Anda memutus komunikasi meski kini Anda adalah atasannya. Karena, ketika Anda menjadi atasannya, maka dengan sendirinya teman-teman Anda dulu ini akan sedikit menjaga jarak pada Anda.

Ini wajar, karena Anda di kantor bukan hanya teman mereka saja, melainkan kini adalah atasannya juga. Maka mereka pun tentu akan menjaga jarak dengan Anda sebagai salah satu bentuk respek pada Anda. Nah, di sini Andalah yang paling berperan.

Sebagai atasan, apalagi Anda bekas rekan kerja mereka, Anda harus bisa tetap menjaga komunikasi berjalan dengan baik. Sekali waktu sapalah mereka, tanyakan kabarnya, atau kabar keluarganya, itu akan sangat berarti bagi mereka.



Artikel lain: 5 Hal yang Perlu Anda Perhatikan Ketika Memilih Tempat Kerja

  1. Membatasi Topik Pembicaraan

Meski disarankan tetap menjaga komunikasi dengan bawahan atau teman Anda, namun seyogyanya Anda tetap harus bisa mebatasi topik pembicaraan. Ingat, kini Anda adalah atasan mereka.

Sebagai atasan, tentu ada beberapa topik pembicaraan yang tidak selayaknya diketahui oleh bawahan meski mereka adalah teman Anda. Anda harus sadar posisi setiap kali berinteraksi dengan teman. Ini adalah hal yang sangat perlu disadari ketika ngobrol di luar kantor saat mengisi waktu santai bersama.

Terkadang karena sudah sangat akrab bergaul seperti ketika sama-sama menjadi karyawan dulu, bisa saja Anda tidak sadar mengucapkan sesuatu yang tak patut diketahui teman yang juga bawahan Anda.

  1. Mulai Menjaga Perilaku di Kantor

Karena saat ini Anda telah menjadi bos atau atasan, maka Anda harus mulai menjaga perilaku. Jangan sampai sikap dan sifat terdahulu sebagai bawahan masih terbawa ketika telah menjadi atasan.

Contoh sederhana adalah komunikasi dengan orang lain. Jika dulu antar sesama teman kerja Anda biasa berkomunikasi ala kadarnya, maka kali ini harus beda.

Anda adalah atasan saat berada di kantor, dan Anda pun harus bisa bersikap sebagai atasan ketika di kantor. Kecuali ketika berkomunikasi di luar kantor, Anda bisa lebih bebas bersikap dengan teman Anda tersebut. Perilaku dan sikap kita akan sangat mempengaruhi respek teman ketika berada di kantor.

  1. Jangan Bawa Pekerjaan di Luar Jam Kerja

Ini juga penting Anda perhatikan, jangan sampai Anda membawa pekerjaan di luar kantor, meski Anda sedang bersama teman. Meski ia adalah bawahan Anda, namun ketika berada di luar jam kerja Anda tidak memiliki hak untuk mempekerjakan dia.

Maka Anda harus menghormati hal ini meski mungkin ia adalah teman Anda juga. Jangan karena menganggap pekerjaan yang dibawa di luar jam kerja tersebut sangat ringan, lalu Anda dengan sesuka hati meminta bawahan dan teman Anda tersebut untuk mengerjakannya.

Jangan sampai hal ini terjadi, bahkan sedikit membicarakan tugas di kantor di luar jam kerja saja sebenarnya juga sangat tidak layak untuk dilakukan.

Baca juga: Tips Bekerja Sekantor Dengan Sang Mantan, Biar Ngga Baper

  1. Jangan Terlalu Dekat dengan Bawahan

Menjalin komunikasi yang baik harus tetap dilakukan, namun jangan sampai Anda menjadi terlalu dekat dengan teman saat sedang berada di kantor. Mengapa demikian? Ketika Anda terlalu dekat dengan teman, maka hal ini bisa menimbulkan multi-tafsir di kalangan rekan kerja yang lain.

Salah satu contoh, Anda bisa jadi dianggap pilih kasih terhadap bawahan. Anda bisa dituduh hanya dekat dengan satu atau dua orang bawahan yang memang adalah teman Anda sendiri. Nah, untuk mengantisipasi hal seperti ini, maka saat berada di kantor sebaiknya jagalah hubungan agar tidak terlalu dekat dengan mereka.

Saat ini Anda adalah atasan mereka di kantor, maka Anda harus memiliki cara pandang yang lebih luas. Sebagai atasan, Anda harus bisa menjaga hubungan baik dengan semua orang, jangan hanya pada teman dekat saja.




2 total comments on this postSubmit yours
  1. Yang saya pikirkan dibenak saya adalah kapan saya menjadi atasan dalam sebuah perusahaan, butuh waktu dan proses yang lama. Mungkin bagi sebagian orang yang sudah pernah menjadi atasan dan mempunyai bawahan seorang teman akan lebih bagusnya menjadi sikap dan profesional kerja didalam kantor. Tapi kalau sudah diluar kantor lain ceritalah.

  2. wah mantap… infonya, saya juga suka grogi kalau jadi pemimpin dari mereka…

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud