Tips Aman Bermain Pokemon Go Agar Tidak Bahaya Untuk Diri Sendiri Dan Orang Lain

bermain pokemon go

Image dari Screenrant.com

Fenomena Pokemon Go memang sedang melanda dunia, tak ketinggalan juga di Indonesia. Bahkan konon kabarnya, Pokemon Go akan secara resmi diluncurkan di Indonesia pada hari ini. Bermain Pokemon Go memang sangat mengasyikkan, bukan hanya untuk anak-anak, orang dewasa pun juga sangat menikmatinya. Namun demikian, jika Anda tidak berhati-hati dalam memainkan game ini, maka akan bisa membahayakan Anda sendiri dan juga bisa bahaya untuk orang lain.

Untuk itu, Anda harus tetap berhati-hati dalam memainkan game yang sedang booming ini. Jangan sampai hanya gara-gara bermain #game Anda membahayakan diri Anda dan orang lain. Untuk itu, di bawah ini adalah tips bermain Pokemon Go yang aman untuk Anda dan orang di sekitar Anda.

1. Jangan Bermain Pokemon Go Sambil Nyetir

Dalam memainkan game Pokemon Go ini, sangat disarankan agar tidak memainkan nya sambil mengendarai mobil. Sangat berbahaya sekali, bukan saja untuk pemain Pokemon Go, namun juga bisa mengancam keselamatan pengendara yang lain. Karena bagaimanapun juga ketika memainkan Pokemon Go, seseorang memerlukan fokus dan konsentrasi yang tinggi.

Aktivitas mencari monster Pokemon sambil mengemudi akan membuat Anda hilang konsentrasi dalam mengendarai mobil, dan ini sangat rawan sekali terjadi kecelakaan. Di negara lain beberapa kali terjadi kasus kecelakaan karena pengendara mobil bermain Pokemon Go sambil mengendarai mobil, mereka bukan fokus menyetir mobil namun justru celingukan mencari monster Pokemon.

Artikel lain: Inilah 6 Trik yang Bisa Digunakan Pemain “Pokemon Go” Agar Anda Bisa Bermain dengan Maksimal




2. Jika Bermain Di Tempat Umum, Usahakan Jangan Sendirian

Selanjutnya, yang perlu Anda perhatikan adalah ketika Anda bermain Pokemon Go di tempat umum. Usahakan jangan sendirian, ini sangat terkait dengan keamanan Anda sendiri dalam bermain. Saat Anda berburu Pokemon di tempat umum, untuk menghindari hal-hal buruk terjadi pada Anda, seperti copet, jambret atau kejahatan yang lain, maka sebaiknya ada yang mengawasi Anda saat bermain.

Karena sudah terjadi di beberapa negara ada beberapa geng kejahatan yang memanfaatkan moment boomingnya game Pokemon Go untuk melancarkan aksi jahat mereka. Karena orang yang sedang asyik memainkan game ini di area outdoor seringkali lupa diri sehingga sangat mudah menjadi target dari para penjahat.

3. Pekalah Terhadap Lingkungan, Jangan Pergi Ke Tempat yang Berbahaya

Dalam bermain Pokemon Go, ada banyak lokasi nyata yang bisa dijadikan sebagai tempat berburu Pokemon. Untuk itu, Anda juga harus tetap waspada dan pilihlah tempat-tempat yang aman. Jangan pergi ke tempat yang berbahaya, tetaplah perhatikan keamanan dan kenyamanan Anda sendiri dan juga orang lain. Hal ini juga sudah disampaikan oleh developer dari Pokemon Go sejak awal Pokemon Go dirilis.

“Kita mendorong para pemain untuk pergi bersama teman ketika mengunjungi tempat yang nggak dikenal. Tolong untuk bermain secara aman dan selalu peka dengan keadaan sekitar,” demikian kata pihak developer.

4. Membatasi Diri Dalam Membeli Item

Yang perlu Anda perhatikan selanjutnya adalah belanja atau membeli item yang ada dalam game Pokemon Go ini. Karena dalam game ini disediakan beberapa item yang bisa didapatkan dengan membeli melalui menu Shop. Misalnya ada item ransel untuk bisa membawa lebih dari 50 Pokeballs yang untuk mendapatkan untuk item tersebut harus membelinya.




Nah, dalam membeli item seperti inilah Anda harus bisa menjadi bijak dan jangan asal membeli item karena itu bisa mengganggu #keuangan Anda sendiri. Jangan terlalu banyak membeli item dalam game ini, karena bagaimanapun juga bermain game adalah untuk menghibur diri jangan sampai justru membuat Anda kesulitan dalam keuangan.

Baca juga: Mengenal John Hanke, Orang Dibalik Pembuat Game Pokemon Go

5. Jangan Lupa Lingkungan Sekitar Anda

Bagaimanapun juga Anda adalah manusia yang merupakan makhluk sosial yang tentunya memiliki lingkungan sosial di lingkungan Anda. Jangan sampai gara-gara hanya bermain Pokemon Go lantas membuat Anda melupakan keberadaan Anda di lingkungan.

Jangan lupa, ketika Anda mengalami kesulitan, musibah dan sebagainya, orang-orang di sekitar Anda lah yang akan menolong Anda, bukan game Pokemon Go. So, tetaplah menjadi orang normal, bermain game boleh saja, tapi tetap jaga keseimbangan hubungan Anda dengan orang lain.



1 comment on this postSubmit yours
  1. Wahhh, info yang sangat menarik, terimaksih mas atas infonya, sangat sangat berguna

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud