Tips Agar Penggunaan Google Chrome Semakin Mudah dan Menyenangkan

Google-Chrome

Perusahaan #Google ternyata tak cukup puas dengan inovasi dan kesuksesan yang didapatkan oleh mesin pencari Google. Jumlah pengguna internet dunia yang 82% nya rutin menggunakan Google sebagai mesin pencari rupanya membuat perusahaan Google tergelitik untuk melakukan inovasi di bidang penyediaan browser yang ergonomis dan sesuai dengan kebutuhan para pengguna internet.

Versi beta Google Chrome untuk microsoft Windows dirilis pada September 2008 dengan lebih dari 43 bahasa. Tampilan Google Chrome sangat sederhana dan ergonomis. Tampilan yang sederhana ini sangat mengutamakan kenyamanan bagi para penggunanya. Google juga memberikan perlindungan maksimla untuk para pengguna Google Chrome dengan memblokir sejumlah website yang dianggap membahayakan dan mengandung unsur penipuan.

Kita pasti sangat tertarik dengan banyak keunggulan yang ditawarkan oleh Google Chrome. Agar penggunaan Google Chrome jadi lebih mudah dan menyenangkan, simak beberapa trik mudah seputar penggunaan Google Chrome berikut ini:

1. Agar Google Chrome tak Lagi Lemot

Setelah kita menggunakannya selama beberapa jam, mungkin saja kecepatan akses Google Chrome menjadi lebih lambat. Hal ini bisa kita siasati dengan mengatur task manager pada Google Chrome. Tinggal klik tools, task manager lalu pilih urutan berdasarkan memori. Kita bisa melihat mana website yang paling menyita banyak memori lalu tutuplah akses ke website tersebut dengan memilih end process.

2. Serunya Google Chrome sebagai Media player

Dengan menggunakan Google Chrome, kita dapat meminimalkan penggunaan aplikasi khusus lainnya lho. Karena Google Chrome dapat membantu menampilkan beragam format file seperti audio, teks, pdf, gambar atau video secara langsung. Sungguh mudah dan praktis bukan.

3. Menyembunyikan Lokasi

Beberapa website selain Google Maps, biasanya meminta informasi berupa lokasi keberadaan kita saat mengakses website tersebut. Bila kita menganggap lokasi adalah suatu hal yang bersifat privasi, sembunyikan atau palsukan saja lokasi keberadaan kita saat menggunakan Google Chrome.

Caranya, klik tools, developer tools, kemudian tekan tombol esc pada desktop untuk membuka menu. Selanjutnya, pengaturan posisi latitude dan longitude dapat kita atur sesuai dengan keinginan.

4. Mudahnya Menyimpan halaman Web dalam bentuk PDF

Google Chrome ternyata telah dilengkapi dengan teknologi PDF writer yang canggih. Jadi, saat kita sudah menemukan halaman web penting yang berisi informasi atau referensi lainnya, kita dapat menyimpan halaman web tersebut ke dalam format PDF secara mudah.

Caranya adalah dengan menekan tombol Ctrl + P pada desktop Windows atau Cmd + P pada desktop Mac. Setelah pilihan muncul, segera pilih menu “save as PDF” untuk mengunduh halaman web tersebut ke dalam format PDF. Kini menyimpan informasi yang sudah kita peroleh dari halaman web akan menjadi lebih mudah dan rapi.

5. Menghapus History Browser

Saat kita ingin menghapus sederet history di Google Chrome, kita dapat melakukannya secara cepat tanpa harus menghapus halaman website nya satu per satu. Caranya, kita tinggal mengklik halaman website pertama, tekan tombol shift pada desktop lalu pilih halaman website terakhir yang ingin dihapus. Secara otomatis, deretan halaman website yang berada diantara halaman website yang telah diklik akan ikut ter-block dan dapat ikut dihapus dari daftar history.

6. Menyiasati Kapasitas Internet yang Lambat

Saat kapasitas akses internet kita sedang melambat, kita dapat menyiasati hal tersebut bila kita menggunakan Google Chrome sebagai browser. Caranya, ubahlah setting tampilan website menyerupai akses website dari perangkat mobile. Kita tinggal masuk ke menu developer tools, pilih sub menu tab emulation kemudian pilih #Android atau #iOS.




Jangan lupa untuk memastikan screen and device emulation dalam keadaan off agar tampilan halaman website yang kita akses tidak berubah menjadi lebih kecil. Cara ini cukup mampu untuk menyiasati lambatnya kecepatan akses internet lho.

Jadi, bagi Anda yang belum mencoba kecanggihan Google Chrome, sepertinya sudah tiba saatnya untuk mulai mempertimbangkan lagi penggunaan browser yang satu ini. Selain dapat diunduh secara gratis, aplikasi browser yang satu ini memiliki beragam fitur yang bisa di setting sesuai kebutuhan masing-masing individu. Nantikan selalu inovasi seru nan canggih lainnya dari si powerful Google!




10 total comments on this postSubmit yours
  1. Saya masih memanfaatkan dua browser mozila firefox sama google chrome lebih nyaman sama mozila soalnya kalo mau tidak perlu masukan kata sandi baik di web mau pun blog sementara chrome lebih mudah terjemahkan bahasa situs web tambah wawasan terima kasih ya ka

  2. ama, aku juga masih setia sama Firefox. Tapi, setelah lihat postingan ini, aku jadi pengen coba pakai Chrome.
    Makasih ya infonya.

  3. Awal mengenal internet saya lebih suka menggunakan mozilla, tetapi akhir2 ini saya lebih suka memakai chrome karena mozilla saya tidak bisa dibuka, stelah saya rasakan lebih enak menggunakan chrome karena banyak fitur yang tool pendukungnya … tentang kecepatan loading saya rasa lebih cepat chrome sedikit..

  4. terimakasih tips nya :) sangat beguna sekali, artikel yang yang bagus

  5. Sama, aku juga masih setia sama Firefox. Tapi, setelah lihat postingan ini, aku jadi pengen coba pakai Chrome.
    Makasih ya infonya.

  6. Kalau sy masih pilih firefox mas :)
    kadang pakai chrome juga si, tapi buat sy kalau yang cepet masih firefox entah karena pengaruh koneksi atau apa tapi kalau pakai chrome malah terasa lebih lambat loadingnya

  7. Saat ini saya masih setia pakai Mozilla gan, mungkin karena sudah terbiasa atau sudah familiar ya, pernah saya menggunakan Chrome, tapi memang terasa lambat dan berat, apalagi koneksi saya pas-pasan. semoga tipsnya membantu saya gan

    • Kog terbalik ya, menurut saya justru Chrome lebih ringan dibanding Mozilla :)

    • Kalau saya dari pertama kali kenal internet sempet pakai moozilla, tetapi semenjak saya kenal google chrome, saya lebih sering pakai chrome karena rasanya kalau pakai moozila lebih lelet. kok terbalik ya?

    • saya juga sependapat dengan si penulis, menurut saya Chrome is faster than Mozilla. :)

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud