Tingkatkan Kepercayaan Konsumen Toko Online Dengan Memaksimalkan Testimoni

Image dari Stella-maris.sch.id

Image dari Stella-maris.sch.id

Sebagai pebisnis online yang profesional, Anda harus bisa memaksimalkan apapun yang bisa menjadikan #toko online Anda terus berkembang. Tingkat persaingan yang ketat di dunia online juga menjadi alasan kenapa Anda sebagai pelaku bisnis online harus terus meningkatkan kemampuan untuk memaksimalkan toko online Anda. Saya sendiri telah mencermati pertumbuhan pasar online Indonesia yang semakin tahun semakin menggeliat ini sebagai sesuatu yang membuka peluang di satu sisi namun juga menjadi sebuah tantangan dan ancaman serius di sisi yang lainnya.

Sesuatu yang masih dipersoalkan dan menjadi ancaman serius bagi dunia online di Indonesia tersebut adalah faktor trust atau tingkat kepercayaan masyarakat. Pada kenyataannya, tingkat kepercayaan masyarakat Indonesia pada #bisnis online, dalam hal ini toko online memang masih lemah. Padahal tingkat trust atau kepercayaan konsumen toko online ini merupakan kunci utama kesukesan bisnis online di beberapa negara seperti Amerika dan China.

Meski demikian, bukan berarti bisnis online di Indonesia tak memiliki harapan. Justru di sinilah letak tantangan yang harus dihadapi bersama oleh para pebisnis online. Mereka harus bisa menemukan sejumlah trik, teknik dan jurus untuk menghadapi tantangan tersebut. Salah satu cara yang bisa digunakan pebisnis online untuk meningkatkan trust konsumen toko online kita adalah dengan memaksimalkan peran dan fungsi testimoni.

Peran dan Fungsi Penting Testimoni

Testimoni sendiri adalah pernyataan kesaksian yang disampaikan oleh seseorang tentang tingkat kepuasan pada produk atau jasa yang telah digunakannya. Testimoni ini biasanya berisi komentar, saran, ataupun opini yang disampaikan konsumen terhadap produk atau jasa yang ditawarkan pelaku usaha. Tentu saja dengan adanya testimoni yang kuat dan berkualitas, bisnis online Anda akan semakin mudah mendapatkan trust atau kepercayaan dari konsumen toko online.

Begitu pentingnya peran testimoni ini harusnya membuat para pebisnis online bisa memanfaatkannya dengan baik. Namun sayangnya, tidak banyak pebisnis online yang mampu memaksimalkan peran testimoni ini dengan baik dan benar.

Artikel lain: Pelanggan Bisnis Online Anda Mulai Berpaling? Mungkin Ini Penyebabnya

Mereka hanya menggunakan testimoni secara dasar dan sederhana. Padahal dengan beberapa usaha yang sedikit lebih keras lagi sebenarnya testimoni bisa dimanfaatkan dengan jauh lebih maksimal. Lalu seperti apa teknik dan langkah-langkah yang bisa dijalankan untuk bisa memaksimalkan testimoni dalam bisnis online ini? Berikut ulasannya.

1. Memanfaatkan Testimoni Konsumen Toko Online

Teknik pertama berikut ini merupakan langkah dasar yang seringkali digunakan oleh banyak pebisnis online dalam memanfaatkan testimoni. Seperti pada garis besarnya, testimoni menurut banyak orang dianggap sebagai sebuah cara untuk menjaring pernyataan postif dari konsumen atau pelanggan atas pemakaian sebuah produk atau jasa. Pengertian ini tentu sah-sah saja, karena pengalaman para pelanggan yang puas dengan produk Anda bisa menjadi sebuah alat promosi yang paling efektif untuk meyakinkan calon konsumen toko online yang baru.

Maka dari itu sebisa mungkin Anda harus bisa menggiring para konsumen Anda untuk mau memberikan testimoni secara offline maupun online. Dari sini seharusnya Anda tak berhenti, Anda bisa melangkah ke step yang lebih luas untuk memaksimalkan fungsi testimoni pada poin-poin selanjutnya berikut ini.

2. Mintalah Dukungan Testimoni dari Para Ahli

Langkah atau step berikutnya untuk memaksimalkan peran testimoni adalah dengan memanfaatkan testimoni yang kredibel dan bersumber langsung dari para ahli di bidang bisnis online yang Anda geluti. Misalkan Anda menjalankan bisnis online fashion, maka Anda harus sebisa mungkin mendapatkan testimoni dari para pakar di bidang fashion seperti desainer, fashion #blogger atau dari para pemerhati dunia fashion lainnya.




Ketika beberapa para ahli tersebut telah Anda dapatkan testimoni terbaiknya, maka bisnis online Anda pun akan semakin meyakinkan dan peluang besar untuk mendapatkan trust dari para konsumen pun akan semakin terbuka lebar.

3. Manfaatkan Public Figure Untuk Meramaikan Testimoni 

Sosok lain yang akan sangat membantu Anda memaksimalkan peran testimoni adalah public figure atau tokoh terpandang dan terpopuler. Namun ingat jangan sembarangan memilih public figure ini. Anda harus memilih tokoh yang benar-benar terpandang dengan nilai dan citra positif di masyarakat.

Satu hal lagi cobalah menyesuaikan tokoh public figure yang ada dengan konsep dan target pasar dari produk online Anda. Saat strategi ini bisa Anda jalankan dengan tepat dan baik, maka bukan hanya trust konsumen yang bisa Anda  dapatkan, namun juga kekuatan brand Anda akan semakin menguat.

Baca juga: Cara Menghadapi Komplain Pelanggan Dalam Bisnis Online

4. Membuat Testimoni dalam Berbagai Versi

Terakhir, teknik memaksimalkan peran testimoni adalah dengan mengkreasi wujud testimoni itu sendiri dalam berbagai versi. Dengan semakin canggihnya teknologi, tentu akan semakin banyak pilihan yang bisa Anda gunakan untuk membuat testimoni lebih menarik.

Sebut saja teknik testimoni dengan audio atau visualisasi video atau gabungan antara keduanya. Ketika Anda bisa membuat wujud testimoni yang beragam ini, maka testimoni bisnis online Anda pun akan semakin maksimal dan para pelanggan pun akan semakin mempercayai Anda dan bisnis online yang Anda jalankan.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud