Tingkatkan Keamanan Akun Gmail Anda Dengan 5 Langkah Berikut Ini

keamanan akun gmail

Image dari Topblogs.news

Email adalah surat elektronik modern yang saat ini sudah menjadi kebutuhan banyak orang. Karena email ini merupakan media yang terhubung dengan internet maka akan selalu ada celah keamanan cyber yang harus dihadapi para penggunanya. Salah satu layanan email yang seringkali digunakan orang banyak adalah Gmail dari Google.

Meskipun sudah memiliki nama besar, Gmail tetaplah sebuah email yang memiliki celah keamanan yang harus dilindungi. Lalu bagaimana cara atau langkah untuk bisa meningkatkan keamanan akun Gmail dengan baik? Berikut ulasannya.

1. Tingkatkan Keamanan Akun Gmail Dengan Enkripsi

Langkah pertama untuk membuat Gmail Anda memiliki tingkat keamanan yang mumpuni adalah dengan melakukan enkripsi. Dengan melakukan enkripsi maka siapapun yang mencoba mengganggu jaringan email Anda maka tidak akan dapat memahami apa yang mereka dapatkan. Google sebagai pemilik layanan Gmail memang sudah menganggap enkripsi begitu penting, maka Gmail sendiri bisa berjalan melalui koneksi HTTPS.

Google sendiri saat ini telah memiliki sebuah peringatan yang mampu memberitahu penggunanya bila ada email yang diterima tanpa melalui koneksi yang tidak terenkripsi. Dari sini maka email yang masuk tersebut bisa dengan mudah dibajak dan atau diubah.

Artikel lain: Hati-Hati!! Beginilah Modus Pembobolan Email yang Terbaru




Lebih dari mengenkripsi koneksi, Anda disarankan untuk juga mengenkripsi pesan email Anda. Anda bisa menggunakan Mailvelope untuk dapat mengenkripsi pesan email Anda ini. Bila Anda menggunakan browse Chrome, maka proses enkripsi akan berjalan dengan lebih mudah sebab ekstensi pada Chrome akan terintegrasi langsung ke Gmail untuk menyederhanakan proses enkripsi dan dekripsi email.

2. Mengaktifkan Verifikasi Dua Langkah

Setalah melakukan enkripsi, Anda bisa melakukan verifikasi dua langkah (two-step verification) atau autentikasi dua faktor (two-factor authentication). Verifikasi dua langkah maksudnya adalah mengaktifkan dua bentuk verifikasi login yang berwujud verifikasi kata sandi akun (password account) dan kode verifikasi yang dikirim ke ponsel Anda. Dengan melakukan teknik ini maka tingkat keamanan akun Gmail Anda akan bertambah dua hingga tiga kali lipat.

3. Gunakan Incognito Mode

Umumnya peretasan terhadap email terjadi pada sebuah perangkat komputer yang digunakan secara bersama-sama seperti di warnet, perpustakaan dan tempat lainnya. Maka jika Anda seringkali membuka akun Gmail di tempat-tempat dengan penggunaan #komputer bersama tersebut maka Anda harus selalu menggunakan Incognito Mode.

Incognito Mode sendiri adalah modus privat (private mode) yang bisa ditemukan di peramban Chrome. Dengan fitur incognito mode ini maka Anda akan secara otomatis Anda akan logout (keluar) dari jendela awal Gmail dibuka.

4. Gunakan Kata Sandi Unik

Penggunaan kata sandi yang unik akan mampu membuat akun Gmail Anda terlindung dari celah keamanan cyber dengan kuat. Untuk menciptakan kata sandi yang unik Anda bisa menggunakan tiga teknik yaitu penggunaan kata yang lebih panjang, penggunaan karakter khusus selain huruf dan nomor serta dengan menggunakan kata sandi yang unik.




Anda juga harus sering-sering mengganti sandi tersebut minimal setiap enam bulan sekali. Usahakan kata sandi yang Anda gunakan memiliki jumlah karakter yang mencapai 8 sampai 10 kata atau huruf. Dengan ini akun Anda akan semakin sulit untuk diretas oleh pihak lain.

Baca juga: Inilah 4 Metode Hacker untuk Melakukan Penipuan dan Cara Mengantisipasinya

5. Periksa Riwayat Aktivitas Akun

Terakhir cara untuk bisa mengamankan akun Gmail adalah dengan memeriksa riwayat akun Anda. Anda bisa melihat riwayat aktivitas akun ini pada bagian paling bawah dari antarmuka web Gmail. Dibagian tersebut terdapat teks kecil mencolok yang mengatakan “Last Account Activity”. Di sinilah Anda bisa melihat aktivitas terakhir di akun Anda. Klik pada tautan “Detail”, maka akan muncul jendela daftar lengkap 10 alamat protokol #internet terakhir yang mengakses akun Anda.

Dari daftar riwayat ini Anda bisa memeriksa apakah ada aktivitas yang berpotensi mencurigakan. Sebagian besar catatan bisa jadi berasal dari alamat protokol internet Anda sendiri dan alamat protokol internet dari sebuah aplikasi pihak ketiga yang telah Anda izinkan.

Namun tidak menutup kemungkinan karena kecanggihan para peretas, Anda bisa saja melihat alamat yang sama sekali berbeda dari akun Anda. Nah di sinilah ada kemungkinan akun Anda pernah diakses oleh pihak lain.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud