Tianhe 2 ~ Sang Super Komputer Tercepat Di Dunia

Image dari Popsci.com

Image dari Popsci.com

Mengikuti perkembangan #teknologi sekaan tak ada habisnya. Setiap hari selalu ada saja kemunculan teknologi terbaru yang membuat kita berdecak kagum. Perkembangan teknologi yang canggih selalu membawa kita pada kemudahan aktivitas yang lebih efisien dari hari ke hari.

Bukan cuma Amerika Serikat dengan Sillicon Valley-nya yang berlomba-lomba menciptakan teknologi anyar yang canggih. Sebab rupanya China juga tak mau ketinggalan untuk memberikan andil pada peradaban teknologi dunia. Hal ini dibuktikan China dengan meluncurkan super #komputer tercepat di dunia yang diberi nama Tianhe.

Dimulai dari Sang Saudara Tua, Tianhe 1-A

Sebelum menciptakan Tianhe 2 yang lebih handal dan berkualitas, China sudah memulai proyek super komputer tercepat di dunia sejak tahun 2010. Produk hasil proyek di tahun 2010 tersebut diberi nama Tianhe 1-A.

Proyek super pada tahun 2010 tersebut rupanya belum membawa kepuasan yang maksimal bagi China. Dan akhirny pada pertengahan tahun 2015, China yang bekerjasama dengan National University of Defense Technology meluncurkan Tianhe 2 yang digadang-gadang mampu mengalahkan kecepatan super komputer lainnya di dunia. Kualitas yang diusung pada Tianhe 2 bahkan melebihi Titan, super komputer Amerika yang sempat dinobatkan menjadi super komputer tercepat di dunia.

Artikel lain: Wow, 5 Smartphone Mengagumkan Ini Ternyata Pemegang Rekor Dunia




Mengapa Tianhe 2 Paling Unggul Di Dunia?

Pada tahun 2013, Titan dinobatkan menjadi super komputer tercepat di dunia dengan kecepatan 17.6 petraflop per detik. Sementara pada tahun yang sama, Tianhe 2sudah mampu beroperasi pada kecepatan 30.7 petraflop per detik. Perkembangan kecepatan tersebut semakin meningkat di tahun 2015 hingga mencapai angka 33.86 petraflop.

Perlu kita ketahui bahwa konversi kecepatan 1 petraflop sama dengan 1.000.000.000.000.0000 per detik. Itu berarti kecepatan operasiTianhe 2 bisa disejajarkan dengan kecepatan operati 33.860 kalkulator. Wow, sangat mengagumkan.

Tianhe 2 yang dijuluki Milkiway-2 ini menggunakan sistem listrik 24 megawatt dengan total biaya produksi mencapai 2.9 trilyun rupiah. Sistem Tianhe 2 memiliki perangkat 3.1 juta octa-core, 32.000 chip multicore Intel Xeon Ivy Bridge serta 48.000 co prosesor Xeon Phi yang didukung oleh beberapa teknologi buatan China lainnya.

Prestasi Terbaru yang Berhasil Diraih oleh Tianhe 2

Pada tahun 2015, untuk ketiga kalinya Tianhe berhasil menyabet gelar sebagai super komputer tercepat di dunia dan mengalahkan 500 pesaing lainnya pada konferensi superkomputer di Jerman. Berhasil unggul jauh di atas pesaing dari negara lain seperti Inggris, Perancis dan Jerman tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi China sebagai wakil dari Asia. Hampir 85% komputer yang diikutsertakan dalam ajang tersebut menggunakan teknologi prosesor intel. Kebanyakan peserta pada ajang tersebut berasal dari Amerika. Namun ke-500 peserta tetap tak dapat menandingi keunggulan Tianhe 2 sebagai super komputer tercepat di dunia.

Meskipun sudah berhasil menyabet gelar juara, Tianhe 2 tetap masih harus melalui banyak ujicoba resmi sebelum bisa memberikan layanan komputasi terbuka. Rencananya Tianhe 2 juga akan digunakan untuk memajukan peradaban teknologi di wilayah China Barat Daya sejak tahun 2013.




Baca juga: Inilah 5 Smartphone Android Paling Tipis nan Canggih Saat Ini

Kehadiran Tianhe 2 sebagai superkomputer dari tanah Asia diharapkan bisa membawa banyak manfaat lain seperti uji coba pesawat terbang, proses pengolahan data dalam jumla besar serta membantu menjamin keamanan sistem pemerintahan dari incaran cyber crime.

Betapa keren dan hebatnya perkembangan teknologi yang sudah berhasil diwujudkan oleh negeri tirai bambu. Sebagai negara yang memiliki SDM berkualitas dan SDA yang melimpah, Indonesia tentu tak boleh kalah saing untuk menciptakan produk teknologi lainnya yang berkualitas. Sebab peradaban teknologi yang maju akan menjadi salah satu kunci kesuksesan berdirinya suatu negara. Kira-kira gebrakan apa ya yang akan dibuat Indonesia untuk berkontribusi pada peradaban teknologi dunia?




Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud