Thunderbolt 3 ~ Inovasi Teknologi USB Dengan Kecepatan Mengagumkan

thunderbolt 3

Bukan hanya industri game saja yang punya perkembangan #teknologi yang meningkat, sebagai teknologi yang telah lama hadir, Universal Serial Bus atau lebih kita kenal dengan istilah USB pun mengalami perkembangan yang terus membaik.

Menurut Wikipedia Universal Serial Bus (USB) adalah teknologi standar bus serial untuk perangkat penghubung, biasanya USB digunakan oleh komputer namun juga digunakan di peralatan lainnya seperti konsol permainan, ponsel dan PDA. Dan kali ini telah muncul sebuah generasi baru dari teknologi USB, yang dikembangkan oleh Intel. Teknologi baru ini dinamakan Thunderbolt 3.

Profil Singkat Intel

Intel Corporation adalah sebuah perusahaan multinasional yang berpusat di Amerika Serikat yang didirikan pada tahun 1968 dan terkenal dengan rancangan dan produksi mikroprosesor dan mengkhususkan dalam sirkuit terpadu. Intel juga membuat kartu jaringan, chipset papan induk, komponen, dan alat lainnya. Intel memiliki projek riset yang maju dalam seluruh aspek produksi semikonduktor, termasuk MEMS.

Artikel lain: Peningkatan Kecepatan Internet Dengan Teknologi Transcoding

Sekilas Mengenai Thunderbolt

Thunderbolt adalah sebuah produk USB yang dikembangkan oleh salah satu raksasa teknologi Intel. Thunderbolt memiliki beberapa generasi sebelum munculnya Thunderbolt 3 yaitu Thunderbolt seri 1 dan 2. Produk besutan intel ini tidak begitu terkenal, dikarenakan pemakaian perangkat ini umumnya hanya pada laptop dan motherboard high-end. Sementara dikelas low-end masih jarang yang menggunakan teknologi ini.




Thunderbolt merupakan sebuah teknologi I/O yang revolusioner yang memberikan dukungan terhadap sebuah perangkat ke layar beresolusi tinggi dan perangkat data yang memiliki performa tinggi hanya dengan satu penghubung tunggal. Konektor Thunderbolt dapat mempermudah Anda untuk mengakses ke berbagai periferal yang memiliki kecepatan dan resolusi layar tinggi hanya melalui satu port tunggal dan sebuah kabel yang bisa mentransfer data dari sebuah DisplayPort dan PCI Express.

Keunggulan Thunderbolt 3

Thunderbolt 3 memberikan kemampuan transfer yang mengagumkan. Thunderbolt memiliki kecepatan transfer data hingga 40Gbps. Thunderbolt 3 telah memanfaatkan teknologi USB 3.1 atau bisa kita sebut USB-C sebagai konektornya. USB type c dapat kita temukan diberbagai produk #Apple.

Untuk membedakan Thunderbolt 3 dengan USB-C anda cukup melihat sebuah logo yang terdapat pada Thunderbolt 3. Thunderbolt 3 memiliki sebuah logo petir pada ujung kabel. Intel mengkalim bahwa dengan menggunakan Thunderbolt 3 Anda bisa memindahkan sebuahfile berupa film yang memiliki resolusi 4K hanya dengan waktu kurang dari 30 detik.

Bukan hanya itu saja, Thunderbolt 3 juga diklaim sanggup menyambungkan perangkat Anda dengan dua layar  yang memiliki resolusi 4K 60 Hz sekaligus.




Thunderbolt 3 terlahir dalam 2 versi, yang pertama menggunakan sebuah kabel tembaga yang mendukung kecepatan transfer hingga 20 Gbps dan juga telah mendukung mendukung USB 3.1, DisplayPort 1.2 dan Thunderbolt 20 Gbps. Lalu untuk versi yang kedua, masih menggunakan kabel tembaga, namun memiliki kecepatan transfer data hingga 40 Gbps.

Produk teranyar besutan Intel ini  akan tersedia di quartal akhir 2015. Meskipun demikian, intel tidak berpuas diri, pasalnya Intel tengah mengembangkan Thunderbolt 40 Gbps menggunakan kabel fiber optik yang tentunya akan semakin baik lagi kemampuannya. Intel berharap dapat meluncurkannya pada tahun 2016 mendatang.

Baca juga: Teknologi Smartwatch Dulu Dan Kini, Seperti Apa Sih?

Hal Menarik Lainnya

Namun ada beberapa hal menarik dari  Thunderbolt 3 yang pastinya menyenangkan bagi para gamer. Pasalnya dengan menggunakan konektor USB Thunderbolt 3 ini para pemain #game dapat menyambungkan laptop-nya dengan sebuah kartu grafis eksternal yang memiliki spesifikasi high-end untuk mendongkrak kemampuan perangkatnya dalam mengolah grafis.

Bagi perangkat seperti laptop yang telah terlebih dulu memakai generasi Thunderbolt atau Thunderbolt 2, Pihak Intel menjelaskan perangkat – perangkat tersebut bisa merasakan kelebihan Thunderbolt 3 ini dengan bantuan sebuah adaptor yang akan disambungkan dengan thunderbolt yang telah ada.

Apabila Anda seorang editor #video maka Thunderbolt 3 ini sangat cocok Anda gunakan, hanya butuh satu port tunggal untuk membantu Anda mentransfer data pekerjaan dengan sangat cepat. Hal tersebut pasti akan sangat membantu Anda. Thunderbolt 3 menjanjikan kecepatan 3 kali lipat dari kemampuan transfer USB 3.

Bagaimana tertarik menggunakan produk terbaru dari Intel ini? mari kita tunggu kabar pembaruan selanjutnya.




1 comment on this postSubmit yours
  1. Waah teknologi semakin maju ya mas..

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud