ThreatExchange, Platform Besutan Facebook untuk Memberantas Cyber Crime

ThreatExchange, Platform Besutan Facebook untuk Memberantas Cyber Crime

ThreatExchange-Platform-Besutan-Facebook

Teknologi yang berkembang pesat memang membawa dampak positif bagi aktivitas masyarakat modern. Dengan memanfaatkan teknologi, ragam kegiatan bisa dilakukan secara mobile tanpa harus terhambat oleh jarak maupun waktu. Kendati demikian, perkembangan teknologi rupanya juga membawa dampak negatif yang tidak dapat dihindari. Salah satu dampak negatif yang marak kita temui adalah #cyber crime.

Cyber crime muncul dengan beragam bentuk dan tujuan. Ada pelaku cyber crime yang hanya sekedar iseng untuk memperkaya pengetahuan pribadi namun ada pula pelaku cyber crime yang bertujuan mengeruk keuntungan dengan merusak suatu sistem jaringan tertentu.

Sudah banyak cara yang dilakukan demi mengatasi tindak cyber crime yang merajalela. Upaya ini juga dilakukan oleh #Facebook dengan meluncurkan platform ThreatExchange, platform khusus untuk menangani tindak cyber crime di dunia maya.

Latar belakang dibentuknya ThreatExchange

Terinspirasi dari akun Facebook yang sering “diintip” oleh pengguna Facebook lainnya, dari situ munculah ide dari perusahaan Facebook untuk mulai mematangkan konsep ThreatExchange. Esensi dari konsep ThreatExchange adalah bagaimana perusahaan dan pelaku IT bisa mengetahui dan mendeteksi keberadaan cyber crime yang sering mengintip bahkan mencuri informasi-informasi penting dari suatu sistem IT. Ide dan konsep ThreatExchange yang telah dimatangkan kemudian secara resmi diperkenalkan pada periode Maret 2014.

Artikel lain: Ini Cara Mengetahui Akun Palsu di Facebook, Waspada Cybercrime!

Tujuan ThreatExchange

ThreatExchange merupakan proyek serius yang dibentuk oleh Facebook dengan tujuan untuk meminimalkan kerugian akibat tindak cyber crime yang marak terjadi di dunia maya. Tujuan utama dari ThreatExchange adalah menghimpun para pelaku dunia IT untuk bekerjasama meneliti dan berkontribusi dalam upaya penuntasan masalah cyber crime.

Penggunaan ThreatExchange memungkinkan semua pelaku IT untuk berbagi informasi terkini seputar perkembangan serangan cyber crime yang tengah marak di dunia. Upaya ini diharapkan mampu menjadi jalan keluar untuk membangun sistem IT yang lebih aman dan lebih handal dari serangan cyber crime.

Biasanya ancaman cyber crime tidak hanya berfokus untuk menyerang suatu sistem saja. Contoh konkretnya adalah serangan Malware yang bisa mengacaukan sistem-sistem perusahan besar sekaliber Facebook, Tumblr, #Twitter, Yahoo dan sejumlah perusahaan besar lainnya. Hal tersebut yang kemudian menggerakkan Facebook untuk menjalin kerjasama demi mewujudkan keamanan dunia maya yang lebih baik lagi.

Yuk Mulai Mencoba Menggunakan ThreatExchange

Bila kita tertarik untuk mencoba layanan yang diberikan oleh ThreatExchange, kita bisa segera mengakses URL https://threatexchange.fb.com. Pada halaman URL ThreatExchange tersebut, kita akan diperkenalkan dengan konsep dan tujuan yang ingin dicapai oleh ThreatExchange.

Selanjutnya, kita juga bisa mencoba versi beta dari ThreatExchange dengan mengisi identitas berupa nama, judul dan akun email bisnis yang kita gunakan. Kita akan diberikan 2 pilihan yakni menggunakan layanan threat data untuk meningkatkan keamanan sistem kita atau pilihan lainnya untuk berkontribusi memberikan informasi mengenai ancaman cyber crime terbaru. Threat data adalah suatu framework yang menyimpan informasi cyberthreat yang terindikasi mengalami serangan cybercrime sehingga memerlukan proses analisis mendalam untuk menjamin keamanannya secara maksimal.

Perkembangan dan Kemajuan ThreatExchange

Meski tergolong sebagai proyek platform baru, ThreatExchange sudah mendapatkan dukungan dan kontribusi dari sejumlah perusahaan besar seperti Dropbox, Pinterest, Bitly, Tumblr, Yahoo dan Twitter. Rencana ThreatExchange selanjutnya adalah menggandeng lebih banyak lagi perusahaan IT besar seperti #Instagram dan #LinkedIn supaya bisa memerangi maraknya cyber crime yang merugikan dan merusak sistem IT.

Baca juga: Mengenali 3 Karakter Umum Followers Di Media Sosial

Semua pengguna, pelaku dan perusahaan IT tentu akan dirugikan dengan pesatnya perkembangan cyber crime. Oleh sebab itu, ini saat yang tepat bagi kita untuk mulai mengenal definisi dan ancaman cyber crime demi mewujudkan dunia IT yang lebih secure dan lebih handal. Teliti sebelum mengakses suatu layanan #internet agar kita bisa meminimalkan risiko penyebaran cyber crime di dunia maya.

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan