The Big Start Indonesia ~ Kompetisi Pengusaha Lokal Dari Blibli Dan Bekraf

The Big Start Indonesia ~ Kompetisi Pengusaha Lokal Dari Blibli Dan Bekraf

The Big Start Indonesia
Image dari Infokomputer.com

Geliat dunia usaha di Indonesia nampaknya semakin hari semakin menampakkan pergerakan ke arah yang semakin maju. Banyak ajang dan event yang memang dikhususkan untuk para pengusaha untuk mengembangkan diri, baik pengusaha offline maupun pengusaha online. Setelah kemarin Gerakan Nasional 1000 Startup resmi dibuka pendaftarannya, baru-baru ini satu ajang untuk pengusaha kreatif telah dibuka. Kali ini Blibli sebagai salah satu pelopor pelaku #ecommerce Indonesia yang mendapat dukungan dari Bekraf (Badan Ekonomi Kreatif) yang menyelenggarakannya.

Dari ajang kompetisi ini tentunya diharapkan bisa bermunculan para pengusaha kreatif yang nantinya bisa bersaing dan memaksimalkan potensi pasar yang ada di Indonesia. Dan bahkan bukan saja di Indonesia, jika memang memungkinkan bisa juga dibawa dan diadu di pasar internasional. Ajang kompetisi yang diberi nama The Big Start Indonesia ini merupakan web series kompetisi pertama yang berfokus pada pencarian pengusaha kreatif tanah Air.

Tak Hanya Soal Hadiah

Kusmuo Martanto, Chief Executive Officer Blibli.com, menjelaskan bahwa kompetisi The Big Start Indonesia yang digelar ini sangat bermanfaat untuk para pengusaha. Bukan saja karena hadiah yang disediakan cukup besar, namun lebih dari itu para peserta dan pemenang bisa memiliki kesempatan untuk mendapatkan pembelajaran dari para ahlinya.

“Kesempatan ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya agar (peserta, red.) tak sekadar memenangkan hadiah, namun juga bisa mendapatkan pembelajaran dari ahli,” begitu ujar Kusumo.

Artikel lain: Mengenal ADEI ~ Asosiasi Digital Entrepreneur Indonesia

Memang kompetisi yang digelar ini memberikan kesempatan pada para pemenang untuk mendapatkan total hadiah yang cukup besar yaitu berupa modal usaha sebesar 1 milliar rupiah. Namun bukan hadiah berupa uang saja sebenarnya yang akan didapatkan oleh pemenang, selain itu mereka juga mendapatkan sertifikat Hak Kekayaan Intelektual, bimbingan langsung dari para ahli dan juga tentunya memiliki kesempatan untuk memperluas jaringan. Baik jaringan dalam hal untuk distribusi maupun networking dengan orang-orang penting di dunia bisnis yang tentunya sangat bermanfaat untuk para pengusaha.

Keinginan BliBli Untuk Mengembangkan Merek Lokal

Blibli sendiri melalui ajang kompetisi ini ingin mengajak para pengusaha lokal untuk terus maju dan berkembang. Terutama bagi para pengusaha muda yang tentunya memiliki keinginan untuk selalu memperluas dan memproduksi barang dengan membawa ciri khas Indonesia dengan kualitas yang bisa bersaing.

Sedangkan dari pihak Bekraf,  yang saat launching program tersebut hadir langsung Kepala Bekraf Bapak Triawan Munaf, mengatakan bahwa kompetisi tersebut tidak hanya untuk merangkul para pelaku bisnis lokal saja, namun lebih dari itu juga untuk sarana mengembangkan bisnisnya dengan standar internasional.

“Kami ingin pemain bisnis yang masih kecil ini bisa terus ditingkatkan, sehingga kreativitas mereka tak terhenti,” tutur Triawan.

Pendaftaran kompetisi The Big Start Indonesia sendiri sebenarnya sudah dibuka mulai pada awal bulan Juni dan ditutup sampai bulan Agustus 2016. Untuk pendaftaran, para pengusaha kreatif bisa mendaftarkan diri dengan mengisi data dan juga mendaftarkan produknya melalui microsite Thebigstart.blibli.com.

Nantinya, pada tahap awal akan dipilih 100 pengusaha sebagai finalis. Dan kemudian akan dikerucutkan lagi menjadi 20 finalis. Untuk masa karantina, nantinya semua kegiatan dari para finalis bisa ditonton di kanal #Youtube The Big Start Indonesia setiap hari Selasa dan Kamis pada bulan September hingga Oktober 2016.

Baca juga: GEPI, Organisasi Nirlaba Pendorong Majunya Entrepreneur di Indonesia

The Big Start Indonesia Dibimbing Mentor Berpengalaman

Seperti disebutkan di atas, bahwa para peserta dan pemenang nantinya tidak hanya akan mendapatkan sejumlah hadiah uang, namun juga akan mendapatkan banyak pengetahuan dan pengalaman baru. Para peserta akan dibimbing langsung oleh para mentor yang berpengalaman di bidangnya. Ada Daniel Mananta, Founder dan CEO Damn! I Love Indonesia, ada juga Stephanie Yoe, Babson Global Ambassador untuk Indonesia & Business Development Manager Blibli.com, Renitasari Adrian, Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation dan tentunya juga Triawan Munaf dari Bekraf sendiri.

Untuk pengumuman pemenang yang lolos menjadi 100 finalis tahap pertama seleksi akan diumumkan pada tanggal 16 Agustus 2016. Sedangkan untuk selanjutnya yang dikerucutkan menjadi 20 peserta, akan dipilih melalui sistem pemungutan suara.

2 KOMENTAR

  1. Program ini apakah hanya diikuti oleh orang yg udah punya usaha, atau siapa pun yang punya ide bisa ikutan? Terimakasih.

  2. Program yang menumbuhkan startup di Indonesia. Semoga program ini tidak hanya berjalan sementara, artinya berkelanjutan sehingga talenta digitalpreneur di Indoenesia dapat terus menghasilkan karya terbaiknya.

    Salam sukses

Tinggalkan Balasan